ayam bangkok super

Cara Merawat Ayam Bangkok Supaya Tetap Sehat dan Prima [Lengkap]

Cara Merawat Ayam Bangkok – Ayam bangkok adalah ayam salah satu ayam yang paling populer di kalangan para penghobi ayam hias di Indonesia. Ayam bangkok sendiri adalah jenis ayam petarung yang berasal dari Negeri Gajah Putih yaitu Thailand.

Perlu anda ketahui bahwa lambang dari Negara Thailand adalah ayam. Jadi tidak heran, apabila Negara Thailand sendiri adalah penghasil ayam laga paling besar di Asia Tenggara.

Dan di Indonesia sendiri, ayam bangkok sudah lama tumbuh dan berkembang secara luas. Hal ini disebabkan karena banyaknya para penghobi ayam laga yang membeli ayam bangkok ini yang diimpor langsung dari Thailand. Selain itu, meningkatnya para penghobi ayam laga ini juga menjadi faktor berkembangnya ayam bangkok di indonesia.

Selain dijadikan untuk ayam laga, ayam bangkok ini juga banyak dijadikan lahan bisnis yang lumayan menggiurkan, yaitu dengan cara diternakkan. Dan saat ini, peternakan ayam bangkok di Indonesia sudah berkembang dengan pesat hampir di setiap daerahnya. Jadi, ayam bangkok sendiri semakin tahun semakin berkembang di Indonesia.

Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

cara merawat ayam bangkok, ayam bangkok juara, ayam bangkok wiring galih

Cara merawat ayam bangkok sebenarnya tidaklah rumit dan sulit, apabila kita merawatnya dengan telaten dan ulet. Yang membuat kita kesulitan dalam merawat ayam bangkok adalah malas dan tidak telaten. Hal tersebut adalah faktor yang paling sering terjadi oleh para penghobi ayam.

Sebab hal itulah yang membuat kita menjadi tidak sabaran dan terkadang enggan untuk merawat ayam bangkok apabila ayam tersebut tidak sepenuhnya bertarung dengan maksimal. Hal tersebut biasanya terjadi karena beberapa faktor, yaitu kondisi ayam kurang prima, ayam loyo, tidak bertenaga dan tidak bergairah pada saat sedang berlaga.

Faktor-faktor tersebutlah yang biasanya yang membuat ayam bangkok menjadi tidak maksimal ketika sedang berlaga. Selain itu juga, faktor ini juga yang paling sering membuat ayam kalah dalam bertanding. Dan untuk mengatasi hal tersebut, di bawah ini saya akan menuntun anda bagaimana cara merawat ayam bangkok yang baik dan benar agar menjadi ayam juara.

1. Membersihkan Kandang

cara merawat ayam bangkok, kandang ayam bangkok, ternak ayam bangkok

rumahxy.com

Membersihkan kandang ayam bangkok aduan sangatlah penting. Selain untuk menghindarkan ayam dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, pembersihan kandang ini juga dapat membuat kandang menjadi tetap terjaga dan selalu bersih.

Anda dapat membersihkan kandang ayam bangkok kesayangan anda secara rutin minimal 1 minggu sekali dan paling baik setiap hari. Pembersihan kandang ayam bangkok ini dimulai dari bagian dalam kandang, lalu dilanjutkan dengan membersihkan bagian bawah kandang.

Apabila kandang memiliki alas, maka alas kandang tersebut harus dibersihkan apabila alas tersebut terbuat dari seng. Dan jika alas kandang terbuat dari papan atau triplek, maka gantilah alas papan atau triplek tersebut secara berkala.

Tujuan Pembersihan dan penggantian alas papan atau triplek ini ialah untuk mencegah terjadinya kelembapan dan penumbuhan jamur pada lantai tersebut. Setelah bagian-bagian yang sudah dijelaskan tadi dibersihkan, maka yang harus dibersihkan selanjutnya ialah bagian dinding dan atap kandang

Setelah kandang ayam sudah bersih, anda bisa menyemprotkan kandang ayam dengan menggunakan vaksinasi untuk mencegah perkembangbiakan virus dan bakteri. Anda dapat menyemprotkan vaksinasi selama sebulan sekali atau seminggu sekali.

2. Memandikan Ayam

cara merawat ayam bangkok, cara memandikan ayam bangkok

Ayam bangkok semestinya harus memiliki penampilan yang oke. Tidak hanya penampilan tubuh yang tegap dan bulu yang indah, tetapi penampilan tubuh juga harus bersih dan segar. Untuk mendapatkan tubuh yang bersih dan segar, ayam bangkok haruslah dimandikan setidaknya seminggu sekali.

Dan untuk memandikan ayam bangkok, waktu yang paling tepat adalah sekitar pukul 07:30-08:00. Waktu tersebut adalah waktu yang paling pas dalam memandikan ayam bangkok. Karena waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan vitamin D yang sangat baik untuk bulu ayam.

Cara memandikan ayam yang baik dan benar haruslah menggunakan air yang bersih. Dan perlu diketahui, janganlah sekali-kali memandikan ayam dengan menggunakan air hangat, khususnya ayam yang sedang mabung. Sebab air hangat sendiri dapat merusak jaringan tubuh dan pertumbuhan bulu si ayam tersebut.

Setelah air bersih dan peralatan mandinya siap, maka selanjutnya anda bisa langsung memandikan ayam bangkok kesayangan anda, yaitu dengan cara seperti berikut:

Cara Memandikan Ayam Bangkok yang Baik dan Banar
  • Cara yang pertama adalah mengapit ayam dengan menggunakan kedua kaki pada posisi membelakangi anda.
  • Tundukan kepala ayam lalu basuh kepala ayam tersebut dengan busa yang sudah dibasahi dengan air bersih.
  • Masih dalam posisi menunduk, leher ayam lalu dipegang dengan tangan kiri, lalu tangan kanan mengguyurkan air ke leher ayam hingga mengenai bagian tengkuk sampai ke pangkal sayap secara perlahan-lahan.
  • Setelah itu, leher dibasuh dengan busa kering supaya tidak terlalu banyak kandungan air pada bulu ayam tersebut.
  • Kemudian bagian dada dibasuh dengan busa hingga ke bawah sampai ke bagian berutu ayam tersebut.
  • Selanjutnya basuh dengan busa bagian sayap sampai ke ketiak ayam. Dan basuh juga bagian paha serta kaki ayam sampai benar-benar bersih.
  • Bagian punggung ayam tidak perlu dibersihkan atau dimandikan. Sebab, jika bulu punggung ayam sering terkena air, maka bulu ayam tersebut justru akan mudah rusak. Sehingga bulu ayam tersebut dapat menjadi kusut dan mudah patah.
  • Dan Bagian yang terakhir kali dibersihkan adalah bagian brutu (dubur ayam). Bersihkan bagian brutu ayam ini dengan menggunakan busa hingga kotoran yang menempel di brutu ayam tersebut benar-benar hilang dan bersih.

3. Melakukan Penjemuran

cara merawat ayam bangkok muda, cara merawat ayam bangkok, penjemuran pada ayam bangkok, cara menjemur ayam bangkok

Penjemuran adalah cara merawat ayam bangkok yang berikutnya. Tahap penjemuran ini biasanya dilakukan ketika ayam bangkok kesayangan anda sudah selesai dimandikan atau sudah selesai direnang terlebih dahulu.

Waktu penjemuran ayam bangkok sendiri harus benar-benar diperhatikan. Karena apabila waktu penjemurannya salah, maka ayam bangkok kesayangan anda pun bisa mengalami suatu masalah yang dapat mempengaruhi kesehatan ayam itu sendiri.

Dan waktu penjemuran ayam bangkok yang pas ialah sekitar jam 07:30-08:30 pagi. Waktu tersebut adalah waktui yang tepat untuk menjemur ayam bangko kesayangan anda. Karena pada waktu tersebut, ayam bangkok yang dijemur akan mendapatkan vitamin D dan vitamin lainnya.

Selain itu, waktu penjemuran ayam bangkok ini juga tidak akan membuat ayam bangkok yang dijemur sampai dehidrasi. Karena waktu tersebut adalah waktu yang masih segar dan bugar, sebab waktu tersebut adalah waktu masih pagi di mana suhu pada waktu ini pun tidak terlalu panas.

Hal yang penjemuran ayam bangkok adalah menjemurnya di atas jam 10:30. Karena suhu pada waktu ini sudah mulai panas dan dapat membuat ayam menjadi dehidrasi (kekurangan cairan). Jadi, hindarilah penjemuran ayam di atas jam yang telah di tentukan tadi. Karena selain dapat membuat menjadi dehidrasi, ayam juga akan menjadi pucat. Dan hal semacam inilah yang dapat merugikan anda sendiri.

4. Melatih Fisik Ayam Bangkok

cara merawat ayam bangkok, cara melatih fisik ayam bangkok

wartawirausaha.com

Cara merawat ayam bangkok yang selanjutnya adalah melatih fisik ayam. Melatih fisik ayam bangkok pada umumnya sangatlah penting. Sebab, apabila kita rajin melatih fisik ayam bangkok, maka otot dan badan pada ayam bangkok tersebut akan cepat jadi dan ayam pun akan terlihat gagah perkasa.

Dalam melatih fisik ayam bangkok, hal yang harus diperhatikan adalah taca cara dan waktu yang pas untuk memisik ayam bangkok tersebut. Karena jika ayam bangkok difisik dengan asal-asalan dan waktnya pun tidak tepat, maka ayam tersebut bisa ngedrop mendadak dan berujung pada kefatalan.

Dan untuk melatih fisik ayam yang baik dan benar agar otot dan badan ayam jadi. Sehingga fisik ayam menjadi kuat dan dapat bertarung dengan maksimal, maka di bawah ini adalah cara memisik ayam bangkok aduan yang baik dan benar serta sudah diterapkan oleh para botoh-botoh senior. Antara lain sebagai berikut:

a. Dengan Cara Direnang

cara merawat ayam bangkok, cara merenangkan ayam bangkok, latihan renang pada ayam bangkok

Latihan fisik ayam yang pertama adalah dengan merengankannya. Latihan ini termasuk latihan yang paling baik dalam memisik ayam bangkok kesayangan anda. Dan latihan renang ini juga merupakan latihan yang paling menguras tenaga ayam bangkok kesayangan anda tersebut.

Akan tetapi, di balik lelahnya latihan ini, ternyata tersimpan berbagai macam manfaat yang sangat baik fisik ayam bangkok anda. Hal tersebut bisa ada karena latihan renang bisa membuat seluruh otot yang ada di tubuh ayam menjadi terbentuk dan tubuh ayam pun menjadi kuat. selain itu juga, nafas ayam akan menjadi lebih panjang pada saat ia sedang berlaga.

Waktu yang pas untuk merenangkan ayam ialah pada waktu di siang hari pada saat cuaca panas ketika matahari bersinar terik. Dan janganlah sesekali merenangkan ayam bangkok anda pada saat mendung atau pun sedang hujan. Karena apabila ayam bangkok anda renangkan pada saat waktu tersebut, maka kemungkinan besar ayam anda akan kedinginan dan bisa mengalami hipotermia yang berakibat fatal.

Cara merenangkan ayam yang baik ialah dengan cara memasukkan ayam tersebut ke dalam air secara perlahan-lahan. Lalu peganglah pangkal ekor ayam tersebut dan biarakan kaki ayam tersebut bergerak-gerak di dalam air.

Untuk ayam bangkok pemula, anda bisa merenankan ayam bangkok tersebut selama 5 menit. Dan untuk ayam bangkok yang sudah terbiasa, anda bisa merenangkannya selama 10-15 menit. Ingat, ayam jangan direnangkan selama lebih dari 15 menit. Karena hal tersebut dapat membuat ayam menjadi mati rasa dan keram di dalam air. Anda bisa melakukan latihan renang ini selama 1 minggu sekali.

b. Dengan Cara Kliter

cara merawat ayam bangkok, cara melatih fisik ayam bangkok, latihan kliter pada ayam bangkok

Salah satu latihan fisik yang biasanya dilakukan dalam merawat ayam bangkok adalah latihan kliter. Latihan kliter ini bertujuan untuk untuk melatih fisik ayam terutama di bagian otot kaki. Sehingga tidak heran ayam yang sering di kliter memiliki otot kaki yang bagus.

Porsi latihan kliter diberikan sesuai dengan kondisi si ayam. Waktu rata-rata latihan kliter ini berkisar antara 10-15 menitan. Dan ketika ayam sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan seperti mulut sudah terbuka, maka latihan ini bisa diakhiri.

Hal yang harus diperhatikan dalam latihan kliter ini adalah waktu pelaksanaan latihan ini. Dan waktu yang pas untuk melakukan latihan kliter ini ialah pada saat sore hari. Karena pada saat pagi hari, ayam lebih baik dimandikan dan dijemur. Dan setelah itu lalu diistirahatkan di dalam kandang umbaran.

Dan setelah kondisi ayam sudah cukup dan prima, barulah ayam tersebut di berikan latihan kliter pada saat sore harinya. Sebelum dilatih kliter, sebaiknya ayam bangkok tersebut dimandikan dengan dielap-elap kering terlebih dahulu, dan ketika selesai latihan ayam tersebut dimandikan dengan cara seperti yang sebelumnya. Lakukanlah latihan kliter ini setidaknya selama 2x dalam seminggu.

c. Dengan Cara Diayun

cara merawat ayam bangkok, cara melatih fisik ayam bangkok, melatih ayunan pada ayam bangkok

Cara memisik ayam bangkok yang berikutnya ialah dengan cara metode ayunan. Latihan ayunan ini bertujuan untuk membuat pukulan ayam menjadi lebih tepat dan akurat, serta berefek kepada lawannya. Selain itu, latihan ayunan ini juga dapat meningkatkan keseimbangan ayam dalam melancarkan pukulan serta dalam pendaratan pada saat ayam tersebut sedang berlaga.

Waktu yang tepat untuk melatih fisik ayam dengan menggunakan ayunan ialah pada saat sore atau malam hari. Karena pada saat itulah ayam sudah mulai mencari tengkrengan untuk tidur. Anda dapat melakukan latihan ayunan ini kepada ayam anda selama 15-20 menitan.

Perlu anda ketahui, efek dari latihan ayunan ini lumayan keras, karena otot kaki serta badan ayam pasti akan terbentuk. Jadi, semasa ayam sedang melakukan latihan ayunan, maka ayam tersebut jangan dulu di abar/geprak terlebih dahulu. Karena apabila hal itu dilakukan, bisa-bisa ayam mengalami turun urat. Dan untuk mengabar ayam, setidaknya dilakukan dengan jarak satu minggu setelah ayam melakukan latihan ayunan.

d. Dengan Cara Diabar

cara merawat ayam bangkok, latihan abar ayam bangkok, latihan abar yang baik pada ayam bangkok

Latihan abar adalah cara memisik ayam bangkok yang berikutnya. Latihan abar sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu abar dengan cara dibungkus paruhnya dan latihan abar dengan cara tidak dibungkus paruhnya.

Pada dasarnya, fungsi dari kedua jenis latihan abaran ini hampir sama. Karena fungsinya sama-sama meningkatkan stamina, menguatkan mental si ayam, meningkatkan daya tahan terhadap pukulan lawan dan dapat membentuk otot-otot baru pada ayam yang diabar tersebut.

Hanya saja, yang membuat berbeda ialah latihan dengan membungkus paruh ayam memiliki keunggulan yang lebih dari pada latihan tanpa bungkus paruh. Kelebihan latihan dengan bungkus paruh ialah dapat meningkatkan dan menambah teknik bertarung si ayam.

Hal tersebut bisa terjadi karena ayam yang dibungkus paruhnya pasti akan dipaksa bertarung dan memukul lawan dengan cara tanpa memegang atau pun mematuk lawannya, atau sering disebut dengan teknik peranggal (memukul lawan tanpa mematuk).

Selain itu, latihan abar ayam dengan menggunakan metode bungkus paruh dapat berguna untuk mengetahui kemampuan bertarung dan perkembangan ayam anda. Karena yang dilihat dalam metode ini ialah apakah ayam tersebut sudah pas atau belum setelannya, baik dari berat, fisik, stamina , mental, nafas, daya gempur dan teknik bertarungnya.

e. Dengan Cara Difisik Menggunakan Tangan

cara merawat ayam bangkok, cara melatih fisik ayam bangkok, cara memisik ayam bangkok, memisik ayam bangkok dengan menggunakan tangan

www.ayambangkok.web.id

Cara memisik ayam yang terakhir adalah dengan cara difisik menggunakan tangan. Memisik menggunakan tangan pada dasarnya terbagi menjadi 6 jenis latihan, yaitu latihan badan, kaki, sayap, push up, dongkrak dan geprak.

Semua jenis latihan ayam tersebut memiliki berbagai macam fungsi yang mengarah pada fisik dan pola teknik ayam. Dan waktu yang pas untuk melatih fisik ayam dengan menggunakan tangan ialah pada waktu di pagi hari. Karena waktu tersebut adalah waktu di mana ayam masih segar-segarnya dan tenaga ayam pun masih full.

Anda bisa memisik ayam tersebut dengan cara bertahap. Dan masing-masing durasi dari 6 jenis latihan ayam tersebut ialah sekitar kurang lebih 5 menitan. Bila ayam sudah kewalan, maka akhirilah latihan fisik tersebut. Karena jika latihan tersebut dilanjutkan, bisa-bisa ayam anda akan ngendrop mendadak dan akhirnya akan berpengaruh pada kesehatan ayam.

Jadi, dalam memisik ayam dengan menggunakan tangan, maka fisiklah ayam tersebut dengan cara bertahap dan teratur sesuai dengan kondisi si ayam. Dan lebih baiknya lagi ayam yang difisik dalam keadaan sehat dan prima.

5. Pemberian Pakan

cara merawat ayam bangkok, pakan ayam bangkok aduan

www.ayambangkok.web.id

Pemberian pakan pada ayam bangkok sangatlah penting. Sebab, pemberian pakan ayam ini harus diberikan dengan pola yang teratur dan disiplin. Sehingga apabila ayam melakukan latihan jajal abar, maka ayam pun tidak akan mengalami kekurangan gizi atau penyakit kuning.

Dalam pemberian makanan, takaran pada makanan ayam tersebut tidak perlu terlalu banyak diberikan hingga tembolok ayam menjadi sangat besar. Akan tetapi, pemberian pakan yang baik ialah diberikan sesuai dengan ukuran berat badan si ayamnya.

Dan untuk takarannya sendiri, anda bisa memberikan pakan ayam dengan perbandingan 15-20:1 sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya bila ayam memiliki berat badan 4kg, maka sekali makan ayam tersebut diberikan sebanyak 200-250g pakan sesuai dengan tingkat nafsu makan si ayam. Dan jangan lupa memberikan air minum untuk ayam yang anda rawat. Karena peran air minum sendiri sangat penting untuk ayam rawatan.

Dan untuk pemberian pakan ayam bangkok sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk jenis ayam tipe jalu dan jenis ayam tipe pukul. Dan dibawah ini adalah cara pemberian pakan ayam bangkok yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

a. Tipe Ayam Jalu

cara merawat ayam bangkok, pakan ayam bangkok, pakan ayam bangkok aduan

www.industry.co.id

Makanan utama pada ayam bangkok tipe jalu ialah makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Dan makanan pada ayam tipe ini tidak perlu diberikan terlalu banyak makanan yang mengandung unsur protein dan lemak.

Pemberian pakan karbohidrat ini bertujuan untuk membuat ayam menjadi lincah, enteng dalam meluncurkan pukulan serta menambah tenaga si ayam bangkok tersebut. Sedangkan kandungan lemak dan protein hanya akan membuat ayam mengalami peningkatan berat badan dan pembentukan otot yang tidak terlalu diperlukan oleh ayam tipe jalu ini.

Dan pakan ayam yang dapat anda berikan pada ayam bangkok tipe jalu ini ialah gabah yang sudah direndam terlebih dahulu. Selain itu, anda juga bisa memberikan rendaman gabah yang dicampur jagung dengan perbandingan 3:1 antara gabah dengan jagung.

b. Tipe Ayam Pukul

cara merawat ayam bangkok, pakan ayam bangkok, pakan ayam aduan

www.idntimes.com

Untuk ayam bangkok tipe pukul, anda dapat memberikan makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein. Tujuan dari pemberian pakan jenis ini ialah untuk pembentukan otot dan memperkuat otot-otot pada ayam yang diberikan pakan jenis ini.

Selain itu, kandungan lemak juga sangat penting untuk ayam bangkok tipe pukul ini. Karena kandungan lemak sendiri dapat bermanfaat untuk cadangan tenaga pada si ayam sedang berlaga.

Untuk jenis pakan pada ayam bangkok tipe pukul ini, anda bisa memberikan pakan jangung yang sudah direndam selama semalaman. Dan anda juga bisa memberikan pakan jagung yang dicampur gabah dengan perbandingan 1:1 antara jagung dengan gabah.

6. Pemberian Vitamin Tambahan

cara merawat ayam bangkok, vitamin untuk ayam bangkok, pemberian vitamin pada ayam bangkok

misterjago.com

Cara merawat ayam bangkok yang selanjutnya ialah pemberian vitamin tambahan. Pemberian vitamin tambahan untuk ayam bangkok sangatlah penting. Karena selain untuk membuat ayam tetap prima, pemberian vitamin ini juga dapat meminimalisirkan datangnya penyakit yang menyerang ayam bangkok.

Pemberian vitamin ini bisa mencegah datangnya penyakit pada ayam karena vitamin tambahan sendiri dapat memperkebal dan memperkuat anti body pada tubuh ayam. Dan anda bisa merikan vitamin untuk ayam bangkok kesayangan anda, yaitu seperti vitamin A, B1, B complex, C, D, dan k.

Anda bisa memberikan vitamin tersebut masing-masing 1 butir selama seminggu sekali. Anda bisa membeli vitamin untuk ayam ini yaitu di apotek atau di toko hewan terdekat.

7. Pemberian Jamu Andalan

cara merawat ayam bangkok, mberian jamu pada ayam bangkok, jamu untuk ayam bangkok aduan

Cara merawat ayam bangkok yang terakhir ialah dengan cara memberikan jamu andalan. Pemberian jamu andalah pada ayam bangkok pada umumnya sangatlah penting. Karena selain untuk membuat daya tahan ayam menjadi kuat, jamu juga dapat bermanfaat untuk menambah stamina, membuat napas ayam menjadi kuat, menambah selera makan ayam, membuat ayam lebih produktif serta dapat menambah gairah kawin ayam.

Jamu untuk ayam sendiri biasanya terdiri dari berbagai macam bahan yang kebanyakan berasal dari tumbuhan-tumbuhan dan rempah-rempahan tradisional. Contohnya seperti kunyit, jahe, kencur, cabe jawa, temu lawak, temu kunci dan sebagainya.

Selain itu juga, kita bisa memberikan bahan tambahan seperti gula merah, telur ayam kampung dan telur bebek. Semua jenis bahan tersebut bisa anda campurkan dengan takaran yang pas, lalu digiling/diulek sampai halus. Setelah itu, bentuklah adonan jamu tersebut menjadi buntalan-buntalan kecil seukuran jari kelingking yang panjangnya sekitar 2cm.

Setelah adonan jamu tersebut sudah selesai dibuntal semua, maka jemurlah buntalan jamu tersebut sampai kering. Hal ini dilakukan agar jamu tersebut bisa awet dan tahan lama selama 2-3 bulan. Anda bisa memberikan jamu ini selama 2x dalam seminggu. Anda juga bisa menambahkan vitamin pendamping seperti tomat pada saat pemberian jamu.

Dan apabila anda tidak ingin repot-repot membuat jamu sendiri, maka anda tidak perlu khawatir. Karena saat sudah banyak sekali produk-produk jamu khusus untuk ayam laga yang bisa anda beli di toko hewan terdekat di sekitar anda.

Beberapa Kesalahan Dalam Merawat Ayam Bangkok

cara merawat ayam bangkok, penyakit kuning pada ayam bangkok

Dalam merawat ayam bangkok, pasti kita sering mengalami kesalahan-kesalahan yang tidak kita sadari. Dan biasanya kesalahan- kesalahan itu terjadi karena minimnya ilmu tentang cara merawat ayam bangkok yang baik dan benar.

Kesalahan dalam merawat ayam bangkok juga bisa saja terjadi karena faktor kelalaian. Sebab, banyak sekali para pecinta ayam yang lalai bahkan tidak peduli dengan tata cara merawat ayam bangkok yang baik. Di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam merawat ayam bangkok, yaitu sebagai berikut:

  • Bulu ayam bangkok menjadi rusak dan ayam menjadi bantat karena memandikan ayam tersebut dengan air hangat pada saat perawatan harian.
  • Ayam bangkok menjadi drop karena kesalahan ketika memberikan latihan fisik dan juga memisik ayam secara berlebihan.
  • Ayam menjadi kepanasan dan dehidrasi karena kesalahan dalam menjemur ayam bangkok secara berlebihan.
  • Ayam bangkok menjadi kalah karena kesalahan dalam menarungkannya. Contohnya seperti ayam bangkok yang belum siap tarung di turunkan di arena gelanggang. Dan pada akhirnya ayam itu pun kalah karena belum kuat fisik.
  • Pemberian barbel yang pada dasarnya kurang bermanfaat. Karena bila dilogikakan pukulan ayam itu tercipta karena bawaan alami ayam itu sendiri.
  • Ayam bangkok menjadi rusak karena kurangnya perawatan sehabis ayam bangkok berlaga atau pun dilatih abar.
  • Ayam bangkok menjadi bontet/pendek karena sudah sering di abar pada umur yang masih belum matang atau belum cukup umur. Sebab ayam bangkok yang masih muda apabila mengalami cidera yang sangat parah, maka laju pertumbuhan dan perkembangannya pun akan terhambat.

Nah, itulah cara merawat ayam bangkok yang baik dan benar. Semoga cara di atas dapat bermanfaat untuk anda, dan anda pun dapat menerapkannya di tempat anda. Serta jangan lupa ya, bagikan ilmu yang bermanfaat ini kepada para pecinta ayam bangkok di tempat anda.

Leave a Reply