Festival Sekura di Lampung Barat

Sekura – Assalamu’alaikum Wr.Wb

Halo,”apa kabar semuanya?”

Pastinya baik dong!

Kali ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya ketika ikut serta dalam festival sekura di Lampung Barat.

Tapi sebelum menceritakan pengalaman saya ketika menjadi sekura dalam festival sekura, saya akan menjelaskan secara rinci apa itu sekura.

Festival (Pesta Sekura)

Gambar terkait

blogspot.com

Festival sekura adalah festival yang yang diadakan oleh masayarakat Lampung, khususnya Lampung Barat. Festival ini sering disebut juga dengan istilah pesta sekura.

Festival ini dimaksudkan untuk menciptakan hubungan dengan sesama komunitas Lampung. Dan festival ini juga merupakan perwujudan rasa terima kasih untuk merayakan hari suci.

Festival sekura termasuk dalam kategori pesta rakyat, karena yang selalu diadakan setiap tahun di Lampung Barat.

Pesta rakyat ini selalu diadakan secara rutin ketika menyambut Hari Raya Idul Fitri, yaitu dari hari pertama (1 Syawal) sampai hari kesepuluh (10 Syawal).

“Baca juga: wisata Danau Ranau

Terkadang festival ini juga diselenggarakan ketika ada acara besar. Seperti, upacara adat, acara ulang tahun daerah, khususnya daerah Lampung barat dan lain sebagainya.

Apa Itu Sekura?

Sekura berarti penutup wajah atau topeng merupakan jenis topeng yang digunakan dalam perhelatan pesta sekura. Seseorang dapat disebut ber-sekura ketika sebagian atau seluruh wajahnya tertutup. Penutup wajah dapat berupa topeng dari kayu, kacamata, kain, dan polesan warna yang menarik.

Sekura umumnya ditampilkan dalam tarian topeng pada pesta adat sekuran atau sekuraan yang diadakan setiap awal bulan Syawal. Pesta ini merupakan pesta rakyat yang diselenggarakan sebagai ungkapan rasa syukur, sukacita dan perenungan terhadap sikap dan tingkah laku.

Untuk menambah kemeriahan acara, pesta sekura bisanya dipadukan dengan berbagai busana dengan warna-warna meriah atau mencolok. Bahkan ada pula yang menambahkan atribut senjata, seperti golok dan pedang.

Agar lebih terlihat menarik biasanya atribut senjata ini dibalut dengan kain panjang yang berwarna cerah.

Dalam acara ini, peserta acara diwajibkan mengenakan topeng dengan berbagai karakter dan ekspresi. Karena di situlah ciri khas festival ini.

Jenis-Jenis Sekura

Image result for foto sekura betik

wordpress.com

Sekura dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Sekura Kamak (Kotor)

Image result for foto sekura betik

blogspot.com

Sekura kamak artinya ialah sekura kotor atau sekura jahat. Pakaian yang dikenakan juga merupakan pakaian sehari-hari yang digunakan di kebun.

Sekura kamak ini juga adalah sekura yang berpenampilan layaknya orang yang tidak terurus, karena mereka mengenakan pakaian yang jelek, compang-camping. Bahkan badan mereka pun dihias dengan daun-daun yang menjuntai dan memakai topeng.

Biasnya sekura ini memakai topeng yang terbuat dari pahatan kayu. Topengya pun berbentuk wajah yang menyeramkan.

Akan tetapi biasanya jika ada acara tarian adat, topeng yang digunakan bisa bervariasi bentuknya.

Gambar terkait

blogspot.com

Gambar terkait

blogspot.com

Sekura kamak tidak hanya digunakan oleh meghanai (remaja) tetapi bisa juga dibawakan oleh pria yang sudah beristri.

Sekura kamak berfungsi sebagai penghibur dalam sekuraan. Sekura ini berkeliling kampung untuk kemudian singgah ke rumah-rumah penduduk. Masyarakat yang dikunjungi pun wajib menyediakan makanan dan minuman yang diperuntukkan untuk Sekura yang datang ke rumahnya.

Dalam pesta Sekuraan ini, kadang ditampilkan atraksi pencak silat (silek), nyambai ( menyanyikan bait-bait pantun yang diiringi dengan tetabuhan /gendang kecil) dan pantun yang biasanya ditujukan kepada muli (gadis).

Pepaya Sekura (Bersih)

Gambar terkait

cdninstagram.com

Sekura betik sering disebut juga sekura kecah (bersih dan rapi). Sesuai dengan namanya, sekura betik mengenakan kostum yang bersih dan rapi.

Sekura betik ini khusus diperankan oleh menghanai (laki-laki yang belum beristri). Sekura ini juga berfungsi sebagai pemeriah dan peramai peserta. Mereka berkeliling pekon (dusun) untuk melihat-lihat dan berjumpa dengan gadis pujaan.

Selain itu, sekura ini juga berfungsi sebagai pengawal sanak saudara yang menyaksikan atraksi topeng. Mereka membawa senjata pusaka sebagai simbol untuk menjaga gadis atau muli bathin (anak pangeran) yang menyaksikan pesta topeng agar terhindar dari sekura kamak yang jahat.

“Baca juga: pengalaman di waktu SD

Image result for foto sekura betik

cdninstagram.com 

Mereka juga menunjukkan kemewahan dan kekayaan materi yang dapat terlihat dari selendang yang dikenakannya. Secara simbolis banyaknya selendang mengartikan sekura itu adalah meghanai yang baik.

Sekura betik mengenakan pakaian bagus, yaitu dari sarung dan kain bersih. Penutup wajah mereka pun dari kain yang bagus dan dilengkapi kacamata hitam untuk menutupi wajah.

Pengalaman Ketika Menjadi Sekura

Banyak sekali pengalaman saya ketika menjaadi sekura. Karena ketika kita ikut serta dalam festival ini banyak sekali pengalaman yang berkesan bagi saya, Yaitu:

Pertama Kali Menjadi Sekura

Image result for foto sekura betik

yopiefranz.com

Ketika pertama kali menjadi sekura, saya agak kesulitan pada saat memasang kostumnya. Karena kita harus memasang kainnya satu demi satu, sedangkan jumlah kainnya sekitar 9 helai kain.

Dan pada saat itu untung ada temanku yang bersedia membantuku untuk memasang kain tersebut ke tubuhku.

Tapi sekarang aku sudah bisa memakai sendiri pakaian sekura. Karena aku sudah belajar dari teman-teman yang sudah handal dalam mengenakan pakaian sekura.

Banyak Orang yang Ingin berfoto

Image result for foto sekura betik

rahmawatie.com

Ketika aku menjadi sekura banyak sekali yang orang menyaksikan pesta sekura. Dan banyak pula yang ingin berfoto bersama sekura yang lain.

Pada saat itu aku pun dipanggil oleh dua orang ibu yang sedang membawa anaknya yang masih kecil. Ibu-ibu tersebut mengajakku berfoto bersama dengan anaknya. Aku pun menerima permintaan ibu tersebut, karena anaknya sangat menyukai sekura.

Dan jangan kaget ya dengan kelakuannya Sekura Kamak. Mereka sering sekali mengganggu, menggoda, dan mengajak kenalan para muli (gadis) yang datang. Beberapa kali saya lihat mereka minta foto bareng dengan para gadis. Dan semuanya tidak ada yang marah. Seakan menikmati dan larut di acara tersebut, hehehe…

Ikut Festival Sekura Terbanyak di Lampung Barat

Gambar terkait

ytimg.com

Moment yang tidak akan saya lupakan sampai sekarang adalah ketika saya ikut serta dalam rangka HUT ke-25 dan memecahkan Rekormuri dunia sebagai sekura terbanyak, yaitu 5455 sekura.

 

Itu foto kami saat festival sekura dalam rangka HUT ke-25 Lampung Barat.

“Ada yang tau, yang manakah saya pada foto tersebut?”

karena jika anda tau saya, pastinya anda adalah salah satu orang yang ada di foto itu.

Dalam rangka ini masyarakat Lampung Barat memeriahkan perayaan HUT ke 25 untuk Kabupaten Lampung Barat Atau HUT 25 Tahun Perak Lambar.

“Baca juga: pengalaman seru dimasa kecil

Sekaligus memecahkan rekor Dunia dengan target 2016 topeng sekura. Akan tetapi kami berhasil memecahkan Rekormuri dunia sebanyak 5455 Sakura, wow..fantastis Bukan,hihihi…

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Merdeka Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit dan Pemecahan rekor dunia tersebut berbarengan dengan pelaksanaan jalan sehat Rute Lapangan Merdeka dan Finis di Lapangan Pemda. Yang dilaksanakan Minggu tanggal 18 September 2016.

Selanjutnya setelah kami selesai jalan sehat dan pesta Sakura di Lapangan Indra Pati Cakra Negara. Acaranya pun di lanjutkan dengan penyerahan Rekor Dunia 5454 Sakura.

Dan di situ juga saya melihat Pak Bupati tidak henti-hentinya mengucapkan syukur Alhamdulillah.

Ya, Itulah serunya sekura (bertopeng) yang dapat saya ceritakan di atas. Dan semoga festival ini dapat terus berjalan disetiap tahunnya. Amin…

Akhir Kata.

Wassalamu’alaikum WR . Wb

Leave a Reply