manfaat permainan tradisional, permainan sepak bola kampung

15+ Manfaat Permainan Tradisional Bagi Anak-Anak (Lengkap)

Manfaat Permainan TradisionalPermainan tradisional adalah salah satu bagian dari ragam kebudayaan yang tumbuh di Indonesia. Sebelum dunia teknologi berkembang pesat, berbagai macam permainan tradisional sempat mewarnai kehidupan anak-anak di Indonesia.

Saat ini, sudah sangat jarang sekali anak-anak di Indonesia yang memainkan permainan tradisional. Hal ini di sebabkan karena, di Indonesia saat ini sudah banyak sekali anak-anak yang lebih mementingkan bermain gadget/Hp dari pada bermain permainan tradisional bersama teman-temannya.

Contoh Permainan Tradisional

Permainan tradisional adalah permainan yang memiliki berbagai macam jenis dan tersebar luas di Indonesia. Dan menurut Mohamad Zaini Alif, jenis permainan tradisional yang ada di Indonesia sendiri yaitu sekitar 2.600 jenis permainan.

Dari berbagai jenis permainan tersebut, ada beberapa permainan yang sangat mencolok dan populer pada masanya dan ada juga yang populer hingga saat ini. Dan diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Permainan petak umpet.
  • Permainan lompat tali.
  • Permainan tarik tambang.
  • Permainan balap karung.
  • Permainan kelereng.
  • Permainan mercon bambu/meriam bambu.
  • Permainan bola kampung dan lain sebagainya.

Manfaat Permainan Tradisional

manfaat permainan tradisional, permainan gasing

Permainan tradisional adalah salah satu jenis permainan yang memiliki banyak sekali manfaatnya bagi anak-anak yang memainkannya. Dan manfaat tersebut dapat diterapkan oleh si anak hingga dewasa kelak. Dan dibawah ini adalah berbagai macam manfaat dari bermain permainan tradisional Indonesia.

Baca juga: Permainan Tradisional di Indonesia

1. Dapat Melatih Kemampuan Fisik

manfaat permainan tradisional

Anak yang memainkan permainan tradisional pasti akan memiliki kemampuan fisik yang akan terlatih sejak dini pada saat memainkan permainan tersebut. Karena anak yang memainkan permainan ini pasti akan selalu bergerak untuk bermain dengan sangat serunya.

Selain itu, anak yang bermain permainan tradisional pasti tidak akan merasa mudah lelah. Sebab anak yang bermain permainan ini akan selalu bersemangat bermain. Karena bermain permainan yang paling seru adalah bermain bersama teman-teman.

2. Dapat Menjadi Lebih Aktif

manfaat permainan tradisional, lomba balap karung

Manfaat dari permainan tradisional yang berikutnya ialah dapat membuat si anak menjadi lebih aktif dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena si anak yang memainkan permainan tradisional ini pasti akan selalu aktif untuk bermain, aktif untuk bertanya dan aktif untuk bereksplorasi dengan lingkungan sekitarnya.

3. Dapat Belajar Kreatif

manfaat permainan tradisional, permainan dorong ban

Seorang anak akan lebih kreatif apabila anak tersebut sering memainkan permainan tradisional. Sebab, apabila ia sering memainkan permainan tradisional seperti permainan tradisional dari bambu, yaitu layangan. Maka ia otomatis akan tahu bagaimana caranya membuat layangan tersebut dari bambu dan bagaimana caranya agar layangan tersebut bisa terbang.

Dan permainan lain seperti halnya bermain mobil-mobilan, akan membantu si anak juga untuk belajar kereatif. Karena si anak tersebut pasti akan belajar dan berusaha untuk membuat mainan mobil-mobilan yang akan ia mainkan.

4. Dapat Belajar Sportifitas

manfaat permainan tradisional, permainan bentengan

Dalam memainkan permainan tradisional, anak yang memainkan permainan tersebut pasti akan memiliki nilai sportifitas yang tinggi. Hal ini diakibatkan karena anak tersebut dapat melakukan sosialisasi terhadap teman dan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Sebab bagi anak tersebut, menang atau kalah di dalam sebuah permainan bukanlah suatu hal yang penting. Karena baginya hal yang paling penting ialah kebersamaan bersama teman-temannya.

5. Dapat Mengasah Kecerdasan

manfaat permainan tradisional, permainan gobak sodor

Permainan tradisional ternyata bisa mengasah kecerdasan anak lo… Hal tersebut bisa terjadi karena si anak yang memainkan permainan tradisional ini dapat berfikir, mengatur, membuat strategi dan membuat taktik yang sesuai dengan keinginannya.

Salah satu contohnya ialah pada saat bermain kelereng. Si anak yang bermain kelereng pasti akan membidik dan menembakkan kelerengnya tersebut agar mengenai kelereng lain dengan cara berfikir dan membuat taktik terlebih dahulu. Jika ia sudah menemukan selahnya, maka barulah ia akan menembakkan kelereng tersebut sesuai dengan bidikannya.

6. Dapat Belajar Bekerjasama

manfaat permainan tradisional, permainan egrang

Seorang anak yang memainkan permainan tradisional, pasti akan pasti akan mendapatkan banyak pelajaran. Salah satunya ialah belajar untuk saling bekerjasama dengan sesama tim/teman. Karena dalam memainkan permainan, bekerjasama ialah faktor terpenting dalam sebuah permainan.

Salah satu contohnya ialah permainan lari bakiak. Pada saat sedang memainkan permainan lari bakiak, pemain harus saling bekerjasama antara satu dengan yang lainnya. Karena apabila di dalam satu kelompok tersebut ada salah satu anggota yang tidak kompak. Maka bisa dipastikan mereka akan susah untuk berjalan dan akan mudah untuk jatuh.

7. Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri

manfaat permainan tradisional, permainan lompat tinggi

Seorang anak yang sering memainkan permainan tradisional pasti otomatis akan menimbulkan rasa percaya diri. Karena pada saat ia sedang bermain, maka ia pun akan mudah untuk melatih berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Dengan demikian, ia akan mampu untuk mengutarakan emosinya terhadap orang yang ada di sekitarnya. Dan jika rasa percaya dirinya sudah terasah sejak kecil, maka ia pun akan berani melakukannya hingga pada saat ia dewasa kelak.

8. Dapat Bersikap Demokratis

manfaat permainan tradisional, permainan tarik tambang

Sikap demokratis akan dialami seorang anak apabila ia sering melakukan permainan tradisional. Hal ini diakibatkan karena permainan tradisional adalah permainan yang dibuat bersama dan harus disepakati bersama. Dan Sebelum kesepakatan dilakukan, pastinya ada perundingan-perundingan dilakukan terlebih dahulu.

Tentu hal itulah yang mengajarkan pada anak akan arti demokratis itu sendiri. Jadi, demokratis dalam permainan tradisional dapat dilakukan dengan melakukan perundingan dan membuat peraturan di dalam permainan tersebut.

9. Dapat Mengolah Emosi

manfaat permainan tradisional, permainan gobak sodor

Permainan tradisional juga ternyata dapat mengolah emosi anak, yaitu dengan mengendalikan emosi di dalam permainan tersebut. Karena pada saat seorang anak bermain, pasti anak tersebut akan mengutarakan emosinya di dalam permainan tersebut.

Contohnya seperti berteriak, tertawa, menangis, bergerak dan melompat. Hal inilah yang akan membantu anak untuk melakukan proses stimulus yang berekspresi pada dirinya. Dan dengan demikian, seorang anak yang sering memainkan permainan tradisional akan menjadi lebih sehat dibanding seorang anak yang cenderung sering bermain gadget/HP.

Baca juga: permainan tradisional Jawa Tengah

10. Dapat Saling Menghargai

manfaat permainan tradisional, permainan egrang

Salah satu manfaat lain dari permainan tradisional ialah dapat menghargai prestasi orang lain. Karena dalam permainan tradisional, menang kalah adalah hal yang biasa. Dan seperti halnya dalam bermain, seorang anak akan menghargai temannya yang menang dalam sebuah permainan.

Selain itu, seorang anak yang kalah dalam sebuah permainan, harus dihargai dan tidak boleh dikucilkan atau pun diremehkan. Karena hal itulah yang dapat memicu konflik di dalam sebuah persahabatan. Jadi, kita harus menghargai teman yang ada di sekitar kita, agar persahabatan menjadi tidak terpecah dan selalu kompak.

11. Dapat Memiliki Kemampuan untuk Bersosialisasi

manfaat permainan tradisional

Pada permainan tradisional, seorang anak yang memainkan permainan tradisional pasti akan memiliki kemampuan untuk bersosialisasi. Kemampuan bersosialisasi pada seorang anak akan muncul dengan sendirinya apabila ia sering memainkan permainan tradisional.

Dan anak yang biasa bersosialisasi akan bermain tanpa canggung dan senang dengan keramaian. Sebab, apabila seorang anak senang dengan keramaian, maka ia akan menikmati masa kanak-kanaknya dengan bahagia. Dan selain itu, sifat bersosialisasi ini akan di butuhkan seorang anak apabila ia sudah tumbuh dewasa.

12. Dapat Melatih Motorik Si Anak

manfaat permainan tradisional, permainan kelereng

Seorang anak yang sering memainkan permainan tradisional, pasti akan mempunyai kemampuan motorik yang bagus. Hal ini dikarenakan si anak tersebut pasti akan melatih motoriknya dengan lebih baik lagi dari pada sebelumnya.

Contohnya seperti belajar bermain permainan egrang. Seorang anak yang baru belajar bermain egrang pasti akan mudah terjatuh dan akan bangkit untuk belajar bermain lagi. Dan hal seperti itu akan terus dilakukannya sampai ia benar-benar bisa bermain permainan egrang tersebut dengan lancar. Jadi, hal itulah yang dimaksud dengan melatih motorik si anak dengan bermain permainan tradisional.

13. Dapat Berinteraksi dengan Lingkungannya

manfaat permainan tradisional, permainan engklek

Seorang anak akan mudah berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya apabila ia sering melakukan permainan tradisional. Karena dalam permainan tradisional, berinteraksi dengan teman-teman yang ada disekitar sangatlah penting.

Hal ini dilakukan agar dalam persahabatan dan permainan tidak terjadi diskomunikasi antar teman. Karena apabila terjadi diskomunikasi dalam sebuah permainan, maka hal tersebut akan berdampak terhadap perpecahan di dalam sebuah persahabatan.

14. Dapat menyesuaikan Diri dengan Baik

manfaat permainan tradisional, permainan egrang

Seorang anak yang baru memainkan permainan tradisional, pasti belum terbiasa untuk memainkan permainan tersebut. Tetapi jika ia sering memainkan permainan tradisional ini, pasti di akan mulai terbiasa untuk menyesuaikan diri dengan baik.

Proses penyesuaian diri inilah yang dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena apabila kita kelak sudah dewasa dan telah hidup di lingkungan yang baru, maka yang harus kita butuhkan adalah proses menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tersebut.

Baca juga: permainan tradisional dari bambu

15. Dapat Memahami dan Menaati Aturan

manfaat permainan tradisional, permainan gasing

Dalam sebuah permainan tradisional, hal yang pasti ada dalam permainan tersebut ialah adanya sebuah peraturan. Dan didalam sebuah peraturan tersebut, setiap anak yang memainkan permainan tradisional wajib menaati peraturan tersebut.

Sebab, apabila peraturan dalam sebuah permainan tradisional tersebut tidak ditaati, Maka bisa di pastikan orang yang tidak menaati peraturan tersebut akan kalah dan diskualifikasi. Dan dalam kehidupan sehari-hari, kita wajib menaati aturan yang ada sekitar kita. Maka dari itu kita harus melatih menaati peraturan sedini mungkin, agar kelak pada saat kita sudah dewasa sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam peraturan.

16. Dapat Belajar Bertanggung Jawab

manfaat permainan tradisional, permainan patrigon

Seorang anak akan belajar bertanggung jawab apabila ia sering memainkan permainan tradisional. Karena dalam sebuah permainan tradisional pasti ada beberapa alat atau benda yang digunakan dalam permainan tersebut.

Dan itulah beberapa manfaat dari permainan tradisional yang ada di sekitar kita. Dan semoga artikel di atas dapat bermanfaat juga untuk anda.

Pesan dari saya ialah janganlah sekali-kali meninggalkan permainan tradisional pada saat anda sedang sibuk bermain gadget di rumah anda. Karena permainan tradisional adalah permainan yang memiliki banyak manfaat, khususnya untuk masa depan kita kelak.

Leave a Reply