Pengalaman Seru di Waktu Kecil

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Halo semuanya,” apa kabar?”

Perkenalkan nama saya adalah Mustakim atau sering di panggil Takim. Saya tinggal di Desa Sukarame Liwa, Lampung Barat.

Di sini saya akan menceritakan sedikit tentang pengalaman saya di waktu kecil yang masih teringat di benak saya sampai saat ini.

Berenang di Kali Dengan Teman-Teman

Image result for foto sungai yang ada di indonesia

goodnewsfromindonesia.id

Olahraga renang adalah olahraga yang aku sukai pada waktu kecil. Karena pada saat itu hampir seminggu sekali aku dan teman-temanku sering melakukan olahraga renang.

Tapi kami berenang bukan di kolam renang, melainkan di kali yang mengalir di daerah persawahan dekat desaku.

Kali di desaku adalah kali yang membatasi antara Desa Sukarame dan desa tetangga yaitu Desa Padang Dalom. Dan jika desaku mengalami mati air, dan pasokan air di rumah sudah habis. Kami terpaksa mandi dan mencuci pakaian di kali dan di sawah yang airnya jernih.

Kami pun sering mengambil air di sawah yang jernih airnya dengan gerijen (tempat membawa air) yang digunakan untuk kebutuhan rumah.

Ketika kami akan berangkat berenang, kami selalu memanggil satu sama lain agar kami dapat berjalan beramai-ramai. Hal inilah yang menjadi ciri khas anak-anak di desaku, dan hal ini pun sudah menjadi tradisi sampai saat ini.

Pernah Tenggelam

Gambar terkait

lankanewsweek.com

Pada saat aku mandi bersama teman-teman, aku sangat senang sekali. Karena kami sering melakukan berbagai macam gaya selebrasi. Seperti salto, meluncur, mengepakkan tangan dan lain-lain.

Kami melakukan selebrasi tersebut dari atas tebing yang tingginya ya … Kira-kira hampir sekitar 2 meteran lah.

Dan pada saat aku masih asyik berenang, aku pun tidak sadar bahwa aku berenang di tempat yang lumayan dalam. Dan sontak aku pun langsung tenggelam dan berusaha meminta tolong dengan melambaikan tangan.

Untungnya pada saat itu mereka langsung melihat ke arah tempatku tenggelam. Dan seketika itu juga mereka langsung menolongku.

Yah..Entah bagaimana nasibku pada waktu jika tidak ada teman-temanku di sana. 

Teman Hampir Hanyut

Gambar terkait

klimg.com

Pada waktu yang berbeda kami pun mandi lagi di sungai tempat aku pernah tenggelam, dan kali ini adalah temanku yang agak sedikit apes. Ia mandi dengan asyiknya sampai-sampai dia sudah berenang di aliran kali yang cukup deras.

Karena badanya yang kecil dan kurus, ia pun langsung hanyut terbawa derasnya air kali tersebut.

Dan untung saja ada tumbuhan yang merambat di pinggir sungai. Dan ia pun langsung memegang dengan erat tumbuhan tersebut. Dan kami pun langsung menghampirinya untuk menolong dia dengan menarik tangannya ke daratan pinggir kali tersebut.

Walaupun banyak kejadian yang tidak diinginkan pada saat itu, tetapi kami masih saja sering berenang di kali tersebut. Karena di kali ini banyak sekali kenangan yang tersimpan sampai saat ini.

Bermain Kelereng

Image result for foto anak-anak bermain kelereng

gelut.com

Hari minggu adalah hari yang ku tunggu-tunggu ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. karena hari minggu adalah surga bagi setiap pelajar termasuk diriku. Bagiku hari itu adalah hari libur yang sangat menyenangkan, dimana aku dan teman-temanku meluangkan waktu untuk bermain kelereng.

Setelah makan pagi, aku pun meminta izin kepada orang tua untuk bermain kelereng.

Ketika orang tua mengizinkan aku untuk main, aku langsung bergegas melangkah keluar rumah dengan membawa kantong kresek yang isinya penuh dangan kelereng.

Dan pada saat itu pun aku dan teman-teman selalu berkumpul di halaman samping rumahku, yaitu di halaman rumah tetanggaku. Karena halaman itu cukup lebar untuk tempat bermain kelereng, kami pun sering memsainkan permainan di tempat tersebut.

Tetapi sekarang halaman itu sudah di beli dan di bangun rumah oleh tetanggaku yang baru.

Biasanya kami bermain kelereng dengan membuat sebuah garis berbentuk segitiga, yang disetiap sudut garis tersebut yang di isi dengan kelereng dari masing-masing pemain. Dan kami pun langsung memulai permainan dengan menembakkan kelereng ke arah garis yang telah di buat tadi.

Pada saat giliranku untuk menembakan ke arah yang sudah aku tentukan. Aku pun aku mulai membidik kearah kelereng tersebut dengan tatapan yang tajam.

Gambar terkait

blogspot.com

Tetapi malang sekali nasibku pada waktu itu, karena kelerengku malah masuk garis segitiga dan tidak mau keluar dari garis tersebut. Aku pun gagal untuk meraih kelereng yang telah dipasang di garis segitiga tersebut.

Dan pada saat itu pun teman-temanku tertawa terbahak-bahak melihatku, karena mereka melihat ekspresiku yang begitu serius pada saat aku mau menembakkan kelereng tadi, aku pun ikut tertawa juga walaupun aku kalah bermain kelereng pada saat itu.

Karena menang kalah itu biasa. Dan yang dicari itu ialah senyuman kebersamaan bersama teman-teman.

Masa muda itu adalah masa yang paling menyenangkan bagi kita.

Karena ketika kita sudah dewasa , kita hanya disibukkan dengan pekerjaan yang kita jalani. Sehingga kita tidak bisa membagi waktu untuk berkumpul dengan teman-teman seperti dulu lagi.

Bermain Sepak Bola

Image result for foto anak-anak bermain sepak bola

beritadaerah.co.id

Permainan sepak bola adalah permainan yang sudah tidak asing lagi di mata kaum Adam. Karena permainan ini adalah permainanan yang banyak dimainkan oleh para pria di Dunia.

Bahkan ada pula kaum Hawa yang ikut serta dalam permainan sepak bola tersebut.

Permainan sepak bola ini termasuk salah satu permainan terfavorit di desakukarena banyak sekali yang menggemari permainana ini.

Aku pun sangat suka sekali dengan yang namanya permainan sepak bola ini, karena permainan sepak bola adalah permainan yang sangat menyenangkan bagiku.

Apalagi permainan ini di mainkan pada saat turun hujan, di situlah letak keseruan permainan ini. Karena banyak sekali teman-teman yang terjatuh dan terpeleset termasuk aku, hehehe…

Biasanya kami bermain sepak bola pada saat sore hari setelah selesai kegiatan mengaji.

Gambar terkait

bolaindo.com

Dan setelah selesai mengaji kami biasanya langsung pulang dulu untuk salin. Setelah salin kami pun bergegas ke lapangan sepak bola dan berkumpul di sana, sembari menunggu teman-teman yang belum datang.

Ketika teman-teman sudah pada datang, kami langsung membagi tim menjadi 2 bagian. Yang menjadi ciri khas kami ialah kami bermain sepak bola dalam keadaan“nyeker” atau tidak memakai sepatu.

Pada saat itu kami bermain dengan seru, karena kami saling berbalas-balasan gol.

Di situlah letak keseruanku pada saat bermain sepak bola.

Main Petak Umpet

Image result for foto anak-anak bermain petak umpet

wordpress.com

Permainan petak umpet adalah permainan di mana seseorang harus mencari temannya yang bersembunyi di suatu tempat/area yang sudah di tetapkan. Permainan ini juga paling banyak dimainkan oleh anak-anak SD.

Di desaku permainan ini sering di sebut dengan istilah “sumputan”. Permainan ini juga paling banyak dimainkan oleh anak-anak di desaku, karena permainan ini termasuk permainan paling seru di desaku sampai saat ini.

Aku dan teman-teman sering bermain petak umpet pada saat sedang menunggu Pak Ustadz yang menjadi guru kami di TPA (Tempat Pengajian Anak-anak). Karena Pak Ustadzya dulu datang untuk mengajar kami setelah sholat Ashar, sedangkan kami datang ke TPA sekitar jam 02:30 WIB.

Untuk memulai permainan petak umpetnya biasanya kami memulainya dengan gerakan hompimpa. Dan pada saat kami melakukan gerakan hompimpa, salah satu temanku pun kalah. Dan kami yang menang termasuk aku langsung bersembunyi disekitar TPA.

Dan temanku yang kalah pun harus mencari satu demi satu teman-temannya yang bersembunyi termasuk aku.

Pada saat itu temanku menemukan satu demi satu tempat persembunyian mereka, dan tinggal aku sendiri yang tersisa.

Tiba-tiba datanglah Pak Ustadz guru ngajiku dan ia pun langsung masuk ke TPA tersebut. Mereka yang melihat Pak Ustadz pun langsung bergegas masuk ke TPA tersebut. Dan tanpa disadari mereka lupa memanggilku yang masih bersembunyi di balik pohon.

Dan aku pun pada saat itu tidak tau bahwa mereka semua sudah masuk ke tempat TPA. Dan terdengarlah suara mereka yang sedang membaca doa tanda memulainya belajar mengaji.

Pada saat itu aku pun langsung bergegas keluar dari tempat persembunyianku dan langsung berlari ke TPA tersebut.

Image result for foto anak-anak bermain petak umpet

panduanwisata.id

Sesampainya di TPA aku pun langsung di tanya oleh Pak Ustadz.

Pak Ustadz: “Habis dari mana kamu Kim, kok ngos-ngosan”. Dengan wajah tersenyum.

Aku: Habis dari main petak umpet Pak. Aku pun menjawab pertanyaan Pak Ustadz dengan jujur.

Untuk saja waktu itu Pak Ustadz tidak menghukumku karena telat masuk, dan iapun hanya memperingatiku agar tidak telat lagi.

Mungkin itulah sedikit pengalaman saya di waktu kecil yang bisa saya ceritakan, walaupun masih banyak pengalaman seru lainnya yang belum saya ceritakan.

Semoga cerita ini dapat bermanfaat bagi kita semua, karena teman termasuk hal yang paling penting dalam hidup kita.

Akhir kata.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Leave a Reply