struktur artikel, gambar struktur

5 Struktur Artikel Secara Umum Beserta Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya [Lengkap]

Struktur Artikel – Artikel adalah sebuah karya sastra yang berisi tentang berita yang faktual dan dibuat dengan panjang tertentu. Tujuan artikel ialah untuk menyampaikan sebuah gagasan atau fakta yang dapat meyakinkan, mendidik dan menghibur para pembacanya.

Dari pengertian artikel di atas, dijelaskan bahwa artikel memiliki banyak unsur. Yaitu mulai dari unsur struktur artikel, kebahasan artikel, kaidah artikel, jenis artikel dan lain sebagainya.

Tetapi pada pembahasan kali ini saya akan tentang struktur dari sebuah artikel. Dan di pembahasan ini pun akan dijelaskan apa itu struktur artikel, terdiri dari berapa bagian, dan apa fungsi dari masing-masing bagian tersebut.

Untuk Apa Artikel Ditulis?

tanda tanya

pngtree.com

“Untuk apa artikel ditulis?” Mungkin anda bertanya-tanya tentang hal tersebut, atau malah anda ingin tanyakan langsung kepada para penulis artikel. Nah, di sini saya akan menjawab sedikit tentang pertanyaan tersebut.

Baca juga: Contoh Artikel

Artikel ditulis karena memiliki tujuan dan maksud-maksud tertentu. Dan tujuan dari ditulisnya artikel ini pun mengarah kepada manfaat artikel itu sendiri. Karena apabila artikel yang ditulis tidak memiliki manfaat, maka tidak akan ada pula pembaca yang membaca artikel tersebut sampai selesai.

Dan di bawah ini adalah tujuan dan manfaat ditulisnya sebuah artikel:

Tujuan dan Manfaat Ditulisnya Artikel
  • Untuk mengemukakan sebuah pandangan atau gagasan dari suatu permasalahan.
  • Untuk memberi saran, nasehat dan pendapat.Untuk mayakinkan, menghibur dan mendidik.
  • Untuk memberikan peringatan atau teguran dari suatu masalah.
  • Untuk memuji dan mengapresiasikan sebuah pembahasan.
  • Untuk mendorong dan membangun keyakinan dari anggapan-anggapan tertentu.
  • Untuk mendukung atau menolak suatu tindakan dengan pemaparan argumentasi yang melatarbelakanginya.
  • Untuk meminta perhatian pembaca mengenai suatu hal atau peristiwa.
  • Untuk menjelaskan dan menafsirkan suatu hal, isu, peristiwa dan juga berita.

Struktur Artikel

struktur artikel, gambar struktur

www.truehealthct.com

Struktur artikel adalah salah satu hal yang paling penting dalam membuat sebuah artikel. Karena apabila kita membuat artikel tanpa memakai struktur yang baik, maka bisa dipastikan artikel yang kita buat akan menjadi campur aduk dan sulit untuk dipahami oleh pembaca.

Jadi, apabila kita akan membuat artikel yang baik serta mudah dipahami dan dicerna oleh pembaca, maka hendaknya kita harus mengetahui struktur penulisan artikel yang baik dan benar terlebih dahulu. Dan di bawah ini saya akan menjelaskan lima struktur artikel yang wajib anda ketahui.

No.Struktur ArtikelFungsi
1.JudulPengenalan sebelum dimulainya pembahasan.
2.Alinea Pembuka (Lead)Awal dari sebuah pembahasan .
3.Alinea Penghubung (Leher)Penghubung antara bagian kepala dengan batang tubuh.
4.Alinea Penjelas (Batang Tubuh)Mengungkapkan suatu permasalahan yang ingin dikupas.
5.Alinea Penutup (Ending)Kesimpulan dari permasalahan yang dibahas.

1. Judul

judul, struktur artikel

shiq4.com

Judul merupakan gagasan utama yang mencakup inti dari semua artikel. Judul juga merupakan bagian dari pengenalan yang memberikan sebuah gambaran tentang isi dari artikel yang akan dibaca. Judul yang baik harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Dapat mencerminkan isi dari sebuah karangan.
  • Berupa pernyataan, bukan kalimat atau pertanyaan.
  • Judul tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang.
  • Menarik, sehingga dapat menimbulkan minat si pembaca untuk membacanya.

2. Alinea Pembuka (Lead)

alinea pembuka, lead, struktur artikel

edcentre.wa.edu.au

Alinea pembuka (lead) adalah alinea pertama atau istilahnya ialah bagian kepala yang ada di dalam sebuah artikel. Alinea ini merupakan alinea awal yang terdiri dari intro, lead, prolog dan juga teras yang sering disebut dengan pembuka.

Bagian alinea ini biasanya berisi tentang rangkaian kejadian, uraian sebuah peristiwa, pernyataan dan sebagainya. Jadi, kita harus teliti dan jeli dalam membuat alinea pembuka ini. Karena apabila kita menuangkan isi dari alinea pembuka ini, maka artikel kita pun akan memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik minat para pembacanya.

Baca juga ya: Cara Membuat Cerpen

Dan anda juga harus tahu, bahwa alinea pembuka ini harus ditulis dengan semenarik mungkin. Sebab, alinea ini adalah gambaran awal dari sebuah artikel yang bisa anda isi dengan imajinasi pembaca tentang tulisan tersebut. Sehingga pembaca lebih mudah untuk masuk isi artikel dan memahami isi artikel tersebut.

3. Alinea Penghubung (Leher)

struktur artikel, alinea penghubung

beritagar.id

Alinea Penghubung (leher) adalah alinea penyambung antara alinea pembuka ke alinea penjelas. Pada bagian ini, bagian intro akan disambungkan dengan bagian isi/materi yang akan disajikan di dalam sebuah artikel. Alinea ini sering disebut juga sebagai pengait/jembatan antar kedua alinea.

Isi dari alinea penghubung ini ialah menyampaikan atau mengungkapkan uraian tentang suatu permasalahan. Dan uraian tersebut harus dibuat semenarik mungkin, dan pembahasannya juga harus terhubung antara bagian lead dengan bagian batang tubuh. Agar para pembaca menjadi nyaman dan mudah untuk memahami isi artikel yang anda ditulis.

4. Alinea Penjelas (Batang Tubuh)

kalimat penjelas, kalimat utama, alinea penjelas

www.galinesia.com

Alinea penjelas (batang tubuh) merupakan struktur teks artikel dan inti dari sebuah artikel. Bagian batang tubuh ini adalah bagian yang paling penting dalam artikel. Karena pada bagian inilah letak pembahasan dari suatu masalah dituangkan.

Dan di alinea penjelas ini, semua persoalan dan permasalahan akan dibahas dan dikupas secara detail dengan menggunakan alur sistematika yang jelas. Sehingga para pembaca pun akan benar-benar paham dan mengerti akan persoalan dan permasalahan tersebut.

5. Alinea Penutup (Ending)

alinea penutup, finish, finishing, struktur artikel

david-pranata.com

Alinea penutup (ending) adalah bagian akhir dari sebuah artikel. Dan bagian ini pun sering disebut dengan bagian ending, kaki dan anti klimaks dari suatu artikel.

Pada bagian ini, berisi sebuah kesimpulan dari semua pembahasan masalah yang ada pada sebuah artikel. Sebab, semua permasalahan dan persoalan tersebut akan dirangkum menjadi kalimat yang ringkas dan juga jelas.

Dalam membuat kalimat penutup, kita hanya perlu membuat sebuah ending yang baik dengan mengaitkan semua alinea dari struktur artikel. Hal ini dilakukan agar artikel yang kita buat bisa menjadi sempurna dan utuh serta pembaca pun menjadi puas dengan pembahasan yang kita sampaikan.

Jangan lupa ya, baca juga: Pengertian Artikel

Dan anda harus ingat, jangan membuat kesimpulan dengan nada yang umum dan menggurui. Karena nada tersebut nantinya dapat mengganggu si pembaca akibat nada normatif yang kita berikan.

Beberapa Catatan Tentang Alinea Dalam Sebuah Artikel

struktur artikel, gambar catatan, gambar tulisan

www.islamedia.id

Sebagaimana telah dikemukakan di atas, bahwa alinea pertama dalam sebuah artikel sangat menentukan. Maka saat membuat alinea pembuka (lead) selayaknya diusahakan agar menarik minat para pembaca.

Dan apabila si penulis artikel belum dikenal oleh banyak orang, maka alinea pembuka dalam artikel itulah yang akan menjadi bahan penentu. Sebab pada saat pembaca sedang membaca artikel tersebut, pembaca akan lanjut membaca artikel hingga selesai atau malah sebaliknya berhenti dan batal meneruskan bacaannya.

Judul, alinea pembuka (lead), Alinea-alinea inti yang menjelaskan isi artikel (batang tubuh), dan alinea akhir (Penutup) merupakan satu bangunan tulisan yang utuh. Maksudnya ialah tidak ada satupun kontradiksi di dalamnya, karena isinya jelas dan enak untuk dibaca.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa struktur dalam suatu artikel dapat membuat para pembaca menangkap maksud secara tepat dan persisi seperti yang dimaksudkan oleh sang penulisnya.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang struktur artikel yang mungkin sebelumnya anda belum tahu tentang apa itu struktur artikel. Dan semoga setelah anda membaca pembahasan di atas, anda dapat lebih mengetahui dan lebih mendalami lagi tentang apa itu struktur artikel.

Leave a Reply