cara merawat hamster

11+ Cara Merawat Hamster yang Baik dan Benar (Lengkap)

Cara Merawat Hamster – Hamster adalah sejenis hewan pengerat yang hampir mirip dengan tikus. Hewan hamster ini memiliki berbagai macam jenis yang hampir ada di setiap negara.

Hamster ini adalah hewan yang sangat mudah sekali untuk dipelihara, karena hamster ini memiliki tubuh yang mungil dan kecil. Sehingga ketika kita merawat hamster ini, kita tidak perlu menyiapkan kandang yang terlalu besar untuknya.

Hamster ini memiliki 18 jenis spesies di dunia, yang dibagi ke dalam 6 genus. Dan dari 18 jenis hamster, ada beberpa hamster yang sangat populer dan terkenal di dunia. Contohnya seperti hamster syrian, hamster campbell, hamster hybrid dan lain-lain.

Habitat Asli Hamster

cara merawat hamster

www.deviantart.com

Hamster memiliki habitat beberapa daerah di belahan dunia. Dan tempat habitat hamster adalah di alam bebas, yaitu tempat yang jarang di datangi oleh manusia dan hewan buas yang mengancam dirinya.

Dan di bawah ini adalah beberapa jenis daerah yang sering menjadi tempat tinggal dari hewan hamster ini. Antara lain;

  • Perbatasan padang pasir.
  • Padang rumput yang luas.
  • Sungai yang berada di lembah.
  • Dataran rendah yang berbatu dan ditumbuhi semak-semak.
  • Daerah bukit pasir.
  • Serta di daerah bukit di kaki gunung.

Dan habitat dari hamster tersebut sering ditemui di bebarapa tempat di belahan dunia. Yaitu di wilayah utara, hamster ini hidup dari daratan Eropa Tengah sampai ke Siberia. Sedangkan di wilayah selatan hamster ini hidup dari daratan Suriah hingga Pakistan.

Karakteristik dari Hamster

cara merawat hamster

www.licg.nl

Hamster adalah hewan yang memiliki karakteristik yang sangat lucu dan imut. Dan karakteristik dari hamster inilah yang menjadi salah satu alasan hamster dipelihara oleh banyak orang. Dan karakteristik dari hamster ini ialah sebagai berikut:

  • Memiliki badan yang gemuk.
  • Mempunyai ekor yang pendek di banding dari panjang tubuhnya.
  • Memiliki rambut yang tebal dan panjang.
  • Mempunyai kaki yang lebar, pendk dan gemuk.
  • Memiliki telinga yang ditumbuhi rambut.
  • Ukuran hamster dwasa rata-rata kurang lebih sekitar 32 cm.
  • Dan rambut dari hamster tersebut mempunyai berbagai macam warna, tergantung dari spesiesnya.

Cara Merawat Hamster yang Baik

cara merawat hamster

www.selecoes.com.br

Cara merawat hamster yang baik ialah merawatnya dengan menjaga dan memperhatikannya dari segala macam penyakit dan marabahaya seperti layaknya cara merawat kelinci yang sudah dibahas di artikel sebelumnya.

Maka dari itu kita harus merawat hamster kesayangan kita dengan ulet dan telaten. Hal ini agar hamster tersebut selalu hidup dengan sehat dan selalu terhindar dari berbagai macam bahaya yang mengancam.

Dan dalam merawat hamster ini, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan baik dan benar. Yaitu sebagai berikut:

1. Menyiapkan Kandang

cara merawat hamster

vegaadi123.com

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam merawat hamster ialah dengan menyiapkan kandang untuknya.

Anda dapat memberikan kandang untuk hamster dengan menyesuaikan jenis dan jumlah dari hamster itu sendiri. Hal ini dilakukan agar si hamster menjadi nyaman ketika di tempatkan di dalam kandang tersebut.

Dan yang anda perhatikan adalah memberikan perlengkapan aksesoris di dalam kandang hamster tersebut. Yaitu dengan memberikan sebuah sebuah aksesoris seperti berikut:

  • Memberikan roda putar untuk olahraga.
  • Menambahkan kotak kecil untuk tempat bersembunyi.
  • Memberikan mainan gigit yang fungsinya untuk mempercepat pertumbuhan gigi hamster dan lain-lain.

2. Rutin Membersihkan Kandang

cara merawat hamster

ru.aliexpree.com

Cara merawat hamster yang berikutnya adalah membersihkan kandang hamster yang kita rawat.

Dalam hal ini, ketelatenan adalah pokok penting dalam membersihkan kandang hamster ini. Karena jika kita kita tidak rutin membersihkan kandang hamster, maka bisa dipastikan hamster tersebut akan rentan terkena penyakit.

Hal ini diakibatkan karena kandang hamster yang kotor tersebut menjadi tempat berkembang dari virus dan bakteri.

Maka dari itu, kita harus rajin membersihkan kandang hamster tersebut selama 1 minggu sekali. Dan jangan lupa keringkan kandang hamster tersebut sampai benar-benar bersih. Selain itu juga, kita harus mengganti serbuk kayu yang ada di dalam kandang selama kurang lebih 2 minggu sekali. Hal ini dilakukan agar kandang hamster tersebut tidak menjadi lembab.

3. Menjaga Suhu Kandang

cara merawat hamster

satujam.com

Selain Membersihkan kandang hamster. kita juga harus menjaga suhu kandang hamster tersebut.

Tujuan dari penjagaan suhu ini ialah untuk memberikan kenyamanan si hamster ketika berada di dalam kandang tersebut. Karena jika suhu di dalam kandang hamster tersebut tidak sesuai dengan kriteria si hamster. Maka si hamster itu pun pasti tidak akan merasa nyaman ketika berada di dalam kandang tersebut.

Oleh sebab itu, kita harus selalu menjaga suhu pada kandang hamster tersebut, agar si hamster itu puin selalu tetap tenang dan nyaman di dalam kandang. Dan untuk suhu yang pas pada kandang hamster tersebut, anda bisa memberikan suhu kurang lebih 20 – 26 derajat celcius. Karena suhu ini adalah suhu yang normal untuk si hamster tersebut.

4. Berikan Aksesoris di Dalam Kandang

cara merawat hamster

www.kaskus.co.id

Dalam merawat hamster, anda bisa memberikan perlengkapan aksesoris di dalam kandang hamster kesayangan anda. Dan di bawah ini adalah beberapa aksesoris untuk kandang hamster anda, yaitu sebagai berikut:

  • Roda berputar tempat olahraga.
  • Mainan untuk digigit yang aman dan nyaman.
  • Rumah-rumahan untuk tempat bermaian si hamster.
  • Tempat tidur untuk hamster.
  • Dan kotak untuk hamster bersembunyi.

Dari aksesoris di atas, pemberian aksesoris yang penting untuk hamster anda adalah mainan roda berputar. Hal ini karena roda berputar ini dapat membantu si hamster agar selalu sehat. Cara ia memainkannya ialah dengan berjalan terus-menerus di roda putar tersebut.

Jika permainan roda putar tidak anda berikan, maka si hamster tersebut bisa terkena penyakit lumpuh. Hal ini karena hamster tersebut akan sering berdiam diri, padahal si hamster itu pun butuh berjalan bermil-mil seperti di habitat aslinya.

5. Memberikan Makanan yang Baik

hamster

www.terra-vadigran.com

Makanan yang baik untuk hamster adalah makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh hamster kesayangan anda.

Dalam memberi makan hamster, yang harus anda lakukan ialah memberikan makanan pokok untuk hamster tersebut yang berupa biji-bijian. Contohnya makanannya ialah seperti jagung kering, biji bunga matahari dan lain-lain.

Selain itu juga anda dapat memberikan makanan tambahan untuk si hamster. Yaitu seperti sayuran dan buah-buahan. Tetapi pemberian makanan tambahan ini jangan terlalu sering untuk diberikan. Karena makanan tambahan ini jika terlalu sering diberikan, maka makanan tersebut akan menghambat pencernaan si hamster tersebut.

6. Tidak Menaburkan Makanan di Kandang

cara merawat hamster

evobig.com

Dalam merawat hamster, hal yang harus anda hindari ialah tidak menaburkan makanan di dalam kandang hamster anda. Hal ini karena hamster lebih mudah kotor bau dan dapat mengundang berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Maka dari itu, anda harus memberikan makanan untuk hamster di dalam wadah yang sudah disiapkan khusus untuk di dalam kandang.

7. Memberikan Tambahan Vitamin

cara merawat hamster

standard.co.uk

Selain memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk hamster kesayangan, anda juga bisa memberikan tambahan vitamin yang sesuai dengan hamster tersebut.

Layaknya seperti cara merawat ayam yang dijelaskan di artikel sebelumnya, pemberian vitamin pada hamster ini juga sangatlah penting. Hal ini karena pemberian vitamin ini bertujuan untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh si hamster.

Dan anda dapat mendapatkan vitamin khusus untuk hamster kesayangan, yaitu dengan membelinya di toko hewan terdekat.

8. Memegangnya dengan Benar

cara merawat hamster

satujam.com

Dalam memegang hamster, hal yang harus anda hindari ialah memegang hamster tersebut sambil berdiri. Hal ini dapat menyebabkan si hamster menjadi ketakutan dan strees. Hal tersebut di sebabkan karena hamster adalah hewan yang takut dengan ketinggian.

Oleh sebab itu, anda bisa memegang hamster kesayangan dengan cara duduk atau dalam keadaan senyaman mungkin. Dan sebelum memegang hamster, usahakan anda mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu. Hal ini karena hamster memiliki penciuman yang sensitif terhadap bau yang asing baginya.

9. Memberikan Minuman yang Cukup

cara merawat hamster

mariayesse.com

Selain memberikan makanan pada hamster, kita juga wajib memberikan minuman yang selalu terpenuhi. Hal ini karena hamster juga adalah hewan yang membutuhkan air untuk memenuhi cairan yang ada di dalam tubuhnya.

Sebab, jika hamster tersebut tidak di beri minum air, maka pencernaan pada tubuh hamster pun akan terganggu dan hal ini pun dapat menyebabkan hamster menjadi sakit.

Kita bisa memberikan minuman hamster dengan cara membuatkan wadah khusus yang sudah didisain sedemikian rupa. Hal ini agar si hamster tidak kesulitan ketika ia sedang minum.

10. Mengajaknya Bermain dan Berinteraksi

cara merawat hamster

www.omlet.co.uk

Dalam memelihara hamster, hal yang haru anda lakukan adalah mengajak hamster tersebut untuk bermain dan berinteraksi. Caranya ialah dengan memijat dan mengelus hamster tersebut.

Dan untuk tempat bermain si hamster, anda bisa memberikan sebuah roda putar atau pun mainan yang bisa digigit oleh hamster tersebut. Dan dalam memberikan mainan yang bisa digigit oleh hamster, anda bisa memberikan mainan yang aman dan nyaman untuk digigit.

11. Tidak Memandikan Hamster Langsung ke Air

cara merawat hamster

share.youthwant.com.tw

Memandikan hamster adalah cara merawat hamster yang berikutnya.

Cara ini hampir sama dengan cara merawat kucing yang dibahas di artikel sebelumnya. Karena dalam memandikan hamster, kita tidak boleh langsung mengguyur hamster tersebut dengan air. Hal ini karena hamster tersebut habitat aslinya ialah di tempat yang jarang ditemukan air, salah satu contohnya ialah di gurun.

Jadi, jika anda memandikan hamster tersebut langsung diguyur dengan air, maka bisa-bisa hamster tersebut bisa terkena penyakit pneumonia.

Penyakit pneumonia adalah semacam penyakit peradangan yang menyerang salah satu bagian organ tubuh, yaitu paru-paru. Dan biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi yang dapat menyebabkan paru-paru si hamster tersebut menjadi bengkak dan dipenuhi dengan cairan.

Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, anda pun bisa memandikan hamster anda dengan air yang sedikit. Selain itu anda bisa menyikat dan mengusap bulu hamster anda dengan perlahan-lahan. Dan untuk lebih amannya anda bisa menggunakan pasir wangi.

12. Selalu Menjaga Keamanan Hamster Anda

cara merawat hamster

arenahewan.com

Cara merawat hamster yang terakhir ialah menjaga keamanan hamster anda dari marabahaya yang mengancam kelangsungan hidup si hamster.

Dalam hal ini anda dapat menjauhkan hamster anda dari binatang buas yang dapat memangsa si hamster anda. Contohnya seperti kucing, anjing, musang dan sebagainya.

Selain itu juga, hal yang harus diperhatikan dalam merawat hamster ini adalah hal yang menarik dari jangkauan anak-anak. Karena jika hamster tersebut sampai dapat diakses oleh anak-anak, maka bisa-bisa hamster yang dipencet atau dibanting oleh mereka. Hal ini karena mereka belum terlalu cepat tentang menyayangi hewan.

Anda bisa memberikannya dengan anak-anak, tetapi Anda harus selalu membantu mereka agar hamster tidak bisa-mengapa.

Dan itulah beberapa cara tentang merawat hamster yang bisa saya tuliskan. Dan semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk anda, dan anda pun bisa mempraktekkan cara di atas di tempat anda.

Terimakasih, sekian dari saya dan selamat mencoba.

Leave a Reply