cara menanam tomat

7 Cara Menanam Tomat agar Berbuah Lebat dan Cepat Panen (Terbukti)

Cara MenanamTomat – Tomat adalah jenis buah-buahan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Dan tomat ini pun memiliki siklus hidup yang singat, karena umurnya hanya berkisar 4 – 6 bulanan.

Tanaman tomat ini dapat tumbuh tinggi hingga 1 – 3 meter. Dengan buah yang warnanya bervariasi, yaitu warna merah, hijau, dan kuning.

Dan biasanya buah tomat ini sering dijadikan olahan makanan seperti buah, sambal, lalapan dan sayur dalam masakan. Bahkan ada juga yang menggunakannya sebagai alat untuk produk kecantikan, yang sudah dikenal luas di dunia, termasuk Indonesia.

Biasanya hal tersebut dilakukan agar badan dan pikiran menjadi segar dan bugar. Hal tersebut karena efek dari tomat yang masih segar dan alami.

Jadi, jenis tumbuhan tomat ini bisa dikategorikan sebagai jenis makanan sayuran dan buah-buahan.

cara menanam tomat

www.mulsa99.com

Dan buah tomat ini pun memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh kita. Hal tersebut karena buah tomat mengandung sumber vitamin A yang cukup tinggi. Dan di bawah ini adalah beberapa khasiat dari buah tomat tersebut bagi tubuh kita. Antara lain sebagai berikut:

  • Melindungi jantung anda dari berbagai macam penyakit.
  • Mencegah datangnya penyakit kanker.
  • Memperbaiki sistem pencernaan.
  • Mencegah infeksi saluran kemih.
  • Merawat kulit agar tidak menjadi kering.
  • Mencegah datangnya diabetes.
  • Mengurangi depresi.
  • Menyehatkan mata.
  • Menghambat peradangan di dalam tubuh.
  • Mencegah penyakit batu ginjal dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri, tanaman tomat saat ini sudah banyak sekali ditanam oleh para petani di beberapa daerah. Dan petani itu pun sering sekali sukses besar akibat menanam tomat ini.

Cara menanam tomat ini pun tidaklah sulit, karena cara menanam tomat ini hampir sama denganĀ cara menanam cabe. Jadi, kita hanya perlu melewati beberapa tahap untuk mencapai masa panen.

Dan dibawah ini saya akan membimbing anda untuk mengetahui cara menanam tomat yang menghasilkan dan menguntungkan, khususnya bagi anda yang masih pemula. Yaitu sebagai berikut.

1.Menentukan Lokasi Tempat Penanaman

cara menanam tomat

farming.id

Ketika anda akan menanam tomat, yang harus anda lakukan ialah menentukan lokasi yang pas dan tepat untuk tempat penanaman tomat.

Penentuan lokasi untuk penanaman tomat ini sangatlah penting. Karena jika lokasi yang anda pilih tidak sesuai dengan kriteria dari tomat tersebut, maka bisa dipastikan pertumbuhan tomat akan terganggu.

Hal tersebut terjadi karena tanaman tomat tersebut tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan yang seharusnya bukan untuk dirinya.

Maka dari itu, carilah lokasi yang pas dan sesuai dengan kriteria dari tomat tersebut. Anda bisa mengetahui lokasi tempat penanaman tomat, yaitu dengan melihat cara menanam mentimun dan cara menanam bawang merah yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya. Karena cara-cara pada artikel tersebut hampir mirip dan tidak jauh berbeda.

Dan di bawah ini adalah syarat-syarat cara menentukan lokasi tempat penanaman tomat, yaitu sebagai berikut:

  • Tempat lokasi penanaman tomat setidaknya memiliki ketinggian sekitar 0 – 1800 meter dari atas`permukaan laut .
  • Jenis tanah pada tempat penanaman tomat ialah jenis tanah humus. Yaitu tanah yang memiliki unsur tanah yang gembur dan juga lembut.
  • Tempat penanaman sebaiknya memiliki suhu ideal yang pas untuk tomat, yaitu sekitar 20 – 25 derajat celcius.
  • Sebaiknya lokasi penanaman selalu terkena sinar oleh matahari.

2.Mengolah Lokasi Tempat Penanaman

cara menanam tomat

atphsmkncibogo.com

Cara mengolah tanah yang baik ialah dengan menggunakan mesin bajak atau pun dengan mencangkulnya. Pengolahan ini dilakukan untuk membentuk bedengan yang sudah diukur sebelumnya.

Hal ini dilakukan agar tanah yang diolah menjadi gembur dan terhindar dari banjir saat guyur hujan deras.

Setelah anda selesai membuat bedengan, anda pun bisa memberikan pupuk organik ke bedengan tersebut sebanyak 10 ton per-hektar.

Jika bedengan sudah dipupuk, maka tahap yang terakhir ialah menutup bedengan tersebut dengan plastik mulsa. Penutupan ini berguna antara lain:

  • Untuk mempertahankan kelembapan tanah pada saat musim kemarau.
  • Mencegah tumbuhnya gulma.
  • Dan membuat buah tomat menjadi bersih, karena tidak menyentuh tanah.

3.Pemilihan Bibit

cara menanam tomat

id.todoinfor.com

Pemilihan bibit adalah cara menanam tomat yang selanjutnya.

Pemilihan bibit ini sangat penting, karena bibit yang kita pilih akan menentukan kualitas tomat pada saat sudah besar.

Maka dari itu, kita memilih bibit tomat yang unggul dan berkualitas. Yaitu dengan mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Memiliki ukuran buah yang lebih besar dari pada yang lainnya.
  • Biji tomat pada saat direndam di air tidak terapung.
  • Jika biji dibelah, maka biji tersebut harus memiliki kepadatan yang merata.
  • Buh tomat harus terbebas dari bekas cacat yang disebabkan penyakit atau pun hama.
  • Dan yang terakhir ialah buah tomat memiliki kulit yang merah dan tipis. Karena hal tersebut menunjukkan bhwa tomat tersebut benar-benar matang.

4.Penanaman Tomat

cara menanam tomat

pexels.com

Penanaman bibit tomat ini bisa anda lakukan pada saat tomat tersebut sudah tumbuh dengan tinggi sekitar 8 cm dan berumur kurang lebih sekitar 21 hari.

Cara penanamnnya yaitu dengan memasukkan bibit tomat ke dalam mulsa yang sudah dilubangi. Dan kedalaman lubang tersebut kira-kira sekitar 4-6 cm.

Sedangkan jarak antar lajur lubang sekitar 80 – 100 cm. Dan jarak antar lubang dalam satu lajur yaitu sekitar 40 – 60 cm.

Setelah bibi tomat ditanam, timbun bibit tomat tersebut dengan tanah secukupnya. Sesudah ratakan tanah tersebut dan siram dengan air secukupnya.

5.Perawatan Tanaman

cara menanam tomat

pixabay.com

Perawatan tanaman adalah tahap berikutnya yang harus anda lakukan setelah selesai melakukan penanaman.

Perawatan pada tanaman tomat ini sangatlah penting. Karena perawatan ini menjadi faktor penentu kualitas dan harga tomat tersebut pada saat dijual di pasaran.

Dan berikut ini adalah cara merawat tomat yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

a.Penyiraman

cara menanam tomat

pixabay.com

Melakukan penyiraman pada tanaman tomat sangatlah penting. Karena tanaman tomat tersebut tidak boleh sampai kekurangan air. Sebab bila tomat tersebut kekurangan air, maka tomat tersebut pun akan layu dan mati.

Maka dari itu kita harus rutin menyiram tanaman tomat tersebut dengan cara berkala.

Penyiraman pada tomat dapat anda lakukan di pagi hari secara rutin. Hal ini dilakukan apabila daerah tempat penanaman sedang mengalami musim kemarau.

Sedangkan jika daerah tersebut dilanda musim hujan, maka anda tidak perlu melakukan penyemprotan terhadap tomat tersebut.

b.Pemupukan

cara menanam tomat

build-tips.com

Tahap perawatan selanjutnya adalah pemupukan. Pemupukan pada tomat dapat anda lakukan dengan menggunakan pupuk organik. Contoh pupuknya yaitu seperti pupuk kandang dan pupuk kompos.

Pemberian pupuk ini bisa anda lakukan pada saat umur tomat sudah beranjak kurang lebih sekitar 1 mingguan. Pemberian ulang dapat dilakukan selama 1 minggu sekali.

6.Penanggulangan Hama dan Penyakit

cara menanam tomat

www.bukalapak.com

Hama dan penyakit adalah salah satu musuh terbesar bagi para petani tomat. Karena hama dan penyakit ini dapat menyerang tanaman tomat hingga menjadi rusak dan mati.

Hal inilah yang dapat merugikan para petani. Karena bisa dipastikan mereka tidak akan mendapatkan untung dan modal mereka hanya terbuang sia-sia. Dan mereka pun bisa dikatakan gagal panen.

a.Hama

cara menanam tomat

pupukorganiknasapusat.com

Hama adalah jenis hewan yang sering menyerang tanaman para petani, termasuk tanaman tomat.Contoh dari hama ialah ulat, kutu daun, lalat buah dan lain-lain.

Biasanya tanaman tomat yang diserang oleh hama akan menjadi rusak, seperti:

  • Buah tomat menjadi bolong.
  • Daun tomat menjadi rusak akibat dimakan oleh ulat.
  • Buah tomat menjadi busuk berwarna hitam dan sebagainya.

Untuk mencegah datangnya hama ini, anda cukup menyemprotkan pestisida sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Dan akan lebih baik lagi jika kita menggunakan pestisida alami. Karena pestisida alami tidak akan mengurangi unsur gizi dari tomat tersebut.

b.Penyakit

cara menanam tomat

pestisidaalamiah.com

Penyakit adalah salah satu sebab gagal panennya para petani. Karena rata-rata tumbuhan tomat yang diserang penyakit akan mati.

Dan jenis penyakitnya ialah seperti bercak daun, penyakit kepang daun, busuk daun dan lain-lain.

Gejala dari penyakit antara lain sebagai berikut:

  • Menguningnya daun tomat.
  • Timbul bercak putih di daun tomat.
  • Tanaman tomat menjadi busuk dan lain-lain.

Dan untuk mencegah datangnya penyakit pada tanaman tomat ini, anda bisa melakukan penyemprotan dengan pestisida.

Pemberian pestisida ini harus sesuai dengan penyakit yang dialami oleh tanaman tomat tersebut.

Ikutilah petunjuk dosis penggunaan pestisida tersebut. Hal ini dilakukan agar tanaman tomat yang disemprot tidak mengalami over dosis, yang bisa menyebabkan tanaman tomat tersebut kering dan mati.

7.Panen

cara menanam tomat

www.javakarlos.com

Tahap yang terakhir ialah tahap yang ditunggu-tunggu oleh para petani, yaitu tahap pemanenan.

Tahap pemanenan ini bisa anda lakukan apabila tanaman tomat tersebut sudah berumur 60 – 80 hari ( 3 – 4 ) setelah ditanam. Dan buah pada tomat yang siap dipanen biasanya sudah berubah warna, yaitu dari warna hijau menjadi warna merah kekuning-kuningan.

Pemetikan sebaiknya anda lakukan pada waktu pagi hari dan sore hari. Karena jika anda melakukan pemetikan pada saat siang hari, maka buah tomat tersebut akan rentan layu dan mudah mengkerut.

Pemetikan tomat ini bisa anda lakukan selama 2 – 3 hari sekali, tergantung jumlah buah tomat yang siap dipetik.

Nah, itulah beberapa tips cara menanam tomat yang baik dan benar. Semoga cara di atas dapat bermanfaat untuk anda, dan anda pun bisa melakukannya dirumah anda.

Khususnya bagi anda yang pemula, cara ini sangat mudah sekali untuk dipraktekkan. Karena cara ini mudah sekali untuk dipahami. Sekian dari saya, dan selamat mencoba.

Leave a Reply