anak ayam bangkok asli

Cara Merawat Ayam Bangkok Muda dari Umur 1 Hari Sampai umur 10 Bulan [Lengkap]

Cara Merawat Ayam Bangkok Muda – Ayam bangkok adalah jenis ayam yang paling terkenal dan populer di kalangan masyarakat Asia Tenggara Khususnya Indonesia. Ayam bangkok sendiri merupakan jenis ayam yang berasal dari Negara Cina dan berkembang pesat ke wilayah Negara Thailand.

Dan di Thailand, ayam bangkok pada zaman dahulu tumbuh berkembang secara luas di daerah Bangkok. Maka dari itu, akhirnya masyarakat pun mulai memanggil ayam ini dengan sebutan ayam bangkok. Dengan sebutan itu, ayam ini pun menjadi populer dan terkenal di wilayah Thailand.

Di Indonesia sendiri, jenis ayam bangkok ini banyak sekali diternak atau dibudidayakan oleh para pecinta ayam. Selain untuk hobi, budidaya ayam jenis ini juga sangat membantu menambah penghasilan yang sangat menggiurkan.

Hal itu terjadi karena semakin bagus fisik dan postur ayam bangkok, maka akan semakin bertambah juga harga ayam bangkok tersebut. Dan biasanya orang Indonesia membeli jenis ayam bangkok ini langsung dari Negara Thailand. Ayam bangkok yang diimpor ini pun biasanya jenis ayam bangkok super, yang akan dijadikan bibit atau pun indukan untuk diternak atau dibudidayakan.

Cara merawat Ayam Bangkok Muda yang Baik dan Benar

cara merawat ayam bangkok muda, ayam bangkok juara, ayam bangkok muda

ayambangkokmajalengka.com

Merawat ayam bangkok pada umumnya sangatlah mudah, asalkan kita harus memiliki niat terlebih dahulu dan bersungguh-sungguh untuk merawatnya. Biasanya dalam merawat ayam bangkok muda, kita mulai merawatnya dari umur 1 hari sampai dengan umur 10 bulan.

Pada umumnya, dalam merawat ayam bangkok, kita harus melewati beberapa yang secara umum dilakukan oleh para peternak ayam. Yaitu dimulai dari fase anakan, fase remaja, hingga ke fase dewasa.

Dalam merawat ayam bangkok berdasarkan ketiga fase tersebut, setiap fase memiliki perawatan dan penanganan yang berbeda-beda. Yaitu mulai dari segi pakan, minum, vitamin dan penempatan kandang. Semua itu harus sesuai dengan umur ayam yang dirawat

Apabila kita merawat ayam bangkok muda dan cara merawatnya tidak sesuai dengan umur ayam tersebut, maka bisa di pastikan ayam tersebut tidak akan tumbuh dengan normal. Hal itu terjadi karena dalam perawatan ayam tersebut, biasanya nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh ayam tidak sepadan dengan kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan ayam tersebut.

Dan agar ayam bangkok kita dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik dan sempurna, maka berikut ini adalah cara merawat ayam bangkok muda yang baik dan benar.

1. Perawatan Awal (Usia 1-21 Hari)

anak ayam bangkok asli

www.ayambangkok.web.id

Cara merawat ayam bangkok muda yang pertama ialah merawatnya dari usia 1 hari setelah menetas. Dalam merawat ayam bangkok yang baru menetas, kita harus merawatnya dengan telaten dan ulet. Karena apabila kita merawatnya dengan asal-asalan, maka anak ayam tersebut bisa mudah terserang berbagai macam penyakit dan akhirnya berujung pada kematian.

Selain itu, merawat ayam bangkok yang masih berumur 1-21 hari, harus diimbangi dengan pemberian lampu. Hal ini dilakukan untuk menghangatkan suhu di dalam ruangan kotak tempat ayam dirawat, dan juga sebagai pengganti penghangat dari si induk ayam tersebut.

Hal lain yang harus anda perhatikan ialah dengan pemberian pakan yang pas dan tepat. Dalam pemberian pakan, anda bisa memberikannya pur 591 dengan jumlah yang sewajarnya. Dan anda juga bisa memberikan air minum yang sudah diberi vitachicks atau neubro yang kaya akan vitamin.

2. Perawatan di Usia 21 Hari-Usia 3 Bulan

cara merawat ayam bangkok muda

www.ayambangkok.web.id

Cara merawat ayam bangkok muda yang selanjutnya ialah perawatan anak ayam yang berusia 21 hari sampai 3 bulan. Dalam fase ini, anda dapat mengganti pur biasa anda dengan pur 592. Karena pada tahap ini, anak ayam membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Pada saat mereka mulai tumbuh berkembang dan kotak tempat ayam dirasa sudah mulai sempit, maka anda pun bisa memindahkannya ke kotak yang luas lagi. Selain itu, dalam fase ini dan seterusnya usahakan anda selalu menjaga kebersihan kandang ayam tersebut minimal 1 minggu sekali.

Karena apabila kandang yang ditempati anak ayam tersebut tidak pernah dibersihkan, maka anak ayam itu pun akan rentan terkena berbagai penyakit yang bersarang di kandang ayam yang kotor tersebut. Dan pemberian pakan dan minum ayam tersebut harus dilakukan secara rutin, gunanya menyokong pertumbuhan ayam tersebut.

3. Perawatan di Usia 3-6 Bulan

cara merawat ayam bangkok muda

ayambangkokmurah.com

Perawatan ayam di usia 3-6 bulan adalah cara merawat ayam bangkok muda yang selanjutnya. Dalam perawatan ini, anda bisa mengganti pakan ayam tersebut dengan ukuran pakan yang lebih besar, yaitu dengan memberikan pur 593, dedak dan nasi putih.

Biasanya, ayam dengan usia ini akan mulai bertarung dengan temannya untuk memperebutkan daerah kekuasaan dan menjadi pemimpin dari para teman-temannya. Dan untuk menghindari kecacatan pada para ayam tersebut, ada baiknya ayam yang sedang bertarung itu pun anda pindahkan ke kandang pribadi atau dipisahkan secara permanen.

Perlu anda ketahui, bahwa pada usia inilah ayam harus rajin di umbar supaya otot ayam tidak menjadi kaku dan selalu sehat. Dan untuk mengoptimalkan pertumbuhan si ayam tersebut, maka anda pun bisa membiarkan ayam tersebut untuk mandi tanah pada saat sedang di umbar.

4. Perawatan di Usia 6-8 Bulan

cara merawat ayam bangkok muda, ayam bangkok muda

arenahewan.com

Cara merawat ayam bangkok muda yang selanjutnya ialah perawatan ayam pada usia 6-8 bulan. Dalam tahap ini, anda bisa memberikan kombinasi tambahan pada pakan ayam. Hal ini dilakukan agar kebutuhan vitamin dan juga gizi ayam selalu tercukupi.

Dalam usia ini, anda bisa memberikan jenis-jenis makanan yang lebih keras, yaitu beras merah, beras biasa, kacang hijau, jagung, dedak, bekatul dan gabah. Semua jenis pakan ayam tersebut bisa anda berikan kepada ayam anda secara teratur. Dan anda juga bisa memberikan pakan tambahan yaitu pur 594.

Selain itu, dalam fase ini juga ayam akan mulai membuat dan membentuk postur tubuh yang ideal. DanĀ  otot serta tulang ayam pun perlahan-lahan akan mulai terbentuk secara optimal. Dalam usia ini juga, ruangan tempat ayam di box harus terhindar dari bayang-bayang ayam yang lebih tua.

Karena apabila ayam muda tersebut selalu dibayang-bayangi ayam yang lebih tua di sekitar box atau kandang, maka besar kemungkinan ayam muda itu pun mentalnya akan telat jadi atau susah untuk jadi. Oleh sebab itu, buatlah box khusus untuk ayam muda yang aman dan terhindar dari pantauan ayam yang dia takuti.

5. Perawatan di Usia 8-10 Bulan

ayam bangkok super, bentuk ekor ayam bangkok juara, cara merawat ayam bangkok

alihamdan.id

Pada usia 8-10 bulan, perawatan ayam bangkok muda ini mulai diperketat lagi. Hal tersebut dilakukan karena pada usia ini, ayam muda yang ototnya sudah mulai terbentuk, akan membutuhkan nutrisi dan protein yang lebih dari sebelumnya.

Selain itu juga, apabila ayam sudah menginjak usia 8-10 bulan, biasanya bulu ayam akan mulai menyulam. Dan bulu ayam yang menyulam akan ditandai dari bulu ayam yang terlihat kusam serta timbulnya bulu-bulu yang baru.

Dalam perawatan di usia ini, anda bisa memberikan pakan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat. Selain itu, anda juga bisa memberikan vitamin tambahan untuk menunjang bulu ayam agar tumbuh dengan cepat serta untuk menjaga ayam tersebut agar kondisi badannya selalu prima.

6. Memandikan Ayam

cara merawat ayam bangkok muda, cara memandikan ayam bangkok yang benar

Memandikan ayam adalah cara merawat ayam bangkok yang selanjutnya. Karena pada saat umur ayam sudah menginjak usia 8-10 bulan, ayam tersebut harus belajar diperkenalkan dengan yang namanya air. Hal ini dilakukan agar si ayam kelak pada saat bertanding tidak kaget lagi ketika dimandikan dengan air.

Dalam memandikan ayam bangkok, hal yang harus pertama-tama kita lakukan adalah memegang ayam tersebut dan menenangkannya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar si ayam tidak menjadi stress pada saat sedang dimandikan.

Setelah ayam tersebut sudah tenang, maka yang harus anda lakukan selanjutnya ialah sebagai berikut:

  • Apit ayam dengan menggunakan kedua kaki pada posisi membelakangi anda.
  • Tundukan kepala ayam tersebut lalu basuh kepalanya dengan busa yang sudah dibasahi dengan air bersih. Posisi menundukkan kepala ayam ini dilakukan untuk memudahkan turunnya air yang membasahi muka ayam tersebut.
  • Maih dalam posisi menunduk, leher ayam dipegang dengan tangan kiri, lalu tangan kanan mengguyurkan air secara perlahan-lahan. Mengguyurkan air ini dilakukan hingga air tersebut mengenai bagian tengkuk sampai ke pangkal sayap.
  • Setelah itu, leher lalu dibasuh dengan busa kering supaya tidak terlalu banyak kandungan air pada bulu ayam tersebut.
  • Kemudian bagian dada ayam dibasuh dengan busa yang mengandung sedikit air hingga ke bawah sampai ke belakang pangkal ekor ayam. Dan pangkal ekor ayam harus benar-benar bersih, sebab kotoran sering sekali menempel di bagian ini.
  • Selanjutnya, basuh dengan busa bagian sayap sampai ke ketiak ayam tersebut. Lalu basuh bagian paha dan kaki ayam hingga benar-benar bersih.
  • Dan yang terakhir adalah membersihkan bagian brutu ayam sampai kotoran yang menempel di bagian brutu ayam tersebut benar-benar hilang dan bersih.
  • Bagian punggung ayam tidak perlu dimandikan, karena jika terlalu sering kena air justru akan merusak bulu-bulu si ayam tersebut. Dan akhirnya bulu-bulu itu pun menjadi kusut dan mudah patah.
  • Dan diingat, bahwa setiap kali habis dipakai, busa yang digunakan hendaknya selalu dicuci dan diperas supaya tetap bersih dan tidak menjadi lembab. Karena apabila busa tersebut lembab, maka busa tersebut akan mudah ditumbuhi jamur yang menimbulkan kurap pada ayam.

7. Melakukan Penjemuran

cara merawat ayam bangkok muda, penjemuran pada ayam bangkok

Setelah ayam dimandikan, maka tahap yang harus anda lakukan selanjutnya ialah memasukkan ayam tersebut ke dalam kurungan, lalu menjemurnya. Dalam menjemur ayam bangkok muda, anda tidak boleh menjemurnya di atas jam 10:30. Karena penjemuran ayam yang benar dan menyehatkan adalah dari jam 07:30 sampai dengan jam 10:30.

Dan apabila anda menjemur ayam bangkok kesayangan anda lewat dari jam tersebut, maka ayam kesayangan anda pun bisa kepanasan, dehidrasi dan membuatnya menjadi drop. Selain itu juga, menjemur ayam di atas jam 10:30 tidak akan menyehatkan dan memperpanjang napas ayam bangkok kesayangan anda.

Sebab, pendek dan panjangnya napas ayam ketika berlaga, adalah bawaan dari ayam itu sendiri. Dan untuk memperpanjang napas ayam, anda bisa memberikan latihan fisik dan memberikan jamu khusus pada ayam kesayangan anda.

8. Melatih Fisik Ayam

cara merawat ayam bangkok muda, latihan renang pada ayam bangkok, latihan fisik ayam bangkok

Agar tubuh ayam bangkok muda selalu tetap prima, segar dan bugar, maka yang harus anda lakukan adalah memberikan latihan fisik pada ayam tersebut. Selain untuk menjaga kebugaran ayam, latihan fisik ini juga dapat bermanfaat untuk melatih napas ayam yang selalu ngosngosan (selalu ngempos) pada saat sedang berlaga.

Melatih fisik ayam bangkok terdiri dari beberapa jenis latihan. Dan dari beberapa jenis latihan fisik tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Contohnya seperti latihan renang, latihan kleter, dan latihan abar yang fungsinya untuk melatih napas dan stamina ayam.

Sedangkan untuk latihan dengan menggunakan metode tangan seperti push up, geprak, berputar cepat dan dongkrak fungsinya adalah untuk malatih kelincahan serta kecepatan ayam pada saat sedang berlaga. Dan untuk latihan ayunan fungsinya adalah untuk melatih keseimbangan dan pendaratan ayam pada saat sedang adu pukul dengan lawannya.

Jadi, melatih fisik pada ayam bangkok kesayangan anda sangatlah penting, karena selain memiliki berbagai macam manfaat seperti di atas, ayam yang dilatih fisik juga akan menjadi aktif, tidak loyo dan tidak gampang terkena penyakit.

Beberapa Kesalahan yang Dalam Merawat Ayam Bangkok Muda

cara merawat ayam bangkok muda, ayam lancuran muda

www.jualo.com

Dalam merawat ayam bangkok muda, pasti ada saja kesalahan yang sering kita alami. Dan kesalahan-kesalahan itu pun kadang terjadi karena ketidaktahuan kita serta kurangnya wawasan kita terhadap hal-hal atau pantangan-pantangan yang harus dihindari dalam merawat ayam bangkok muda.

Perlu anda ketahui, kesalahan dalam merawat ayam bangkok ini juga dapat berakibat merugikan diri sendiri. Dikatakan merugikan karena pastinya ayam yang salah dalam rawatannya pasti akan mengalami sesuatu yang tidak di inginkan oleh kita sendiri.

Banyak sekali kerugian-kerugian yang yang terjadi pada ayam yang salah rawatan. Dan di bawah ini adalah beberapa kesalahan dalam merawat ayam bangkok muda beserta dampaknya yang antara lain sebagai berikut:

  • Tidak sesuainya pakan yang diberikan oleh ayam bangkok muda, sehingga pertumbuhan dan perkembangan ayam pun menjadi tidak optimal.
  • Ayam muda menjadi stress karena kondisi kandang yang tidak nyaman.
  • Tidak dipisahnya ayam jantan yang sudah beranjak dewasa dengan ayam jantan yang lainnya. Hal ini dapat menimbulkan perebutan kepemimpinan antara yang satu dengan yang lainnya dengan cara saling bertarung. Sehingga tidak jarang banyak ayam muda yang sudah cacat pada usia yang masih dini karena dampak dari pertarungan tersebut.
  • Tidak dipisahnya ayam bangkok tua dengan ayam bangkok yang lebih tua, sehingga dapat menimbulkan penurunan mental pada ayam bangkok muda akibat keagresifan ayam bangkok yang lebih tua.
  • Rusaknya trah keturunan yang ada di dalam kandang akibat perkawinan ayam muda yang belum matang.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa kesalahan dalam merawat ayam bangkok muda dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan ayam bangkok muda menjadi tidak optimal. Dan untuk itu, kita harus lebih telaten lagi dalam merawat ayam bangkok muda, supaya hasilnya tidak mengecewakan dan dapat memuaskan hati kita.

Nah, itulah beberapa cara tentang merawat ayam bangkok yang masih muda yang bisa anda terapkan di rumah anda. Dan semoga cara di atas dapat bermanfaat untuk anda dan anda pun dapat membagikan cara merawat ayam bangkok muda ini kepada sesama penghobi ayam di sekitar anda.

Leave a Reply