Jenis-jenis artikel

Jenis-Jenis Artikel Secara Umum Beserta Contoh, Ciri-Ciri dan Langkah Pembuatannya (Lengkap)

Jenis-Jenis Artikel – “Apakah anda tahu, ada berapakah jenis artikel secara umum? Dan apa sajakah nama dari jenis-jenis artikel tersebut?” Seperti yang kita ketahui, artikel adalah suatu karya tulis yang dituliskan dengan panjang tertentu dan berisi fakta yang aktual, sehingga dapat membujuk, meyakinkan dan menghibur pembaca.

Cara membuat artikel sangatlah mudah, apabila kita mengetahui terlebih dahulu struktur artikel yang akan kita buat. Dan apabila kita membuat sebuah artikel dan tidak mengetahui strukturnya terlebih dahulu, maka bisa dipastikan kita akan kesulitan dalam menyusun kata-kata dan sub-sub tema yang akan kita buat.

Baca juga: Contoh Artikel

Ciri-Ciri Artikel

Jenis-jenis artikel

sastrawacana.id

Sebuah artikel dapat dikenali karakteristiknya apabila artikel tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda dari pada karya tulis jenis lain. Dan di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri artikel secara umum yang sudah dirangkum dari beberapa pendapat para ahli.

Ciri-Ciri Artikel

  • Pada umumnya artikel dibuat secara singkat, padat dan jelas.
  • Metode penulisan artikel dibuat secara sisitematis, sehingga pembaca dapat memahami isi artikel tersebut dengan mudah.
  • Penulisan artikel menggunakan kalimat yang baku/resmi, logis, lugas,¬†denotatif dan efektif.
  • Artikel bersifat faktual dan informatif, yaitu mengungkapkan peristiwa atau informasi berdasarkan suatu penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Isi yang disampaikan dalam sebuah artikel didasari oleh fakta.
  • Dan bukan mitos atau fiksi yang kebenarannya masih diragukan dan tidak memiliki bukti-bukti yang kuat.
  • Sebuah artikel dapat mengandung opini dan analisis yang sesuai berdasarkan teori dan data yang valid.

Jenis-Jenis Artikel

Secara umum ada lima jenis artikel yang sering kita baca sehari hari. masing-masing dari kelima jenis artikel ini pun memiliki penjelasan dan fungsi yang berbeda-beda. Dan dibawah ini akan saya jelaskan kelima jenis artikel tersebut secara umum beserta contohnya.

No.Jenis Artikel
1.Artikel Narasi
2.Artikel Deskripsi
3.Artikel Eksposisi
4.Artikel Persuasi
5.Artikel Argumentasi

1. Artikel Narasi

Jenis-jenis artikel, artikel narasi

ciputrauceo.net

Artikel narasi adalah jenis artikel yang isinya menjelaskan tentang suatu rangkaian peristiwa secara sisitematis/sederhana, yaitu awal, tengah dan akhir. Di dalam artikel narasi, terdapat tokoh yang menghadapi sebuah masalah dan konflik.

Isi dari artikel narasi ini dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu berupa fakta dan fiksi. kalimat narasi yang berupa fakta biasanya membahas: contoh, tentang biografi, autobiografi dan juga kisah pengalaman yang benar-benar terjadi. Sedangkan untuk kalimat narasi yang berupa fiksi yaitu membahas: contoh, tentang novel, cerpen, cergum dan juga cergam.

Baca juga ya: Cara Membuat Novel

a. Contoh Narasi Bersifat Fakta

Ir. Soekarno. Ia adalah presiden pertama Indonesia yang juga seorang nasionalis. Ia juga pemimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno menghabiskan waktunya di penjara dan di tempat pengasingan karena keberaniannya melawan penjajah.

Soekarno Bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsai Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tangga 17 Agustus 1945. Ia ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke Yogya dan dipulihkan kedudukannya sebagai presiden RI pada tahun 1949

b. Contoh Narasi Bersifat Fiksi

Aku tersenyum mengayunkan langkah. Angin dingin yang menempa, membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket, mencoba memerangi rasa dingin yang berasa begitu menyiksa.

c. Langkah-Langkah Menyusun Artikel Narasi

Langkah menyusun artikel narasi ini ialah seperti cara membuat artikel ilmiah, yaitu dengan menggunakan metode 5W + 1H. Karena dengan metode ini, kita dapat membuat artikel narasi menjadi rapi dan baik serta enak menjadi enak untuk dibaca. Penyusunannya ialah sebagai berikut:

Langkah-Langkah Menyusun Artikel Narasi
  • Di mana setting/lokasi ceritanya.
  • Siapa pelaku ceritanya.
  • Apa yang akan diceritakan.
  • Kapan peristiwa-peristiwa dalam cerita itu berlangsung.
  • Mengapa peristiwa-peristiwa itu terjadi.
  • Dan bagaimana cerita tersebut dipaparkan/dijelaskan.

2. Artikel Deskripsi

Jenis-jenis artikel, artikel deskripsi

www.maniakmenulis.com

Artikel deskripsi adalah jenis artikel yang berupa karangan yang menggambarkan tentang suatu hal/keadaan kepada para pembacanya. Sehingga pembaca seolah-olah dapat merasakan, melihat mendengar isi dari artikel deskripsi tersebut.

a. Contoh Deskripsi Bersifat Fakta

Hampir semua pelosok di kepulauan Mentawai indah. Di empat kecamatan pulau ini, masih terdapat hutan yang masih perawan (terjaga keasliannya). Hutan ini pun masih menyimpan ratusan jenis flora dan fauna.

Dan di dalam hutan Mentawai, terdapat aneka jenis anggrek dan fauna yang hanya terdapat di kepulauan tersebut. Contoh fauna asli kepulauan Mentawai ialah siamang kecil, beruk simakobu dan juga lutung Mentawai yang merupakan primata dan menjadi tempat untuk bahan penelitian dan objek wisata.

b. Contoh Deskripsi Bersifat Fiksi

Salju tipis melapisi rumput, Putih berkilau diseling warna jingga, bayangan matahari senja yang memantul. Angin awal musim dingin bertiup menggigilkan, mempermainkan daun-daun sisa musim gugur, dan menderaikan bulu-bulu burung berwarna kuning kecoklatan yang sedang meloncat dari satu ranting ke ranting yang lain.

c. Langkah-langkah Menyusun Artikel Deskripsi

Langkah-Langkah Menyusun Artikel Deskripsi
  • Tentukan topik atau tema yang akan dideskripsikan.
  • Tentukan tujuan topik tersebut.
  • Tentukan aspek-aspek yang akan dideskripsikan dengan melakukan pengamatan.
  • Susunlah aspek-aspek tersebut ke dalam urutan yang baik. Yaitu berupa urutan lokasi, waktu atau pun urutan menurut kepentingan.
  • Kembangkanlah kerangka tersebut menjadi karangan deskripsi.

3. Artikel Eksposisi

Jenis-jenis artikel, artikel eksposisi

Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang menjelaskan atau memberikan informasi mengenai suatu topik dengan tujuan memberi pengetahuan tambahan untuk si pembaca. Artikel eksposisi biasanya dilengkapi dengan gambar, grafik, statistik dan informasi pendukung lainnya.

Dan artikel jenis ini pun tidak jarang memberikan pembahasan tentang cara, langkah-langkah dan juga proses kerja. Pembahasan tersebut sering dikenal juga dengan sebutan paparan proses.

a. Contoh Eksposisi Bersifat Umum

Pada dasarnya pekerjaan akuntan dibagi menjadi dua bidang pokok, yaitu akuntansi dan auditing. Dalam bidang akuntansi, pekerjaan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan. Selain itu, pekerjaan ini juga dilakukan untuk sistem perencanaan informasi akuntansi.

Sedangkan dalam bidang auditing pekerjaan akuntan berupa pemeriksaan laporan keuangan secara objektif untuk menilai kewajaran informasi yang tercantum dalam laporan tersebut.

b. Contoh Eksposisi Bersifat Paparan Proses

Contoh: cara mencangkok tanaman.

  1. siapkan pisau, tali rafia, sabut secukupnya dan tanah yang subur.
  2. Pilihlah ranting yang sehat, tegak dan kekar dengan diameter sekitar 1,5 – 2 cm.
  3. Kulit ranting yang akan dicangkok dikerat dan dikelupas sampai bersih, kira-kira sepanjang 10 cm.

c. Langkah-Langkah Menyusun Artikel Eksposisi

Langkah-Langkah Menyusun Artikel Eksposisi
  • Menentukan topik/tema.
  • Menetapkan tujuan.
  • Mengumpulkan data dari berbagai super.
  • Menyusun kerangka kerangan sesuai dengan topik yang dipilih.
  • Mengembangkan kerangka menjadi karangan eksposisi.

Jangan lupa ya, baca juga: Cara Membuat Cerpen

4. Artikel Persuasi

Jenis-jenis artikel, artikel persuasi

www.sharebosque.xyz

Artikel persuasi adalah jenis artikel yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, sehingga pembaca pun mau atau bersedia untuk melakukan sesuatu yang dianjurkan oleh si penulis dalam karangannya.

Dalam artikel persuasi juga, pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan anjuran yang telah ditulis oleh penulis tersebut.

a. Contoh Persuasi Bersifat Umum

Masalah lingkungan bukan hanya menjadi masalah pemerintah saja, melainkan semua orang wajib untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Banyak sekali akibat buruk yang yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan, contohnya seperti tanah longsor, banjir bandang, kebakaran hutan, kabut asap dan lain sebagainya. Untuk itu jagalah kelestarian alam dan lingkungan yang ada di sekitar kita.

b. Langkah-Langkah Menyusun Artikel Persuasi

Langkah-Langkah Menyusun Artikel Persuasi
  • Menentukan topik/tema.
  • Merumuskan tujuan.
  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber.
  • Menyusun kerangka karangan.
  • Dan kembangkanlah karangan tersebut menjadi karangan persuasi.

5. Artikel Argumentasi

Jenis-jenis artikel, artikel argumentasi, paragraf argumentasi, kalimat argumentasi

Artikel argumentasi adalah jenis artikel yang tujuannya ialah untuk membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan menyajikan data/fakta sebagai alasan/bukti. Di dalam artikel argumentasi, biasanya terdapat unsur opini, data serta fakta sebagai pendukung atau penyokong pada opini tersebut.

a. Contoh Argumentasi Bersifat Umum

Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan. Karena dengan jiwa kepahlawanan pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses.

Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, berdedikasi, bertanggung jawab, tangguh, loyal dan cinta terhadap sesama rakyat Indonesia. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

b. Langkah-Langkah Menyusun Artikel Argumentasi

Langkah-Langkah Menyusun Artikel Argumentasi
  • Menentukan topik/tema.
  • Menetapkan tujuan.
  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber yang jelas.
  • Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih.
  • Mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi.

Nah, itulah beberapa pembahasan singkat tentang jenis-jenis artikel secara umum. Dan semoga pembahasan di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua tentang seluk-beluk sebuah artikel. Ingatlah, pembahasan diatas adalah pembahasan yang masih bersifat sederhana. Dan anda pun bisa mengembangkannya secara luas dan lebih detail lagi.

Leave a Reply