permainan tradisional, permainan lompat tali

41+ Permainan Tradisional di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui (Terlengkap)

Permainan Tradisional – Permainan tradisional adalah suatu kegiatan permainan yang dilakukan untuk bersenang-senang baik menggunakan media alat maupun tidak menggunakan media alat.

Permainan tradisional juga adalah permainan yang yang paling sering dilakukan oleh anak-anak, khususnya anak-anak di desa. Karena permainan tradisional ini adalah permainan yang sangat seru dan dan sangat asyik untuk dimainkan.

Selain itu, manfaat permainan tradisional pada anak-anak sangat baik dan bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan, baik secara fisik maupun mental. Dan permainan tradisional ini juga dapat meningkatkan kecerdasan intelektual, mental, emosional, motorik si anak yang memainkannya.

Contents

Permainan Tradisional Menurut Para Ahli

permainan tradisional, gambar permainan gasing, gasing

pixabay.com

Permainan tradisional adalah permainan yang memiliki arti dan makna yang meliputi berbagai macam definisi yang ada. Dan dari definisi tersebut, banyak sekali istilah-istilah baru yang bermunculan dan menjadi aspek untuk media pembelajaran.

Selain itu, banyak sekali para pakar atau para ahli ahli yang memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang permainan tradisional ini. Dan di antara pendapat tersebut ialah sebagai berikut:

1. Permainan Tradisional Menurut James Danandjaja

permainan tradisional, permainan tradisional menurut para ahli

nasional.tempo.co

James Danandjaja berpendapat bahwa permainan tradisional anak-anak adalah sebuah bentuk folklor yang di mana peredarannya dilakukan secara lisan, yang berbentuk tradisional dan diwariskan secara turun temurun. Oleh sebab itu, asal-usul dari permainan tradisional ini belum jelas pasti.

Hal itu karena tidak ada yang tau pasti siapa yang menemukan permainan tradisional tersebut. Selain itu juga, tidak ada yang tau kapan permainan ini diciptakan, siapa penciptanya dan dari mana asalnya.

2. Permainan Tradisional Menurut Kurniati

permainan tradisional

paratokohlampung.com

Permainan tradisional menurut kurniati ialah sebuah pola yang akan mengembangkan potensi dari setiap anak yang memainkannya. Hal itu terjadi karena dalam permainan tradisional, setiap anak akan menunjukan perilaku penyesuaian sosial yang dapat melestarikan dan selalu mencintai budaya bangsa.

3. Permainan Tradisional Menurut Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda (BP-PLSP)

permainan tradisional

www.beritasatu.com

Permainan tradisional menurut BP-PLSP ialah hasil karya dari budaya itu sendiri. Sehingga terbentuklah sebuah permainan tradisional yang di dalamnya banyak mengandung nilai-nilai pendidikan dan dapat memberikan rasa senang, ceria, aktif dan gembira bagi anak yang memainkannya.

Selain itu juga, permainan tradisional dapat dilakukan secara berkelompok. Hal itulah yang dapat menimbulkan rasa demokrasi dan empati. Dan biasanya rasa tersebut di timbulkan oleh antar pemain serta alat yang digunakan untuk permainan tradisional biasanya relatif sederhana.

Jenis-Jenis Permainan Tradisional di Indonesia Yang Paling Seru

permainan tradisional, permainan sepak bola kampung

addidiero.wordpress.com

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak sekali keberagaman budaya dan dan kaya akan alamnya. Dan dari keberagaman dan alamnya tersebut tentu menyimpan sebuah keunikan tersendiri yang berbeda dari negar lain yang ada di belahan dunia.

Dan salah satu kekayaan dan keunikan yang di miliki oleh Indonesia adalah permainan tradisional.

Permainan tradisional sendiri adalah sebuah permainan yang bernuansa sederhana tetapi dapat membuat si pemainnya menjadi senang, bahagia dan aktif. Hal itu karena permainan tersebut sangat asyik, seru, serta dapat meningkatkan nilai sosial dan motorik pada anak yang memainkannya. Dan masih banyak lagi manfaat dari permainan tradisional ini.

Di bawah ini adalah beberapa jenis permainan tradisional yang sangat seru dan paling sering dimainkan oleh anak-anak di Indonesia. Antara lain sebagai berikut:

1. Permainan Tradisional ABC Lima Dasar

permainan tradisional, abc lima dasar

azzamaviero.com

Permainan tradisional yang pertama ialah permainan ABC lima dasar. Permainan ini adalah permainan yang sangat mudah dan simpel untuk dilakukan. Hal tersebut karena dalam permainan ini tidak dibutuhkan alat-alat khusus untuk memainkannya. Karena dalam permainan setiap pemainnya hanya perlu menggunakan lima jarinya untuk bermain.

Selain itu juga, dalam permainan ABC lima dasar ini kita diwajibkan untuk berfikir secara cepat. Sebab apabila kita kalah berfikir, maka kemungkinan besar kita akan kalah dalam permainan tersebut.

2. Permainan Tradisional Balap Karung

permainan tradisional, gambar permainan tradisional, permainan balap karung, permainan 17-an

www.kopi-ireng.com

Permainan yang selanjutnya ialah permainan balap karung. Seperti namanya, permainan balap karung adalah suatu permainan yang dimainkan dengan menggunakan alat dasar yaitu karung. Dan fungsi karung sendiri dalam permainan balap karung ini ialah sebagai alat atau tempat yang digunakan untuk media permainan ini.

Biasanya permainan balap karung ini dimainkan pada event-event tertentu, salah salah satu contohnya ialah pada saat 17-an. Dan permainan balap karung ini dimainkan dengan cara meloncat-loncat, meloncat-loncat dengan zig-zag dan berjalan mengunakan karung.

3. Permainan Tradisional Bakiak

permainan tradisional, permainan bakiak

www.training77.com

Permainan bakiak adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan menggunakan sebuah alat sejenis sandal yang terbuat dari kayu yang ringan. Dan kayu ringan tersebut biasanya diberi pengikat kaki yang terbuat dari karet atau ban bekas yang dipaku di kedua sisinya.

Permainan bakiak ini biasanya dimainkan dengan cara berkelompok atau beregu sesuai dengan jumlah sandal yang terpasang di kayu tersebut. Permainan ini adalah permainan yang harus mengasah konsentrasi dan keseimbangan yang tinggi. Sebab apabila ada salah satu pemain yang tidak seimbang, maka tim pun akan mudah jatuh.

Selain itu, permainan bakiak ini adalah salah satu permainan yang sangat populer di Indonesia. Sebab permainan bakiak sendiri sering sekali diadakan pada saat acara-acara event, contohnya acar 17-an dan lomba antar sekolah.

4 .Permainan Tradisional Benteng-Bentengan

permainan tradisionla, permainan benteng-bentengan

risblogaddres.com

Siapa yang tidak kenal dengan permainan yang satu ini, yaps… apalagi kalau bukan permainan benteng-bentengan.

Permainan ini adalah permainan yang sangat digemari anak-anak, khususnya anak laki-laki. Dan cara memainkan permainan ini ialah dengan membagi kelompok menjadi 2 tim, di mana 2 tim tersebut saling menyerang dan berusaha menghancurkan benteng satu sama lain.

5. Permainan Tradisional Benteng Sodor atau Gobak Sodor

permainan tradisional, permainan benteng sodor, permainan gobak sodor

www.saribundo.biz

Permainan benteng sodor atau sering dikenal juga dengan gobak sodor adalah sebuah permainan yang paling sering dimainkan di lingkungan sekolah.

Permainan benteng sodor ini merupakan permainan yang yang dimainkan dengan cara berkelompok, di mana satu kelompoknya terdiri dari 3-5 anak. Dan cara memainkan permainan ini ialah dengan menghadang tim lawan yang akan menyeberangi garis yang telah dibuat.

Karena apabila kita ingin memenangkan permainan benteng sodor ini, maka semua anggota harus bolak-balik menyeberang tanpa tersentuh oleh kelompok lawan yang berjaga.

6. Permainan Tradisional Boi-Boian

permainan tradisional, permainan boi-boian, permainan lempar bata

nusantaradulu.com

Permainan tradisional yang satu ini ialah sebuah permainan yang dimainkan dengan cara berkelompok. Dan dari masing-masing kelompok tersebut terdiri dari 4-6 orang anggota pemain.

Cara memainkan permainan boi-boian ini ialah dengan membagi pemain menjadi 2 kelompok. Dalam permainan ini juga dibutuhkan pecahan genteng atau batu bata untuk media permainannya. sedangkan untuk alat lemparnya ialah dengan menggunakan bola kasti.

Apabila alat untuk permainan tersebut sudah tersedia, maka permainan pun bisa dimulai dengan gunting batu kertas. Tim yang kalah dalam melakukan gunting batu kertas harus bertugas menyusun pecahan genting. Sedangkan tim yang menang harus merobohkan susunan pecahan tersebut.

Dan permainan dinyatakan selesai apabila anggota dari salah satu tim tersebut gugur semua.

7. Permainan Tradisional Bola Bekel

permainan tradisional, permainan bola bekel

keepsoh.com

Bola bekel adalah permainan tradisional yang paling digemari oleh anak-anak, khususnya anak cewek.

Permainan bola bekel ini adalah salah satu permainan tradisional yang paling sering dimainkan di lingkungan sekolah pada saat istirahat. Sebab, apabila bel istirahat sudah berbunyi, pasti anak-anak cewek akan ngumpul dan dan duduk di lantai dengan membentuk sebuah lingkaran.

Cara memainkan permainan bola bekel ini ialah dengan memantulkan bolanya ke lantai dengan diikuti biji bekelnya.

8. Permainan Tradisional Cincek atau Engklek

permainan tradisional, permainan engklek atau cincek

www.dagela.co

Permainan cincek atau sering disebut juga dengan permainan engklek adalah suatu permainan yang dimainkan dengan menggunakan media garis yang sudah digambar di lantai atau pun di tanah. Dan biasanya gambar yang di buat dalam permainan ini ialah berupa garis yang berbentuk 8 kotak dan diikuti dengan garis setengah lingkaran pada ujungnya.

Permainan ini juga adalah permainan yang digemari oleh anak cewek. Sebab di mana ada yang memainkan permainan ini, pasti di sana pemainnya adalah anak cewek. Walaupun tak jarang ada juga anak cowok juga yang memainkan permainan cincek atau engklek ini.

Cara memainkan permainan cincek atau engklek ini ialah dengan melemparkan gacoan (sebuah benda seperti batu atau pecahan keramik) kearah kotak pada garis yang dibuat tersebut. Dan pemain yang mendapatkan giliran diharuskan meloncati kotak-kotak tersebut dengan menggunakan satu kaki sampai selesai melewati seluruh kotak tersebut.

9. Permainan Tradisional Congklak

permainan tradisional, permainan congklak

beritagar.id

Congklak adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan memakai alat yang berbentuk bidang panjang dan terdapat tujuh cekungan pada bidang pada masing-masing sisinya. Selain itu, terdapat dua cekungan yang lebih besar pada bagian tengah di setiap ujung bidang tersebut.

Cara memainkan permainan ini ialah dengan memilih salah satu cekungan pada bidang tersebut, lalu ambillah biji dari cekungan tersebut. Setelah biji selesai diambil, maka isilah cekungan biji tersebut satu persatu tanpa mengisi lumbung yang bukan miliknya.

Kita akan menang bermain congklak apabila di lumbung kita memiliki jumlah biji yang banyak dari pada lumbung yang lainnya.

10. Permainan Tradisional Egrang

permainan tradisional, permainan egrang

harian.analisadaily.com

Permainan egrang adalah salah satu Permainan tradisional Jawa Tengah yang sangat populer dikalangan anak-anak. Dan egrang sendiri merupakan permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan dua batang bambu atau kayu yang memiliki ukuran yang sama, yaitu sekitar 1,5 meter.

Selain itu, bagian bawah egrang juga diberi pijakan yang gunanya untuk tumpuan kaki pada saat berjalan.

Permainan ini juga adalah salah satu permainan yang membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan yang tinggi. Karena apabila kita tidak konsentrasi pada saat memainkan egrang ini, maka kemungkinan besar kita tidak akan bisa mengayunkan egrang tersebut untuk berjalan dan bisa membuat kita terjatuh.

11. Permainan Tradisional Gambaran

permainan tradisional, permainan gambaran

gaberro.com

Permainan yang satu ini adalah permainan yang paling laris di lingkungan sekolah, khususnya sekolah dasar.

Permainan gambaran adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan cara menepuk tumpukan gambaran layaknya seperti bermain stik es krim. Kita akan menang dalam permainan ini apabila kita sudah mendapatkan gambaran yang banyak dari tumpukan gambaran tersebut.

12. Permainan Tradisional Gasing

permainan tradisional, permainan gasing

www.medanbisnisdaily.com

Gasing adalah sebuah permainan yang paling populer di Indonesia dari dulu sampai sekarang. Gasing sendiri memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari yang berbentuk tabung dan ada juga yang berbentuk kerucut. Gasing sendiri adalah sebuah alat permainan yang terbuat dari bahan kayu dan besi.

Dan biasanya bagian bawah dari gasing ini dipasang paku atau benda yang berbentuk lancip yang bertujuan untuk memudahkannya untuk berputar. Cara memainkan permainan gasing ini ialah dengan melilit bagian tengah gasing, lalu tariklah tali tersebut dan gasing pun akan berputar.

13. Permainan Tradisional Hulahop

permainan tradisional, permainan hulahop

raturu.com

Hulahop adalah sebuah alat permainan yang yang dilakukan dengan memutarkan sebuah benda di area bagian tubuh kita. Benda atau alat yang dipakai dalam permainan hulahop ini adalah benda yang berbentuk lingkaran dengan bahan lunak yang dapat mengembangkan berbagai macam aktivitas gerak tubuh.

Cara bermain hulahop ini cukup mudah, yaitu dengan memasukkan hulahop tersebut di sekitar badan kita dengan merentangkan kedua tangan ke samping untuk menjaga keseimbangan tubuh yang baik. Setelah itu, putarlah hulahop tersebut dengan di ikuti gerakan badan kita, atau dengan menyeimbangkannya agar tetap selalu berputar dengan konsisten.

14. Permainan Tradisional Kasti

permainan tradisional, permainan kasti

bloguninoyes.com

Permainan kasti merupakan sebuah permainan bola yang dimainkan secara berkelompok atau beregu. Permainan ini adalah sebuah permainan yang dapat mengasah kekompakan antar regu. Dan ada tiga teknik dasar dalam permainan bola kasti ini, yaitu teknik melempar, memukul dan menangkap bola.

Cara bermain permainan ini ialah dengan memukul bola kasti yang dilemparkan oleh regu lawan sejauh mungkin. Setelah memukul bola tersebut, si pemukul pun harus lari dari pos 1 sampai dengan pos 3 secara berkala. Jika si pemukul sudah berhasil melewati 3 pos tersebut, maka ia pun akan mendapatkan nilai.

Dan kelompok yang mendapatkan nilai terbesar, maka ialah pemenangnya.

15. Permainan Tradisional Kejar-Kejaran Polisi Maling

permainan tradisional. permainan polisi maling

azzamaviero.com

Permainan kejar-kejaran polisi maling adalah salah satu permainan yang paling sering dimainkan secara berkelompok. Dalam permainan ini, pemain dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok berperan menjadi maling, dan Satu kelompok lagi berperan menjadi polisi yang mengejar dan menangkap maling tersebut.

Pemain yang mendapat peran menjadi maling harus berlarian mondar-mandir dan tidak boleh melewati batas lari yang telah ditentukan. Sementara itu, kelompok yang berperan menjadi polisi harus mengejar para maling sampai tertangkap. Apabila maling sudah tertangkap semua, maka mereka pun harus berganti posisi dan bertukar peran.

16. Permainan Tradisional Kelereng

permainan tradisional, permainan kelereng

porosbumi.com

Siapa yang tidak kenal dengan permainan yang satu ini. Permainan kelereng adalah permainan yang sangat digemari oleh anak laki-laki. Namun tak jarang ada saja anak cewek yang ikut dalam permainan ini, karena bagi mereka permainan ini dinilai sangat mengasyikan dan seru bagi mereka.

Cara memainkan permainan kelereng ini ialah dengan melentingkan kelereng dari garis start ke arah arah kelereng yang akan di tembak. Dan kelereng sendiri merupakan sebuah bentuk benda yang berbentuk bulat dan memiliki variasi warna dan motif yang berbeda-beda.

17. Permainan Tradisional Ketapel

permainan tradisional, permainan ketapel

azzamaviero.com

Ketapel merupakan salah satu permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak laki-laki. Ketapel sendiri adalah sebuah benda yang terbuat dari ranting pohon atau dari kayu bercabang dua yang berbentuk huruf Y. Dan pada ujung kedua ujung ranting tersebut dipasang karet pentil, dan karet tersebut di satukan dengan menggunakan kain yang berfungsi sebagai tempat atau wadah pendorong pelurunya.

Peluru dari ketapel sendiri biasanya menggunakan peluru dari batu kerikil atau benda kecil lainnya. Dan untuk cara memainkan ketapel ini, kita hanya perlu mengarahkan ketapel tersebut ke arah sasaran yang akan dituju. Setelah itu, tariklah kain yang sudah diberi peluru, lalu lepaskan kain tersebut samapi peluru tersebut meluncur kerah sasaran tadi.

18. Permainan Tradisional Kucing-Kucingan

permainan tradisional, permainan kucing-kucingan

www.kakning.com

Permainan kucing-kucingan adalah salah satu permainan yang sering dimainkan oleh anak cewek. Permainan ini juga merupakan permainan yang dapat mengasah insting peraba dan pendengaran. Sebab permainan ini adalah permainan di mana si penebak harus ditutup matanya menggunakan kain.

Permainan ini dilakukan dengan membentuk sebuah lingkaran, dan di tengah lingkaran tersebut ada seorang penebak yang di tutup matanya. Seorang penebak tersebut harus bisa menebak orang yang ia pegang di sekitar lingkaran tersebut. Apabila orang yang ditebak tersebut namanya benar, maka ia pun harus menjadi penebak, begitu juga dengan seterusnya.

19. Permainan Tradisional Lari Tempurung

permainan tradisional, permainan lari tempurung

www.youtube.com

Permainan lari tempurung adalah permainan yang dimainkan dengan sebuah alat, yaitu tempurung kelapa. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak sampai orang remaja dewasa pada saat waktu luang, dan bahkan permainan ini diperlombakan pada saat acara-acara event.

Tempurung kelapa yang dipakai dalam permainan ini ialah tempurung yang sudah dilubangi dan dipasang tali sebagai tempat menyambungkan tempurung 1 ke tempurung 2. Selain itu tali ini juga berfungsi sebagai tempat jepit penjepit kaki pada saat akan memainkan permainan ini.

20. Permainan Tradisional Layangan

permainan tradisional, permainan layangan

www.klikdokter.com

Permainan layangan adalah salah satu permainan tradisional yang masih populer hingga saat ini. Layangan sendiri merupakan sebuah alat permainan yang terbuat dari plastik atau kertas minyak. Di tengah ujung layangan ini diberi tali yang berfungsi untuk memudahkan layangan agar mudah terbang terbang.

Dan bentuk dari layangan ini pun bermacam-macam, ada yang berbentuk seperti belah ketupat, naga, kupu-kupu dan lain-lain. Selain itu, permainan layangan ini bisa anda mainkan di tanah lapang dan juga tempat yang memiliki kapasitas angin yang stabil.

21. Permainan Tradisional Lompat Tali

permainan tradisional, permainan lompat tali

seputarduniaanak.net

Lompat tali adalah permainan tradisional yang sangat disukai oleh anak-anak kaum hawa. permainan lompat tali ini biasanya dimainkan dengan menggunakan tali tambang atau karet yang sudah dianyam panjang.

Cara memainkan permainan lompat tali ini ialah dengan memegang ujung dari tali tersebut dan letakkan tali tersebut di bawah lalu kita lompat. Setelah melompat, lalu tali tersebut diayunkan memutar sampai melewati kepala dan kita harus melompati tali tersebut secara berulang-ulang.

22. Permainan Tradisional Masak-Masakkan

permainan tradisional

moondoggiesmusic.com

Permainan masak-masakan adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh anak cewek. Biasanya permainan masak-masakan ini dilakukan oleh dua orang atau lebih. Permainan ini juga dimainkan layaknya dilakukan persis seperti kegiatan sehari-hari.

Dan biasanya permainan masak-masakan ini dilakukan dengan menggunakan alat masak yang berasal dari kaleng bekas, botol bekas dan alat-alat bekas lainnya yang sudah tidak dipakai lagi. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan dalam permainan ini ialah bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan di sekitar.

23. Permainan Tradisional Mendorong Ban

permainan tradisional, permainan mendorong ban

dejaka.com

Mendorong ban adalah salah satu permainan tradisional yang sangat populer pada masanya. Permainan ini merupakan permainan yang sangat digemari oleh anak-anak, karena permainan ini sangat seru dan mengasyikkan. Permainan ini adalah permainan yang tidak menguras tenaga, karena kita hanya perlu mendorong ban sampai ban tersebut berjalan menggelinding.

Selain itu, permainan ini juga tidak menguras tenaga untuk membuatnya, sebab kita hanya membutuhkan ban bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Dan pemain yang mencapai sampai ke garis finish ialah pemenangnya.

24. Permainan Tradisional Mercon Bambu atau Meriam Bambu

permainan tradisional, permainan mercon bambu, permainan meriam bambu

cnnindonesia.com

Permainan mercon bambu atau meriam bambu adalah salah satu permainan tradisional dari bambu yang sangat terkenal dan populer hingga saat ini. Permainan ini paling sering dimainkan oleh anak-anak pada saat menjelang bulan puasa. Alat yang digunakan dalam permainan ini adalah sebatang bambu yang berukuran besar dan sudah dirancang sedemikian rupa.

Dan setelah itu, kita cukup memasukkan api ke dalam lubang bambu yang sudah dirancang tadi. Maka bambu pun akan mengeluarkan suara dentuman keras dan biasanya akan diikuti oleh kobaran api yang keluar dari dalam bambu tersebut.

25. Permainan Tradisional Mobil-Mobilan

permainan tradisional, mainan mobil-mobilan

chemember.com

Permainan mobil-mobilan adalah salah satu permainan yang sangat digemari anak laki-laki pada zaman dulu. Ada banyak jenis mobil-mobilan yang bisa dibuat. Biasanya mobil-mobilan tersebut terbuat dari berbagai macam bahan. Dan contoh bahannya tersebut ialah seperti kayu, bekas kulit buah jeruk bali, bambu dan lain-lain.

26. Permainan Tradisional Ngadu Muncanng

permainan tradisional, permainan ngadu muncang, buah kemiri

www.bintang.com

Permainan ngadu muncang atau sering disebut dengan ngadu kemiri adalah permainan tradisional adalah permainan yang bertujuan untuk menghibur yang menggunakan buah muncang atau kemiri sebagai media permainannya.

Cara bermainnya ialah cukup dengan cukup meletakkan buah kemiri di atas dan di bawah. Lalu bagian atas kemiri tersebut di pukul sampai pecah. Apabila kemiri tersebut tidak pecah dengan sekali pukulan, maka buah tersebut harus bertukar posisi ke bagian bawah. Dan kemiri yang tidak pecah saat di adu, maka dialah pemenangnya.

27. Permainan Tradisional Pa’raga

permainan tradisional, permainan paraga

Permainan tradisional pa’raga adalah adalah salah satu permainan yang berasal dari suku bugis. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan bola yang berasal sari rotan. Permainan ini hampir mirip dengan sepak takrau, karena cara memainkan bola di pa’raga ini ialah dengan cara memantulkan bolanya dengan menggunakan kaki,tangan dan kepala.

Selain itu, permainan pa’raga ini dimainkan dengan diiringi musik tradisional yang sangat menyatu dengan budaya masyarakat suku bugis.

28. Permainan Tradisional Patek Lele atau Gatrik

permainan tradisional, permainan patek lele, permianan gatrik

dejaka.com

Permainan patek lele atau sering disebut dengan permainan gatrik adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan cara beregu. Dalam permainan ini regu dibagi menjadi dua kelompok. Yaitu satu kelompok bertugas memainkan gatrik-nya, sedangkan kelompok yang satunya bertugas menangkap gatrik-nya.

Jika regu penjaga tidak dapat menangkap gatrik-nya, maka tim pemain berhak mendapatkan satu poin dan berhak bermain lagi. Dan pemain yang mendapatkan kemenangan terbanyak, maka ialah pemenangnya.

29. Permainan Tradisional Patrigon

permainan tradisional, permainan patrigon/singkongan

tentangbanjarnegara.com

permainan patrigon adalah salah satu permainan yang sangat seru bagi anak cowok. Karena permainan ini merupakan permainan yang dimainkan dengan menggunakan 3 kayu yang dibentuk seperti kerucut yang berbentuk segitiga.

Cara mainnya ialah dengan merobohkan 3 kayu yang berbentuk kerucut tersebut dengan menggunakan sebuah kayu memiliki panjang sekitar 0,5 meter. Jika pemain pertama tidak bisa merobohkan kayu tersebut dengan satu kali lemparan, dan apabila pemain kedua merobohkan kayu tersebut, maka pemian pertama berhak jaga seperti layaknya bermain petak umpet.

30. Permainan Tradisional Petak Umpet

permaianan tradisional, permainan petak umpet

www.keypoo.com

Permainan petak umpet adalah sebuah permainan yang sudah tidak asing lagi di mata para pecinta permainan tradisional. Karena permainan ini adalah sebuah permainan yang paling sering dimainkan setiap hari pada saat kita masih kecil.

Cara bermain permainan petak umpet ini adalah dengan cara mencari para pemain yang sedang bersembunyi di sekitar wilayah yang sudah ditentukan sampai ketemu. Apabila salah satu pemain telah ditemukan, maka ia boleh menolong si pencari untuk mencari pemain lainnya yang sedang bersembunyi.

31. Permainan Tradisional Perang-Perangan

permainan tradisional, permainan perang-perangan

www.youtube.com

Permainan perang-perangan adalah sebuah permainan tradisional yang sering dimainkan oleh para anak-anak pada saat libur sekolah. Cara bermain perang-perangan ini ialah dengan menggunakan sebuah senjata mainan sebagai media permainannya. Sedangkan untuk tempat media permainannya ialah di tempat lapang atau di semak-semak dan di kebun.

Selain itu, permainan ini juga dapat mengasah kekompakan tim untuk selalu bekerja sama antara pemain satu dengan yang lainnya.

32. Permainan Tradisional Pletokan

permainan tradisional, permainan pletokan

scroolin.com

Pletokan adalah sebuah permainan tradisional yang dibuat dari batang bambu yang sudah di disain sedemikian rupa. Permainan ini diberi nama pletokan karena permainan tersebut sering menghasilkan suara yang berbunyi “pletok”, sehingga oleh masyarakat indonesia sering diberilah nama pletokan.

Permainan pletokan ini sering sekali dibuat alat untuk permainan perang-perangan. Dan permainan ini dibuat dari batang bambu kecil yang sudah dipotong dengan panjang sekitar 30 cm.

33. Permainan Tradisional Sempretan Karet

permainan tradisional, permainan sempretan karet

wongedansby.wordpress.com

Permainan sempretan karet adalah permainan tradisional yang sangat digemari oleh anak laki-laki. Permainan ini dimainkan dengan cara menaruh beberapa karet di atas palang karet yang sudah dibuat sedemikian rupa. Setelah karet di letakkan di palang tersebut, lalu karet tersebut ditembakkan dengan menggunakan karet yang sudah disain sedemikian rupa.

Pemenang dalam permainan ini ialah pemain yang mendapatkan karet terbanyak selama permainan sempret karet ini berlangsung.

34.Permainan Tradisional Sepak Bola Kampung

permainan tradisional, permainan bola kampung

tpq.seliling.com

Permainan sepak bola kampung adalah salah satu permainan sepak bola yang paling digemari oleh anak laki-laki, khususnya anak-anak desa. Permainan sepak bola ini sangat seru sekali, karena permainan ini hampir setiap hari dimainkan pada saat sore hari.

Selain itu, keseruan dalam permainan ini akan bertambah apabila hujan turun pada saat kita sedang bermain bola kampung ini. Karena pada saat itulah banyak sekali para pemain yang akan terpeleset dan akan tubuhnya akan menjadi belepotan karena dipenuhi oleh lumpur. Sebab, biasanya lapangan yang diguyur hujan tersebut akan menjadi licin dan berlumpur.

35. Permainan Tradisional Sepuk atau Tulup

permainan tradisional, permainan tulup/sepuk

kp-sindangbarang.com

Sepuk atau tulup adalah sebuah alat permainan tradisional yang terbuat dari bambu bulat yang berukuran kecil dan panjang. Biasanya permainan ini dimainkan pada saat bermain perang-perangan. Dan peluru dalam permainan sepuk ini ialah peluru yang berasal dari buah dan biji-bijian yang berbentuk bulat dan berukuran kecil.

Cara memainkan permainan sepuk atau tulup ini ialah dengan cara memasukkan peluru kedalam lubang bambu tersebut. Lalu lubang tersebut kita sebu/tiup dengan mengarahkan tulup ke objek yang akan kita tuju.

36. Permainan Tradisional Stik Es Krim

permainan tradisional, permainan stik es krim

solarconfict.com

Permainan stik es krim adalah permainan yang paling sering dimainkan oleh anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Karena biasanya permainan ini dimainkan oleh anak SD pada saat istirahat maupun pada saat sedang menunggu guru.

Cara memainkan permainan stik es krim ialah ialah dengan cara menepuk stik kita dengan tangan sampai stik tersebut menimpa/berada atas stik lawan dengan satu keli tepukan. Apabila stik kita tidak bisa mengenai stik lawan, maka pun harus bergantian main.

Pemenang dari permainan stik es krim ini ialah pemain yang paling banyak mengalahkan stik dari para pemain.

37. Permainan Tradisional Tari Tongkat/Rangku Alu

permainan tradisional, permainan tari tongkat/rangku alu

thegorbalsla.com

Permainan tari tongkat atau sering disebut dengan permainan rangku alu adalah sebuah permainan tarian yang sering diiringi dengan musik tradisional maupun modern.

Dalam permainan tari tongkat, alat yang dibutuhkan dalam permainan tersebut ialah 4 buah tongkat yang terbuat dari kayu ata pun bambu. Dan tongkat-tongkat tersebut akan dipegang dan dibuka-tutupkan, sedangkan para pemain harus melompati tongkat pada saat tongkat tersebut dalam posisi terbuka. Dan pemain harus pindah sebelum tongkat tersebut tertutup. Jika pemain gagal, maka ia harus bergantian dengan pemain yang lain.

38. Permainan Tradisional Tarik Tambang

permainan tradisional, permainan tarik tambang

siraplimau.com

Permainan tarik tambang adalah permainan yang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Permainan ini merupakan permainan yang dimainkan dengan dengan menggunakan alat sebagai media permainannya. Dan media tersebut adalah sebuah tali tambang yang berukuran besar.

Biasanya permainan tarik tambang ini dimainkan pada saat ada event-event besar, salah satu contohnya ialah seperti event 17-an. Karena pada saat event 17-an, permainan tarik tambang ini dimainkan dengan cara meriah dan penuh antisipasi.

Cara memainkan tarik tambang ini ialah dengan menarik tali tambang oleh dua regu. Dan di tengah tali tambang tersebut di pasang penanda batas garis, biasanya berupa tali rapiah. Apabila penanda tersebut melewati garis dari salah satu regu, maka dia pun akan kalah. Dan regu yang yang menang adalah regu yang berhasil memasuki tanda tali tersebut ke dalam garisnya.

39. Permainan Tradisional Tebak Tebakan

permainan tradisional, permainan tebak-tebakan

www.nu.or.id

Permainan tebak-tebakan adalah salah satu permainan tradisional yang sangat seru bagi anak-anak. Sebab permainan ini merupakan permainan yang dapat mengasah otak untuk berfikir secara cepat. Dan pemenang dari permainan tebak-tebakan ini ialah orang paling banyak menebak semua klu dari antar para pemain.

40. Permainan Tradisional Tembak-Tembakan

permainan tradisional, permainan tembak-tembakan

kompasiana.com

Permainan tembak-tembakan merupakan permainan tradisional yang menjadi salah satu permainan yang sangat digemari oleh anak laki-laki. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan senjata mainan yang terbuat dari batang/pelepah pisang dan juga batang bambu.

41. Permainan Tradisional Ular Naga Panjang

Permainan tradisional, permainan anak-anak

deweezz.com

Permainan ular naga panjang adalah permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak SD dengan jumlah yang cukup banyak. Permainan ini dimainkan dengan cara 2 anak menyatukan tangannya di atas kepala layaknya membentuk sebuah terowongan pendek. Dan sisanya berjalan dengan berbaris memanjang sambil bernyanyi hingga lagunya selesai.

Selain itu, mereka juga harus keluar masuk terowongan dengan berjalan perlahan-lahan dan berurutan.

42. Permainan Tradisional Yoyo

permainan tradisional, permainan yoyo

www.youtube.com

Permainan tradisional yang terakhir ialah permainan yoyo. Permainan ini pasti sudah tidak asing lagi di mata kaum adam, karena permainan ini adalah permainan yang sangat disegani dan digemari oleh anak laki-laki. Pemain permainan yoyo ini ialah mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Bentuk dari yoyo sendiri ialah berbentuk dua tabung yang disatukan dengan besi atau mur kecil. Dan cara memainkan permainan yoyo ini ialah cukup melilit tali yang telah disediakan ke tempat besi atau mur tersebut. Lalu ayunkanlah yoyo tersebut ke arah bawah, maka yoyo pun akan berputar.

Nah, itu beberapa informasi tentang permainan tradisional yang ada di Indonesia. Dan hendaknya kita harus melestarikan permainan-permainan tersebut dengan mengajak anak-anak di sekitar kita untuk memainkan permainan tradisional seperti di atas dan juga yang ada di daerah sekitar kita.

Hal ini dilakukan agar anak-anak jaman sekarang tidak hanya terus-terusan bermain gadget saja. Tetapi mereka juga harus tau permainan tradisional sangat banyak sekali manfaatnya.

Sekian dari saya, dan semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply