artikel kesehatan, contoh artikel kesehatan

Contoh Artikel Kesehatan Tentang Manfaat Madu, Lengkap dengan Penjelasannya dari A-Z

Contoh Artikel Kesehatan – Artikel adalah sebuah karya tulis yang isinya menjelaskan tentang suatu pembahasan yang sesuai dengan peristiwa fakta yang terjadi. Artikel sendiri memiliki sifat yang aktual dan selalu dibuat dengan pembahasan yang baru, contohnya seperti pembahasan yang sedang viral.

Selain itu, artikel sendiri biasanya ditulis dan di sebarluaskan melalui majalah, koran, media sosial dan lain sebagainya. Dan tujuan ditulisnya sebuah artikel ialah untuk meyakinkan, mendidik dan mengajak para pembaca untuk masuk ke dalam topik pembahasan yang ada di dalam artikel tersebut.

Apa Itu Artikel Kesehatan?

artikel kesehatan, contoh artikel kesehatan

“Apakah anda tahu apa itu artikel kesehatan, dan bagaimanakah cara kerja artikel kesehatan itu?” Pasti hal tersebutlah yang paling sering dipertanyakan di dalam pikiran kita. Artikel kesehatan adalah sebuah artikel yang membahas tentang seluruh ruang lingkup kesehatan di dalam kehidupan sehari-hari.

Dan biasanya artikel kesehatan ini akan membahas tentang cara pola hidup yang benar dan sehat. Contohnya ialah seperti pembahasan tentang makanan yang baik untuk tubuh, pembahasan tentang pentingnya olahraga, pembahasan tentang pentingnya hidup bersih dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Artikel

Contoh Artikel Kesehatan

artikel kesehatan, contoh artikel kesehatan

Artikel kesehatan sendiri memiliki berbagai macam contoh yang mungkin bisa anda pelajari dengan detail dan mendalam. Dan dari sekian banyak contoh artikel kesehatan, saya akan memberikan salah satu contoh artikel yang mungkin bisa menjadi acuan untuk lebih memahami tentang artikel kesehatan ini. Dan contohnya ialah sebagai berikut:

Manfaat Madu untuk Kesehatan
manfaat madu, contoh artikel kesehatan, madu

diamma.com

Madu adalah salah satu hasil produksi dari hewan yang bernama lebah. Dan pada saat ini madu sudah banyak dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia, khususnya masyarakat Indonesia. Hal tersebut terjadi karena madu sendiri memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

Manfaat dan khasiat dari madu sendiri sangatlah berlimpah. Maka tidaklah heran bila madu ini banyak sekali dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dan diantara manfaat dari madu tersebut, ialah sebagai berikut:

a. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Madu mentah adalah madu yang mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah berbagai macam penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Madu juga banyak mengandung kalifonel yang dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kanker.

b. Memicu Hormon Tidur

Meminum madu sebelum tidur dapat menyebabkan kadar insulin yang ada di dalam tubuh kita menjadi kecil. Dan insulin sendiri dapat merangsang pelepasan trytophan di otak. Kemudian trytophan itu pun diubah menjadi serotonin yang nantinya dapat membuat hormon relaksasi serta suasana hati yang menjadi baik. Sehingga dengan suasana hati yang baik, maka tidur kita pun akan menjadi nyenyak.

c. Membantu Menghilangkan Batuk

Madu adalah obat yang berfungsi untuk mengobati penyakit rumahan seperti batik dan pilek. Dan madu ini bisa anda gunakan sebagai obat rumahan yang bisa kita minum pada malam hari. Terlebih lagi untuk anak-anak apabila terkena flu dan batuk, maka kita bisa memberikan 2 sendok teh madu selama 30 menit sebelum tidur. Dan madu itu pun akan membebaskan anak tersebut dari batuk.

d. Membantu Membunuh Bakteri di Dalam Tubuh

Dalam beberapa penelitian dan study klinis, dinyatakan bahwa madu memiliki khasiat yang terbukti ampuh, yaitu dapat membunuh bakteri jahat yang menyerang tubuh. Jadi, apabila kita rutin mengonsumsi madu, maka laju bakteri yang masuk ke tubuh kita akan terhambat dan bahkan bakteri pun akan mati. Sehingga tubuh kita akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri berbahaya.

e. Menjaga Kesehatan Hati

Hati adalah salah satu organ yang berperan penting dalam tubuh makhluk hidup, khususnya manusia. Hati juga ternyata sangat membutuhkan bahan bakar pada malam hari. Dan untuk memenuhi bahan bakar yang dibutuhkan oleh hati, maka kita pun bisa mengkonsumsi madu pada malam hari.

Madu merupakan zat yang dapat memproduksi glukosa yang dapat memicu pelepasan banyak hormon pembakar lemak. Hal ini terjadi karena madu sendiri mengandung zat fruktosa dan glukosa yang sangat baik untuk fungsi hati pada malam hari.

f. Membantu menurunkan Berat Badan

Madu adalah zat yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk hati dan membuat hati memproduksi glukosa. Mengkonsumsi madu sebelum tidur akan membakar lebih banyak lemak di tubuh pada malam hari. Hal tersebut terjadi karena madu sendiri dapat membuat perut menjadi kenyang pada malam hari, karena madu yang mentah memiliki kandungan kalori sebanyak 64 kalori percangkirnya.

g. Membantu Pencernaan

Minum madu dengan air hangat sebelum tidur adalah tips paling aman untuk membantu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Anti mikroba yang ada di pada madu organik mentah dapat membantu membunuh patogen berbahaya yang ditemukan di dalam usus.

h. Mengatasi Kelaparan Saat Malam

Terkadang setelah makan malam, kita masih selalu merasa lapar pada malam hari. Dan biasanya kita pun mengambil cemilan atau snack seperti keripik dan coklat. Tapi tahukah anda, bahwa makanan tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh, karena makanan ringan tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Dan untuk itu, kita bisa mengganti cemilan dan snack tersebut dengan madu. Karena madu sendiri dapat mengobati rasa lapar pada malam hari. Sebab, gula alami di dalam madu dapat menaikkan menaikkan kada gula darah di dalam tubuh. Kita dapat mengkonsumsi madu pada saat sebelum tidur.

Baca juga ya: Contoh Artikel Pendidikan

i. Melawan Obesitas

Orang yang berjuang melawan melawan obesitas bisa mengkonsumsi madu pada malam hari. Hal ini bisa terjadi karena madu memiliki zat bebas lemak dan akan membatasi asupan lemak dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya ialah diseduh dengan air hangat lalu celupkan lemon dan satu sendok teh madu, maka cara tersebut akan membantu mengurangi lemak di perut.

j. Membantu Menyehatkan Kulit

Sifat anti bakteri, anti jamur dan anti oksidan pada madu, dapat menjadikan madu sebagai obat yang luar biasa untuk perawatan dan kesehatan kulit. Karena madu sendiri memiliki sifat untuk menjaga kulit supaya tetap halus, lembut dan lentur, apabila anda mengkonsumsinya sebelum tidur.

k. Mengurangi Resiko Diabetes

Mengkonsumsi sebanyak satu sendok teh madu sebelum tidur dapat mengurangi resiko terkena diabetes. Jika seseorang yang sudah terkena penyakit diabetes mengkonsumsi madu setiap malam dengan rutin, maka penyakit diabetes pada orang itu pun secara bertahap akan terobati. Hal ini terjadi karena madu sendiri dapat mengurangi kadar glukosa darah pada tubuh.

l. Mencegah Datangnya Kanker

Salah satu manfaat madu yang lainnya ialah dapat mencegah datangnya penyakit kanker. Hal ini terjadi karena antioksidan pada madu dapat mengurangi dan mencegah penyakit kanker, apabila kita mengkonsumsi madu tersebut dengan rutin.

m. Meningkatkan Daya Ingat

Bagi anda yang memiliki kesusahan untuk mengingat atau memiliki gangguan short term memory, maka obat yang anda butuhkan ialah madu. Karena dengan mengkonsumsi madu secara rutin, dalam jangka panjang daya ingat anda tidak akan berkurang secara drastis. Caranya ialah dengan meminum 20 gram madu setiap hari dan hasilnya pun akan anda lihat di usia senja kelak.

n. Mengurangi Resiko Terkena Serangan Jantung

Tidak hanya menjadi obat sebagai pencegah kanker dan lain-lain, ternyata madu juga dapat mengurangi resiko serangan jantung pada seseorang. Karena zat antioksidan pada madu memiliki peranan penting untuk mencegah datangnya berbagai penyakit, salah satunya ialah penyakit serangan jantung.

o. Mengobati Luka Luar

Dari beberapa penelitian, dinyatakan bahwa madu sudah terbukti efektif dapat mengobati atau menyembuhkan luka dengan baik. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu tersebut ke area yang luka, maka luka itu pun akan sembuh dengan cepat serta tetap steril hingga lukanya tertutup.

p. Membantu Mengobati dan Menghilangkan Alergi

Selain megobati luka dengan cepat, salah satu manfaat lainnya dari madu ini ialah dapat mengobati dan menghilangkan alergi pada seseorang. Karena jejak serbuk sari dari bunga dan paparan alergen pada madu dapat memerangi reaksi alergi yang ada di dalam tubuh.

q. Sumber Nutrisi yang Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui pada umumnya, bahwa madu memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini terjadi karena madu sendiri memiliki sumber nutrisi yang lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti antioksidan, vitamin c, Karbohidrat baik dan lain-lain.

r. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Karena manfaat madu adalah sumber nutrisi yang baik untuk tubuh, dengan mengkonsumsi madu setiap hari secara rutin, maka metabolisme dalam tubuh kita pun akan meningkat. Jadi, untuk menjaga metabolisme kita, maka kita pun harus rutin meminum madu setiap hari dengan teratur.

s. Meningkatkan Stamina

Nutrisi yang tercukupi akan membuat metabolisme tubuh menjadi meningkat. Dan manfaat madu sendiri sangat berpengaruh pada tingkat stamina yang selalu meningkat tinggi di setiap harinya. Dan orang yang ingin meningkatkan stamina biasanya mengkonsumsi minuman yang bahan dasarnya ada campuran madunya.

t. Sangat Bagus untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi madu. Hal ini dikarenakan ibu yang sedang hamil membutuhkan tenaga ekstra, daya tahan tubuh ekstra dan juga membutuhkan nutrisi yang lebih untuk sang calon buah hati.

Lebih dari itu, manfaat terbaik dari madu adalah sifatnya yang merupakan bahan alami dari alam. Dan selama kehamilan, madu sendiri akan meningkatkan daya tahan tubuh, menambah tenaga, meningkatkan nafsu makan, mencegah ibu hamil terserang berbagai penyakit dan masih banyak lagi.

u. Mengurangi Iritasi Batuk dan Tenggorokan

Salah satu khasiat madu ialah dapat mengurangi iritasi. Hal tersebut bisa terjadi karena dalam sebuah penelitian terhadap 105 anak, setiap anak diberikan 1 dosis madu soba. Dalam satu dosis madu soba terdapat dextromethorphan yang dapat meredakan batuk di malam hari dan memungkinkan untuk tidur menjadi lebih nyenyak.

v. Dapat Mengatur Gula Darah

Meskipun madu mengandung gula sederhana, tetapi gula sederhana tersebut tidak sama dengan gula pemutih atau pun pemanis buatan. Kombinasi tepat fruktosa dan glukosa benar-benar dapat membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah. Hal ini bisa terjadi, karena beberapa jenis madu memiliki zat indeks hipoglikemik rendah. Sehingga zat di dalam madu tersebut tidak akan menyentak gula darah kita.

w. Sebagai Probiotik

Beberapa varietas madu memiliki sejumlah bakteri yang ramah. Dan antara lain bakteri tersebut ialah terdiri dari 6 spesies lactobacili dan 4 spesies bifidobacteria. Dan hal ini mungkin menjelaskan bahwa banyak sekali sifat-sifat terapeutik misterius yang terdapat dalam madu.

x. Mengurangi Bisul dan Gangguan Gastrointestinal Lainnya

Dalam sebuah penelitian terbaru, dinyatakan bahwa perawatan dengan madu dapat mengatasi gangguan seperti bisul dan gastroenteritis bakteri. Hal ini terjadi karena madu sendiri mengandung zat anti bakteri yang berfungsi mencegah datangnya bakteri jahat atau bakteri yang tidak menguntungkan.

Jangan lupa ya, baca juga: Cara Membuat Artikel

y. Meningkatkan Kinerja Atletik

Atlit olimpiade kuno akan mengkonsumsi madu dan buah ara kering untuk meningkatkan kinerja gerak tubuh mereka. Dan hal tersebut sudah divertifikasi dalam studi modern yang menyatakan bahwa madu dapat lebih unggul menjaga kadar glikogen dan meningkatkan waktu pemulihan dari pada pemanis jenis lainnya.

z. Dapat Menyeimbangkan 5 Elemen

Madu telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic di India setidaknya selama 4000 tahun. Madu dianggap memengaruhi ketidaksimbangan ketiga material primitif di dalam tubuh secara positif. Dan madu juga bermanfaat dalam meningkatkan penglihatan, penurunan berat badan, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini dan lain sebagainya.

Madu juga sering disebut sebagai Yogavahi karena memiliki kualitas menembus jaringan terdalam dari tubuh. Ketika madu digunakan dengan didampingi obat herbal, maka madu itu pun dapat meningkatkan kualitas dari obat pendamping tersebut. Sehingga dapat membantu obat tersebut untuk menjangkau jaringan yang lebih dalam.

Nah, itulah beberapa pembahasan tantang contoh artikel kesehatan yang mungkin bisa anda pelajari dan anda pahami lebih dalam lagi. Dan semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan berguna untuk anda, khususnya bagi anda yang masih pemula.

Leave a Reply