Cara merawat kelinci

31+ Cara Merawat Kelinci Terlengkap yang Baik dan Benar

Cara merawat kelinci_Kelinci adalah jenis binatang yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Kelinci tersebut berkembang biak dengan cara vivipar (melahirkan).

Dulunya, kelinci adalah hewan liar yang hanya hidup di daratan Afrika dan Eropa. Hingga akhirnya kelinci ini pun berkembang pesat hampir diseluruh dunia.

Saat ini, banyak jenis kelinci yang menjadi hewan peliharaan dan hewan pedaging di beberapa wilayah, khususnya di Indonesia. Dan banyak sekali masyarakat Indonesia yang merawat kelinci di rumah mereka dengan berbagai macam bentuk, jenis dan ukuran. Salah satu contohnya ialah kelinci anggora.

Contents

Cara merawat kelinci

Cara merawat kelinci

pixabay.com

cara merawat kelinci yang baik dan benar ialah seperti cara merawat hamster di artikel sebelumnya. Karena cara merawat hamster ini bisa dibilang satu cara dengan cara merawat kelinci.

Sebab dalam merawat kelinci, kita harus merawatnya sesuai dengan usia kelinci yang akan dirawat, sama halnya dengan merawat hamster. Hal ini karena, jika kita merawat kelinci yang masih kecil di lingkungan yang tidak sesuai dengan umurnya, contohnya seperti kandang dan makanannya. Maka kelinci itu akan susah menerima lingkungannya secara langsung.

Dan hal ini pun bisa menyebabkan anak kelinci tersebut mudah terserang berbagai macam penyakit.Maka dari itu kita harus merawatnya dengan tepat dan benar-benar sesuai dengan usia si kelinci tersebut.

Dan di bawah ini adalah beberapa cara merawat kelinci yang baik dan benar.

1.Menyediakan Rumah Kelinci yang Aman dan Nyaman

Cara merawat kelinci

dekorrumah.net

Jika anda ingin merawat kelinci di rumah anda, hal yang paling penting yang harus anda lakukan ialah sama seperti cara merawat ayam. Yaitu dengan menyediakan rumah atau kandang untuk si kelinci yang akan anda rawat.

Rumah ini digunakan sebagai tempat tinggal atau pun sebagai tempat berlindung dari beberapa jenis predator yang dapat mengancam hidup si kelinci tersebut.

Dan jika anda ingin membuat rumah untuk kelinci kesayangan anda, maka ada baiknya anda memilih tempat yang pas untuk kelinci yang anda rawat tersebut.

Setelah anda sudah menemukan lokasi yang tepat untuk si kelinci kesayangan anda, anda pun bisa membuatkan rumah atau kandang kelinci tersebut dengan berbagai macam jenis.

Dan di bawah ini adalah jenis-jenis rumah atau kandang kelinci yang bisa anda buat di rumah anda, yaitu sebagai berikut:

a.Kandang Kelinci Bertingkat.

Cara merawat kelinci

ndikhome.com

Jenis kandang yang pertama ialah jenis kandang bertingkat.

Jenis kandang bertingkat ini adalah jenis kandang yang sering dipakai oleh para peternak atau pembudidaya kelinci. Kandang ini biasanya dibuat oleh para peternak yang memiliki banyak kelinci tetapi memiliki lahan yang minim.

Untuk membuat kandang Anda bisa menggunakan kayu untuk penyangga kandang dan kawat yang gunanya untuk dinding kandang. Dan untuk alas kandangnya, anda bisa menggunakan bambu yang telah dihaluskan agar tidak melukai kaki si kelinci tersebut.

Jika anda ingin beternak kelinci pedaging, anda bisa membuat kandang yang lebih besar sesuai dengan kapasitas jumlah kelincinya.

b.Kandang Kelinci dari Kawat

Cara merawat kelinci

bijibersemi.com

Kandang dari kawat ini adalah kandang yang digunakan oleh para pemelihara kelinci, khususnya di Indonesia. Dan kandang ini adalah kandang yang sangat laris sekali dipakai oleh para peternak. Kandang ini bisa dikatakan sangat laris karena kandang tersebut sangat simpel, praktis dan tidak mengeluarkan biaya yang besar dalam membuatnya.

Pembuatan kandang ini bisa dikatakan sangat murah, karena anda hanya perlu membeli dan menyediakan bahan dasar dari kandang ini, yaitu kawat.

c.Kandang Kelinci dari Kardus

Cara merawat kelinci

sumbercenel.com

Kandang yang satu ini mungkin masih awam di mata anda. Ini bisa digunakan oleh para pembudidaya kelinci atau pun para pemelihara kelinci di Indonesia.

Kandang ini juga termasuk yang terbaik untuk dibuat, karena Anda hanya membutuhkan kardus yang menjadi bahan dasar.

Untuk membuat kandang ini pun Anda hanya perlu pulang seperti rumah-rumahan. Dan Anda pun tinggal memberikan lubang di kandang, yang dimaksudkan untuk tempat bermain si kelinci.

Dan jangan lupa, beri alas kotoran di dalam kardus, agar kami dapat dengan mudah membersihkan kotoran di dalam kandang.

d.Kandang Kelinci dari Bambu

Cara merawat kelinci

rumahminimalisku.download

Pohon bambu adalah tumbuhan yang sering kita jumpai di sekitar kita.

Dan pohon bambu ini pun bisa anda buat menjadi kandang kelinci. Dan kandang yang terbuat dari bambu ini termasuk jenis kandang yang hemat biaya. Karena jika kita membuat kandang ini, kita hanya perlu megeluarkan modal bambu saja.

Cara membuat kandang kelinci dengan berbahan dasar bambu ini ialah dengan memotong cara memotong panjang bambu tersebut sesuai ukuran standar kandang.

Kemudian setelah itu anda bisa membuatkan alas kandang dengan bambu tadi, dandi bawah alas tersebut bisa anda berikan alas dari karung bekas yang bertujuan untuk menampung kotoran dari si kelinci.

e.Kandang Kelinci dari Kayu

Related image

Kandang kelinci dari kayu ini adalah jenis kandang kelinci berikutnya.

Kandang kelinci ini juga banyak digunakan oleh para pecinta kelinci, khususnya untuk tempat peliharaan.

Biasanya kandang kayu ini dibuat dengan model yang bertingkat, karena kebanyakan para peternak banyak yang menggunakan model tingkat ini dibanding model yang tidak tingkat.

Hal ini dilakukan karena kebanyakan dari peternak sendiri tidak memiliki lahan yang luas untuk menampung banyaknya kelinci.

f.Kandang Kelinci dari Barang Bekas

Cara merawat kelinci

twitter.com

Barang bekas adalah suatu benda yang sudah tidak digunakan lagi dalam kehidupan sehari-hari.

Dan jika anda mempunyai barang bekas di rumah anda, anda pun bisa membuat kandang kelinci dari barang bekas ini. Selain hemat biaya, kandang dari barang bekas ini sangat mudah sekali untuk dibuat di rumah anda.

Pembuatan kandang ini dilakukan dengan cara menyiapkan beberapa kardus yang sudah tidak dipakai lagi, dan buatlah beberapa lubang di kardus tersebut. Fungsinya ialah untuk tempat keluar masuknya si kelinci yang anda rawat.

Setelah itu anda membuat beberapa lubang di kardus tadi, lalu satukan kardus-kardus yang lain dan buatlah seperti rumah di taman bermain.

Tetapi sebelum anda membuat rumah kelinci dengan kardus bekas, ada baiknya anda membersihkan dahulu kardus-kardus tersebut sampai kotoran di kardus tersebut hilang.

Hal ini dilakukan untuk menghindari si kelinci dari berbagai macam penyakit yang menempel pada kardus bekas tersebut.

2.Menyediakan Kamar atau Kotak Sangkar untuk Kelinci

Cara merawat kelinci

www.youtube.com

Jika anda membuat kandang kelinci, ada baiknya anda membuatkan kamar atau kotak sangkar untuk si kelinci tersebut.

Kamar atau ruangan kotak sangkar ini ditujukan untuk tempat kelinci tersebut bersembunyi untuk beristirahat atau pun tidur. Karena pada dasarnya kelinci tinggal di dalam sarang seperti lubang yang gelap, agar kelinci tersebut terhindar dari bahaya yang mengancam dirinya.

Kotak sangkar ini bisa anda buat di dalam kandang kelinci tersebut, tetapi ada pula yang membuat kotak ini di luar kandang dan biasanya bisa dilepas.

Ukuran kotak pun harus disesuaikan dengan ukuran kandang. Karena jika kotaknya terlalu besar dan ngepres di kandangnya, maka kelinci tersebut akan susah untuk beraktifitas.

3.Menata Lantai Kandang Kelinci

Cara merawat kelinci

jatng.tribunnews.com

Lantai kandang kelinci bisa terbuat dari tanah, bambu, kayu dan juga bambu.

Dan lantai kandang yang paling cocok untuk kelinci adalah lantai kawat, karena lantai kawat ini dapat meloloskan kotoran dan air kencing kelinci tersebut. Jadi kandang kelinci pun tidak akan lembab.

Agar kaki tidak lelah ketika memakai lantai kawat ini, jadi kita bisa menyisipkan lembaran papan. Kita juga bisa menggabungkan lantai kawat dengan lantai bambu atau pun kayu.

Lantai kandang juga bisa anda letakkan tumpukan jerami, supaya lantai kandang selalu empuk dan membuat si kelinci pun selalu nyaman.

4.Lokasi Penempatan Kandang Kelinci

Cara merawat kelinci

www.ayeey.com

Lokasi penempatan kandang kelinci yang cocok adalah tempat yang sering terkena sinar matahari, memiliki ventilasi udara yang baik dan tidak jauh dari rumah.

Hal ini dilakukan untuk mensetabilkan kelinci yang kita rawat, agar kelinci tersebut selalu sehat.

5.Menjaga Suhu Kandang Agar Tetap Optimal

Cara merawat kelinci

dekorrumah.net

Sama seperti cara merawat kucing yang kita bahas  di artikel sebelumnya, kelinci juga bisa tumbuh dengan baik, apabila suhu di kandang kelinci tersebut baik pula.

Suhu yang baik dan sesuai dengan kriteria kelinci ialah sekitar 13-18 derajat celcius, dengan kelembapan udara sekitar 60-90 %.

Cara agar kandang kelinci tersebut memiliki suhu yang baik ialah dengan menempatkan kandang kelinci tersebut di dekat dengan pohon yang rindang dan udara sekira masih di sinari matahari supaya tetap sejuk.

6.Selalu Menjaga Kebersihan Kandang

Cara merawat kelinci

ptnasa.net

Hal yang wajib kita lakukan ketika merawat kelinci ialah membersihkan kandang kelinci tersebut.

pembersihan ini bertujuan untuk menghindarkan kelinci dari berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan kelangsungan hidupnya.

Pembersihan kandang ini harus dilakukan sesering mungkin, yaitu maksimal seminggu sekali.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membersihkan kandang kelinci.

  • Buanglah sisa makanan kelinci yang tidak dimakan lagi, lalu cuci wadah makan dan minum dengan bersih.
  • Bersihkanlah dasar kandang sampai benar-benar bersih.
  • Buanglah kotoran kelinci tersebut yang ada di bawah kandang.
  • Lap bagian bawah kandang dengan air hangat.
  • Bersihkan mainan atau perabotan kelinci yang kotor.
  • Jika kandang sudah kering, lalu masukkan semua perabotan beserta kelinci ke dalam kandang yang sudah dibersihkan tadi.

7.Menyediakan Kotak Kotoran

Cara merawat kelinci

kelinci.sidodadi.com

Ketika kita memasukkan kelinci ke dalam kandang, hal yang paling penting dilakukan adalah menyediakan kotak kotoran dibawah kandang si kelinci.

Tujuan pemberian kotak ini adalah untuk menampung kotoran kelinci yang ada di dalam kandang, agar kotoran tidak berserakan dan mudah untuk dibersihkan.

Kelinci juga sebenarnya bisa dilatih untuk membuang kotorannya ke dalam kotak kotoran, karena kelinci adalah hewan yang cerdas.

Dan tahukah anda bahwa kelinci juga adalah hewan yang suka kebersihan, dan ia pun tidak mau tidur di tempat yang bau pesing. Kecuali jika kelinci tersebut sedang sakit dan sekarat, i8a akan tidur dimana saja.

Maka dari itu kita harus rajin membersihkan kotoran kelinci dengan memberikan wadah penampung di kandang kelinci tersebut.

8.Memberikan Asupan Makanan yang Tepat

Cara merawat kelinci

journal.sociolla.com

Memberikan asupan makanan yang tepat adalah cara merawat kelinci selanjutnya.

Pemberian pakan pada kelinci ini harus benar-benar di perhatikan. Karena jika kita memberikan pakan yang asal-asalan, maka bisa dipastikan pertumbuhan kelinci akan berkurang dan kelinci pun akan mudah terserang penyakit hingga berujung kematian.

Pemberian pakan yang salah juga dapat menyebabkan kelinci menjadi stres dan menggigiti jeruji kandang.

Maka dari itu kita harus memberikan makanan yang baik dan tepat serta mengatur jadwal pola makan , jadwal makan dan nilai gizi pada makanan.

Jenis pakan yang pas untuk kelinci adalah jenis pakan yang baik dan sehat, serta menjadi makanan favorit kelinci tersebut.

Contohnya ialah seperti sayuran wortel. Sayuran ini merupakan makanan favorit semua kelinci, mulai dari yang kecil hingga dewasa.

Selain wortel, ampas tahu juga menjadi makanan favorit bagi para semua kelinci, karena ampas tahu ini memiliki rasa yang bisa membuat para kelinci menjadi ketagihan untuk memakannya. Selain itu kandungan gizi pada ampas tahu ini sangat baik dan hampir sama dengan pelet.

Cara merawat kelinci

kelincipedia.com

Dan untuk kelinci yang masih kecil harus diperhatikan jumlah makanannya. Karena jika kelinci tersebut terlalu banyak makan, maka kelinci tersebut bisa terserang diare dan kembung.

Dan sebagai makanan sampingan, anda juga bisa memberikan buah-buahan. Tetapi pemberian buah-buahan ini tidak boleh terlalu sering, karena dapat mengganggu pencernaan kelinci .

Pada dasarnya makanan yang baik untuk kelinci adalah makanan yang bisa membuat kelinci selalu sehat dan aktif dalam kehidupan sehari-harinya.

9.Memberikan Persedian Air yang Cukup

Cara merawat kelinci

www.wikihow.com

Kelinci juga adalah hewan yang butuh air untuk menambah cairan yang ada di dalam tubuhnya.

Maka tidak akan cukup bagi kelinci jika ia membutuhkan cairan dengan hanya memakan rumput saja, karena rumput akan memberikan cairan sebanyak 15% saja. Sedangkan cairan yang dibutuhkan oleh kelinci ialah sebanyak 70%.

Hal ini akan menyebabkan kelinci menjadi stres dan mudah terserang penyakit, dan dapat berujung dengan kematian.

Perlu anda perhatikan! Saat anda memberi minum ke kelinci yang anda rawat, hindari pemberian minuman dengan wadah terbuka. Misalnya seperti piring atau mangkok, karena wadah ini dapat membuat bakteri dan debu masuk ke dalam wadah tersebut.

Jadi, jika anda akan memberikan minum ke kelinci yang anda rawat, usahakan anda menggunakan wadah yang tertutup. Buatlah atau carilah botol khusus yang bisa membuat air minum kelinci anda selalu bersih dan higenis.

10.Memberikan Asupan Vitamin

cara merawat kelinci

okdogi.com

Layaknya manusia, kelinci pun dapat terserang berbagai macam penyakit yang dapat mengancam kelangsungan hidup si kelinci tersebut.

Kelinci juga tergolong hewan yang roden (memiliki kekebalan tubuh yang cukup buruk).

Pemberian air minum dan pangan seperti daun dan buah sangat penting bagi kelinci. Karena pemberian makanan tersebut dapat menghindarkan kelinci dari stress, khususnya kelinci yang sedang hamil.

Maka dari itu, anda harus menyiapkan sejumlah vitamin agar kelinci kesayangan anda selalu sehat dan bugar. Contohnya ialah vitamin A, C, D dan E.

11.Berikan Kasih Sayang pada Kelinci Anda

Cara merawat kelinci

pixabay.com

Memberikan kasih sayang itu tidak hanya kepada manusia saja, tetapi kelinci juga harus mendapatkan kasih sayang.

Hal ini bisa anda lakukan kepada kelinci yang anda pelihara. Memberikan kasih sayang kepada kelinci berguna agar si kelinci terhindar dari gangguan stres, dan bisa meningkatkan metabolisme si kelinci yang diberi kasih sayang.

Cara memberikan kasih sayang kepada kelinci yang anda rawat ialah dengan sering-sering mengelus bulu si kelinci tersebut dengan lembut.

Dan anda juga bisa membiarkan kelinci yang anda rawat untuk bermain dan berlari-lari di luar kandang. Agar si kelinci tersebut dapat bereksplorasi dengan lingkungan sekitarnya.

12.Kenali Sifat Alaminya

Cara merawat kelinci

pixabay.com

Kelinci memiliki sifat yang ingin tahu, cerdik dan penuh akal. Sehingga kelinci tersebut sangat menarik untuk diamati.

Di alam liar mereka sangat mahir untuk membebaskan diri dari masalah yang dihadapinya.

Dan hal ini pun harus anda terapkan kepada kelinci, yaitu anda dengan cara mengembangkan kebiasaan dan karakteristiknya yang berdasarkan lingkungan di mana mereka menemukan diri alami mereka.

13.Memberikan Waktu Luang di Luar Kandang.

Cara merawat kelinci

pixabay.com

Kelinci adalah hewan yang gemar berjalan-jalan.

Jadi anda perlu membawa kelinci anda keluar kandang, yaitu dengan membawanya ke halaman yang luas. Hal ini bertujuan agar kelinci dapat leluasa berlarian ke sana -ke mari dan melompat dengan riang.

Selain itu, hal ini juga dapat membuat si kelinci selalu tetap sehat, dan menghindarkannya dari kesetresan.

14.Memberikan Teman Bermain untuk Kelinci

Cara merawat kelinci

pixabay.com

Kelinci adalah hewan yang gemar bermain, oleh karena itu kita bisa mengajaknya untuk bermain.

Selain itu juga kelinci juga butuh teman bermain. Karena kelinci juga tidak suka hidup dengan menyendiri.

Oleh sebab itu, ketika kelinci tersebut merasa sendiri ketika ia sedang bermain, maka kelinci tersebut pun akan lesu dan tidak bergairah.

Maka dari itu,usahakan kita memberikan kelinci lain untuk menemani si kelinci tersebut. Maka kelinci itu pun akan senang dan semangat ketika ia sedang bermain.

15.Memberikan Mainan yang Banyak untuk Kelinci

Cara merawat kelinci

pixabay.com

Berilah mainan yang banyak dan sesuai dengan kelinci yang anda rawat. Karena semakin banyak mainan yang anda berikan kepada kelinci anda, maka akan semakin riang pula kelinci tersebut.

Jenis mainan yang banda berikan pun harus aman dan nyaman. Agar ketika kelinci tersebut menggigit mainan yang dimainkannya, maka ia tidak akan melukai bagian tubuhnya.

16.Menyediakan Tempat Untuk Berolahraga

Cara merawat kelinci

pixabay.com

Kelinci yang anda rawat juga harus rajin berolahraga, gunanya ialah untuk menghilangkan rasa lesu si kelinci dan membuatnya selalu tetap sehat dan semangat.

Cara membuatnya berolahraga ialah dengan cara membiarkan kelinci untuk bermain di luar kandang selama sekitar 6-8 jam. Hal ini dilakukan agar kelinci tersebut selalu berlarian dan berlompat-lompatan.

Lakukan cara ini selama setiap harinya, dan pastikan kamu selalu mengawasinya. Agar kelinci selalu aman dari ancaman predator yang selalu mengincarnya.

17.Memegang Kelinci dengan Baik dan Benar

Cara merawat kelinci

pixabay.com

Ketika anda sedang memegang kelinci, usahakan anda memegangnya dengan baik dan benar. Karena, jika anda memegang kelinci tersebut dengan salah, maka bisa dipastikan kelinci tersebut akan berontak dan berusaha untuk melepaskan diri.

Hal ini diakibatkan karena kelinci tersebut tidak nyaman dengan tangan kita. Maka dari itu kita harus memegang kelinci dengan baik dan benar, agar kelinci tersebut selalu tenang dan tidak berontak.

Cara memegangnya yaitu dengan cara memegang kelinci tersebut dengan lembut dan sanggahlah punggung dan bagian belakang kelinci tersebut. Dan kelinci pun akan selalu tenang di dekapan anda.

18.Menyisir atau Mnyikat Bulu Kelinci Agar Tetap Bersih dan Halus

Cara merawat kelinci

m.qubicle.id

Rajinlah menyisir atau menyikat bulu kelinci anda dengan baik.

Hal ini dilakukan agar bulu si kelinci selalu terlihat rapi dan bersih setiap harinya.

Yang terpenting ialah dengan mengikatnya secara lembut dan tidak boleh terlalu kasar. Karena jika kita menyisir atau menyikatnya terlalu kasar, maka si kelinci pun akan berontak dan menjauh. Sebab hal itu dapat menyakiti dirinya.

Jika anda memiliki lebih dari dua kelinci, maka anda tidak perlu khawatir untuk membersihkan bulu kelinci tersebut. Karena kelinci juga bisa saling membersihkan bulunya satu sama lain.

19.Rajin Memotong Kuku Kelinci

Cara merawat kelinci

id.aliexpress.com

Kelinci yang anda pelihara juga harus rajin dipotong kukunya. Karena kelinci juga bisa mencakar apabila anda membuatnya menjadi stress.

Dan untuk mencegah hal itu anda bisa memotong kuku si kelinci sekitar 2 bulan sekali, tergantung lokasi dan aktivitas kelinci tersebut.

20.Tidak Memandikan Kelinci Sesering Mungkin

Cara merawat kelinci

pasberita.com

Jika anda memandikan kelinci sesering mungkin, maka itu salah. Karena jika anda terlalu sering memandikan kelinci kesayangan anda, maka bulu kelinci tersebut akan mudah rontok dan rusak.

Maka dari itu anda cukup menyikat bulunya saja secara rutin, agar bulu si kelinci menjadi bersih dan alus.

Anda juga bisa memandikan kelinci kesayangan anda, tetapi jangan terlalu sering. Karena kelinci yang boleh dimandikan ini sekitar berumur 6 bulan. Dan cara memandikannya pun dengan menggunakan air hangat, agar bulu si kelinci tidak mudah rontok dan lembut.

21.Menjaga Kelinci dari Bahaya yang Mengancam

Cara merawat kelinci

pixabay.com

Usahakan anda untuk selalu mengawasi kelinci peliharaan anda, karena kita tidak tahu bahwa bahaya bisa datang tiba-tiba.

Caranya yaitu, ketika anda sedang melepaskan kelinci di luar kandang, kita harus selalu setiap saat mengawasi kelinci tersebut. Karena predator luar bisa membidik kelinci yang anda yang sedang bermain dari kejauhan.

Maka dari itu, anda harus selalu telaten dalam mengawasi kelinci anda, pada saat kelinci tersebut sedang bermain di luar kandang.

22.Selalu Perhatikan Kesehatan Kelinci

Cara merawat kelinci

pixabay.com

Selalu perhatikan kesehatan kelinci yang anda rawat. Hal ini sangat penting, karena jika kita telat mengobati kelinci yang terkena sakit tiba-tiba, maka hal tersebut akan berakibat sangat fatal.

Untuk menghindarkan kelinci dari sesuatu yang tidak diinginkan, maka kita harus rajin membawa kelinci kesayangan anda ke dokter hewan yang ada di sekitar anda.

Setidaknya anda memeriksakan kelinci kesayangan anda paling tidak selama 1 tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kelinci anda selalu sehat dan terbebas dari penyakit.

Karena lebih baik kita mencegah dari pada mengobati.

23.Luangkan Waktu Pribadi Bersama Kelinci Anda

Kelinci, Palm, Tangan, Lucu, Kecil

Meluangkan waktu bersama kelinci anda adalah hal yang sangat penting. Karena hal ini dapat membuat si kelinci menyesuaikan diri dan bisa menumbuhkan rasa nyaman terhadap anda pribadi maupun orang di sekitar anda.

Caranya taruhlah kelinci anda di ruangan yang tenang dan tertutup, sesudah itu berikan suguhan untuk si kelinci.

Cara ini bisa anda lakukan setiap hari, sampai si kelinci merasa nyaman di dekat anda.

24.Biarkan Kelinci Menghampiri Anda

Cara merawat kelinci

www.amazine.co

Jika kelinci tidak mau dipegang oleh anda dan selalu menolak untuk dipegang, maka hal itu wajar. Karena kelinci pasti belum merasa nyaman dan belum beradaptasi di tempat barunya.

Cara agar kelinci tersebut bisa jinak kepada anda, yaitu dengan cara membuka pintu kandang kelinci tersebut. Jika pintu kandang sudah di buka, maka biarkan kelinci tersebut keluar dari pintu dan mendatangi anda.

Dan biarkan kelinci tersebut selalu dekat di sekitar anda. Hal ini dilakukan agar kelinci tersebut dapat bereksplorasi dengan lingkungan barunya.

25.Amati Bahasa Tubuh Si Kelinci

Cara merawat kelinci

kumeokmemehdipacok.com

Mengamati bahasa tubuh kelinci adalah cara merawat kelinci yang berikutnya.

Jika suara kelinci bisa mengungkapkan banyak hal tentang perasaan dan suasana hatinya, begitu juga dengan postur dan bahasa tubuh si kelinci yang anda rawat.

Mempelajari perbedaan antara kelinci yang sedang mengalami kesepian atau tidak, itu bisa anda lihat dengan melihat beberapa gerakan postur tubuhnya.

Maka dari itu pelajarilah cara mengamati bahasa tubuh si kelinci kesayangan anda. Agar ketika anda sudah tahu, anda tidak perlu bingung lagi ketika melihat gerakan postur si kelinci tersebut.

26.Jangan Mendesak Si Kelinci

Cara merawat kelinci

putrarabbitfarm.com

Anda tidak boleh mendesak si kelinci yang kita rawat. Karena jika anda mendesak kelinci tersebut, maka kelinci itu akan menjadi takut dan liar. Bahkan kelinci tersebut bisa mengalami stress dan trauma yang berkepanjangan.

Hal ini bisa menyebabkan si kelinci akan takut ketika melihat anda.

Oleh karena itu, anda harus merawat kelinci dengan cara yang lembut. Karena dengan cara ini, kelinci kesayangan anda pun akan selalu tenang ketika di dekat anda.

27.Cobalah Meniru Gerakan Kelinci

Cara merawat kelinci

pa2u5fairuzzalfa.com

Cara yang dilakukan berikutnya adalah dengan meniru gerakan si kelinci yang anda rawat.

Hal ini bisa anda lakukan di rumah, yaitu dengan cara berpura-pura membasuh muka dan kepala di depan kelinci tersebut. Karena dengan cara anda menirukan gerakan kelinci tersebut, maka si kelinci pun akan menjadi tenang dan nyaman di dekat anda.

28.Beradaptasilah dengan Kelinci Anda

Cara merawat kelinci

www.jitunews.com

Anda juga harus beradaptasi dengan kelinci yang anda rawat. Karena dengan beradaptasi, anda bisa memahami sifat dari kelinci tersebut.

Dan dari beradaptasi ini juga anda dapat menjalin hubungan yang erat dengan kelinci kesayangan anda tersebut.

Maka dari itu, anda harus rajin beradaptasi dengan kelinci peliharaan anda pada saat waktu matahari terbit dan terbenam. Karena waktu tersebut adalah waktu yang paling aktif untuk si kelinci beraktifitas.

29.Merawat Sesuai Umur Kelinci

Cara merawat kelinci

www.emosianisme.net

Kita harus merawat kelinci sesuai dengan umurnya. Hal ini dilakukan agar si kelinci tersebut dapat hidup dengan terpenuhi, sesuai dengan umur si kelinci tersebut.

Dan anda pun tidak boleh membeli kelinci anakan, yang umurnya masih di bawah umur 2 bulan. karena kekebalan tubuh kelinci tersebut masih sangat rentan, dan dapat dikhawatirkan klinci tersebut mudah terserang penyakit dan mati.

Kelinci yang memiliki umur 3 bulan juga sangat rawan ketika dibawa pergi jauh melewati kurang lebih 100 km perjalanan.

30.Memberikan Tali Kalung yang Aman

Cara merawat kelinci

id.aliexpress.com

Anda juga bisa memberikan tali kalung kepada kelinci anda. Hal ini sangat berguna ketika anda membawa si kelinci jalan-jalan keluar kandang.

Karena dengan memakaikan tali kalung kepada kelinci kita, maka si kelinci pun tidak akan bisa lari jauh dari kita. Dan kelinci tersebut akan selalu tetap aman di sekitar kita.

31.Catatlah Perilaku Kelinci di Sekitar Anda

Cara merawat kelinci

dom-krolika.ru

Catatlah perilaku kelinci yang anda rawat, dengan selalu memperhatikan sikap si kelinci anda selama setiap harinya.

Dengan rajin mencatat perilaku si kelinci, maka anda akan tahu perkembangan sifat si kelinci yang anda rawat tersebut.

32.Rutin Membaca Tips atau Panduan Cara Merawat Kelinci

Cara merawat kelinci

pulaukelinci.com

Dan cara yang terakhir adalah dengan membaca panduan/tips cara merawat kelinci yang baik dan benar secara rutin.

Hal ini dilakukan, agar bagi anda yang pemula tidak kebingungan ketika baru pertama kali merawat kelinci di rumah anda.

Nah, itulah beberapa cara merawat kelinci yang baik dan benar. Dan Semoga cara tersebut dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Dan kita pun bisa menerapkan cara tersebut di rumah, khususnya bagi anda yang pemula.

Leave a Reply