jenis ayam bangkok, ayam bangkok berkelas

12 Jenis Ayam Bangkok Terbaik dan Paling Banyak Dicari (Ayam Aduan Berkualitas)

Jenis Ayam Bangkok – Ayam bangkok adalah salah satu jenis ayam petarung atau ayam aduan terbaik saat ini. Ayam yang memiliki bentuk tubuh atletis, tinggi, garang dan memiliki tatapan mata yang tajam, sering disebut ayam bangkok super. Kelebihan dari ayam ini ialah dapat membuat lawannya menjadi turun mental sebelum berlaga.

Walaupun ayam bangkok dengan bentuk fisik seperti di atas dapat membuat lawan menjadi ketakutan, ternyata tidak semua masyarakat menjadikan ayam bangkok sebagai ayam aduan. Sebab, banyak masyarakat yang menjadikan ayam jenis ini sebagai bahan koleksi pengisi kandang.

Jenis Ayam Bangkok Aduan Yang Paling Terkenal

ayam pakhoy, jenis ayam petarung

Ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan yang sangat kuat dan tidak perlu diragukan lagi soal kemampuan bertarungnya. Namun, ada banyak jenis ayam laga yang memiliki kemampuan bertarung yang tidak kalah hebatnya dengan ayam bangkok.

Dan jenis-jenis ayam petarung tersebut berasal dari berbagai penjuru dunia. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak satu persatu jenis-jenis ayam aduan beserta ciri-cirinya berikut ini.

1. Ayam Bangkok

jenis ayam bangkok, ayam bangkok juara

Ayam bangkok merupakan jenis ayam aduan yang paling populer di Indonesia. Sesuai dengan julukannya, ayam ini sendiri berasal dari Kota Bangkok, Thailand.

Salah satu keunggulan ayam bangkok yang paling terkenal yaitu ia mampu bertarung hingga mati di dalam arena. Selain itu, Cara merawat ayam bangkok sendiri sangat berbeda dengan jenis ayam aduan lainnya. Sebab, merawat ayam bangkok sendiri lebih mudah dibandingkan merawat ayam aduan jenis lain.

Ada 3 jenis ayam bangkok yang sangat terkenal di dunia sabung ayam, khususnya di Indonesia. yaitu:

  • Ayam bangkok F1.
  • Ayam bangkok Selatan.
  • Ayam bangkok klasik.

Ketiga jenis ayam tersebut merupakan jenis ayam bangkok yang sangat disegani oleh para penggemar sabung ayam. Sebab, ketiga jenis ayam tersebut memiliki pola pertarungan yang khas dan jarang dimiliki oleh ayam aduan jenis lainnya.

2. Ayam Pakhoy

ayam pakhoy, jenis ayam aduan

 

Ayam pakhoy adalah salah satu jenis ayam aduan yang banyak sekali digemari oleh para pecinta ayam aduan. Ayam pakhoy sendiri merupakan hasil dari perkawinan silang antara ayam Malaysia dengan ayam siam, ayam bangkok, ayam birma dan juga ayam brazil.

Ayam pakhoy memiliki bentuk tubuh yang hampir sama dengan ayam bangkok. Ayam ini memiliki ukuran tubuh yang panjang, tulangan yang mendatar dan cenderung menunduk. Ayam ini juga memiliki warna bulu yang sama seperti ayam bangkok.

3. Ayam Saigon

ayam saigon, jenis ayam bangkok

Ayam saigon merupakan jenis ayam laga hasil persilangan yang dikembangbiakan di Negara Vietnam. Ayam ini adalah salah satu jenis ayam yang masuk ke dalam kategori jenis ayam terkuat saat ini.

Hal tersebut dikarenakan ayam jenis saigon ini memiliki fisik yang sangat kuat. Mulai dari struktur otot-otot serta struktur tulang yang sangat kokoh. Sehingga membuat ayam ini kuat terhadap pukulan lawannya.

Ciri khas ayam saigon sendiri yaitu terletak pada bagian kepalanya, yang tidak ditumbuhi bulu sebagaimana kepala ayam pada umumnya. Hal inilah yang membuat ayam ini menjadi populer dikalangan penggemar sabung ayam.

4. Ayam Birma

ayam birma, ayam burma, jenis ayam bangkok

Ayam birma merupakan jenis ayam aduan yang sangat terkenal dikalangan sabung ayam. Nama birma sendiri diambil dari tempat ayam ini berasal, yaitu Burma atau sering kita kenal negara Myanmar.

Ayam birma sendiri akhir-akhir ini banyak disukai oleh para penggemar ayam aduan, baik untuk dijadikan ayam laga maupun untuk dijadikan koleksi. Hal ini dikarenakan ayam birma memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh ayam aduan lainnya.

Dengan ukuran berat badan yang hanya berkisar 2,5-3 kg, ternyata ayam ini mampu mengalahkan ayam bangkok dalam bertarung. Sebab, dengan ukuran badannya yang kecil, ayam ini mampu bergerak lebih cepat, lincah dan gesit untuk menyerang maupun menghindari serangan lawan.

5. Ayam Mathai

ayam mathai, jenis ayam bangkok

Ayam mathai adalah salah satu dari jenis ayam aduan modern. Ayam jenis ini merupakan hasil dari persilangan ayam bangkok dengan ayam birma. Oleh karena itu, ayam ini mempunyai kemampuan yang sangat sulit untuk ditandingi.

Terdapat beberapa keunggulan ayam mathai dibanding dengan ayam aduan jenis lainnya, yaitu:

  • Mempunyai kecepatan dalam bertarung yang setara dengan kecepatan ayam birma asli.
  • Mental bertarung ayam mathai sama seperti mental bertarung ayam bangkok, yang sampai saat ini belum tertandingi.
  • Memiliki kecerdasan dalam bertarung dan jarang dimiliki oleh ayam jenis lainnya.
  • Mempunyai pukulan yang terbaik di kelasnya.
  • Ayam ini sangat jarang terkena penyakit musiman yang sering menyerang ayam aduan.

6. Ayam Shamo

ayam shamo, jenis ayam bangkok

Ayam Shamo adalah jenis ayam petarung atau ayam aduan terbesar yang ada saat ini. Jenis ayam laga satu ini tidak kalah populernya dengan jenis ayam petarung lainnya.

Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, ayam shamo bisa digolongkan menjadi ayam aduan super besar. Seperti yang kita ketahui, berat rata-rata ayam shamo sendiri yaitu mencapai 5-7 kg. Sedangkan berat dari jenis ayam laga lainnya yaitu sekitar 3-5 kg saja.

Selain itu, ayam shamo juga memiliki tinggi tubuh yaitu mencapai 80 cm. Berbeda dengan tinggi jenis ayam aduan lainnya, yang rata-rata memiliki tinggi tubuh sekitar 50-70 cm saja. Jadi sebutan ayam super besar ini sangat cocok sekali untuk jenis ayam ini.

7. Ayam Filipin

ayam filipin, jenis ayam petarung

Ayam filipin (Filipina) adalah jenis ayam aduan yang sangat terkenal dengan lompatannya yang tinggi. Selain itu, ayam ini juga mampu melepaskan pukulan bertubi-tubi pada saat menyerang lawannya. Ayam jenis ini merupakan jenis yang sangat populer di dunia sabung ayam.

Pada dasarnya, ayam filipin terbagi menjadi lima jenis, yaitu black bonanza (berbulu hitam), white claret (berbulu putih), sweater roundhead (berbadan tegap dan berisi), alba (berbulu merah) dan grey cockfight (memiliki bulu yang indah serta jago dalam bertarung).

Ciri fisik ayam filipin sendiri yaitu memiliki bentuk tubuh yang kekar dan memiliki bulu yang lebat. Ayam ini juga pada umumnya sering dijadikan sebagai ayam sabung jalu. Walaupun ukuran badannya kecil, tetapi ayam ini mampu bergerak cepat, lincah dan gesit. Selain itu, ayam jenis ini juga memiliki metal yang sangat kuat.

8. Ayam Pama

ayam pama, ayam pama iq, jenis ayam bangkok

Ayam pama adalah jenis ayam laga atau ayam petarung yang berasal dari Negara Burma (Myanmar). Ayam jenis ini merupakan hasil persilangan antara ayam gen jenis ayam bangkok, ayam pakhoy, ayam saigon dan juga ayam brazil (brazilian).

Dan dari persilangan tersebut, setidaknya ada 5 jenis ayam pama yang dihasilkan dan sangat digemari di kalangan sabung ayam. Dan kelima jenis ayam pama tersebut terdiri dari:

  • Ayam pama gostan.
  • Ayam pama mabin.
  • Ayam pama malow.
  • Ayam pama kradungton.
  • Ayam pama rambong.

Keunggulan ayam pama sendiri ialah memiliki bobot pukulan dan gaya bertarung yang sangat baik di mata para penggemar sabung ayam.

9. Ayam Brazilian

ayam brazilian, jenis ayam bangkok

Ayam brazilian (brazil) adalah jenis ayam yang berasal dari Negara Brazil dan masih memiliki garis keturunan dengan ayam shamo Jepang. Terlihat dari segi tubuh dan warna, ayam ini memiliki kesamaan yang hampir sama dengan ayam shamo.

Ayam brazilian sendiri merupakan salah satu jenis ayam laga yang memiliki popularitas yang cukup tinggi bagi para penggemar sabung ayam. Selain memiliki pola pertarungan yang lincah dan gesit, ayam ini juga memiliki keunikan dalam bertarung.

Keunikan yang paling menonjol ketika ayam ini bertarung ialah keakuratan dalam menyerang dan kecepatan dalam melepaskan serangan terhadap lawan. Selain itu, ayam ini juga akan memiliki kemampuan yang hebat apabila kondisinya sudah panas. Dan ayam brazilian ini kebanyakan dipelihara oleh masyarakat Amerika Selatan.

10. Ayam Aseel

jenis ayam bangkok, ayam aseel

Ayam aseel adalah jenis ayam aduan yang memiliki ukuran ekor yang sangat panjang hingga menyentuh permukaan tanah. Selain itu, ayam ini juga memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis ayam petarung lainnya yang ada saat ini.

Ayam aseel sendiri merupakan jenis ayam aduan yang sangat tua dan berasal dari 2 negara, yaitu Negara Pakistan dan India. Ayam ini telah dibesarkan dan kembangkan di negara tersebut sebagai ayam petarung selama berabad-abad, yaitu selama 3500 tahun. Ayam ini dijadikan ayam laga karena sifat dari ayam ini yang sangat agresif terhadap lawannya ketika di arena.

Selain itu, ayam ini juga dikenal sebagai ayam petarung yang sangat defensif (bersifat bertahan) dan memiliki taktis/siasat yang cerdas dalam pertarungan jangka panjang. Biasanya ayam aseel sendiri dapat bertarung tanpa jeda selama 2 jam nonstop. Sebab, ayam ini memiliki struktur tulang yang besar serta daya tahan tubuh yang kuat.

11. Ayam Taiwan

ayam taiwan, jenis ayam bangkok

Ayam taiwan adalah salah satu jenis ayam laga yang memiliki ukuran badan yang super besar. Dikatakan super besar, karena berat badan untuk ayam jantannya bisa mencapai 7,5 kg. Sedangkan untuk berat badan betinanya bisa mencapai 5 kg.

Bentuk tubuh ayam taiwan sendiri hampir mirip dengan bentuk tubuh dari ayam shamo, tetapi berat badan ayam ini lebih berat dibandingkan berat badan ayam shamo.

Selain itu, ayam taiwan juga memiliki pola pertarungan yang tidak kalah apik dibandingkan dengan ayam-ayam petarung jenis lainnya. Sebab, ayam jenis ini memiliki banyak teknik pertarungan yang apik dan mengejutkan di dalam arena pertarungan.

12. Ayam Ciparage

ayam ciparage, jenis-jenis ayam petarung

Jenis ayam bangkok yang terakhir ialah ayam ciparage. Ayam ini adalah jenis ayam petarung asli dari Indonesia yang sulit untuk ditemukan. Dahulu, ayam jenis ini sangat terkenal sebagai ayam petarung yang tangguh di arena sabung ayam. Karena memiliki bentuk badan yang profesional dan memiliki sayap yang lebih lebar dari ayam jenis lain.

Umumnya ayam ciparage dapat anda anda temukan di Karawang Jawa Barat. Dan cara mudah mengenali ayam jenis ini ialah terlihat dari bentuk tubuhnya yang lebih kecil dari ayam bangkok. Selain itu, postur tubuh ayam ini terlihat tinggi dan lebih ramping dengan kaki yang kuat dan taji yang mencuat runcing.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai nama-nama ayam petarung beserta penjelasannya. Semoga penjelasan diatas dapat bermafaat untuk anda dalam memilih jenis ayam aduan yang berkualitas.

Dalam dunia sabung ayam, tidak semua ayam bangkok yang memiliki tampilan atau casing yang gagah dan tampan itu berkualitas. Karena untuk menentukan kualitas ayam itu sendiri sebaiknya harus dites atau diuji secara langsung. Supaya nantinya anda tidak menyesal karena tertipu oleh ketampanan si ayam yang akan anda beli

Leave a Reply