cara menanam cabe, gamber cabe, cabe segar, cabe merah

7+ Cara Menanam Cabe yang Baik dan Benar

Cara Menanam Cabe_Cabe adalah jenis buah-buahan yang dapat digolongkan sebagai sayuran atau bumbu.

Buah cabe ini sangat populer di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Karena buah cabe ini sering diolah sebagai penguat rasa makanan.

Dan di Indonesia ada daerah yang dimana bahan makanan pokoknya adalah cabe, yaitu daerah Padang. Daerah ini identik dengan ciri khas makanannya, karena hampir semua makanannya terbuat dari bahan dasar cabe.

Di Indonesia banyak sekali jenis cabe yang di tanam di perkebunan maupun di pekarangan rumah, seperti cabe rawit, cabe merah, cabe kriting, cabe setan(cabe jablai), cabe cheri dan lain-lain.

Cabe juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, seperti:

  • Menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.
  • Mencegah terjadinya penyakit kanker.
  • Dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang.
cara menanam cabe, gambar cabe merah, cabe segar, cabe

fokusjambi.com

Selain banyak manfaatnya tumbuhan cabe ini juga mudah ditanam di dataran tinggi maupun rendah, seperti di pegunungan dan di perkebunan yang datar. Karena secara umum menanam cabe bisa dilakukan pada ketinggian 0-2 km di atas permukaan laut.

Dan saat ini pun para petani sudah banyak yang beralih profesi menjadi petani cabe, karena selain mudah ditanam harga cabe ini pun seringkali melesat jauh dan naik berlipat-lipat dari harga normalnya.

Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang menanam cabe yang baik dan benar. Karena jika anda menanamya dengan asal-asalan, maka kualitas cabe yang anda tanam pun akan menurun dan tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

1.Menentukan Media Cara Menanam Cabe

cara menanam cabe, lahan cabe, lokasi tempat penanaman cabe, media tempat penanaman cabe

8villages.com

Sebelum anda menanam cabe, anda harus menentukan media tempat penanaman cabe tersebut. Karena media penanaman sangat penting untuk kelangsungan hidup cabe yang nantinya akan anda tanam.

Di bawah ini adalah syarat memilih media penanaman cabe yang benar.

  • Pertama ialah menentukan ketinggian tanah tempat penanaman cabe, agar cabe bisa tumbuh dengan subur. Ketinggian lokasinya sekitar 0-3000 meter di atas permukaan laut.
  • Melihat kelembapan tanah disekitar media peanaman. Karena suhu ideal bagi tanaman cabe adalah sekitar 24-28 derajat celcius.
  • Tanah tempat penanaman haruslah gembur, agar cabe yang ditanam memiliki perkembangan yang baik.
  • PH tanah haruslah netral.
  • Dan yang terakhir ialah usahakan lokasi terkena sinar matahari dan terhindar dari pohon-pohon besar. Karena tanaman cabe membutuhkan sinar metahari secara terus-menerus.

2.Pengolahan Media Penanaman

cara menanam cabe, pengolahan media penanaman cabe, lahan tempat penanaman

www.agrotani.com

Setelah anda telah menentukan media tempat penanaman benih/bibit cabe, tahap selanjutnya ialah mengolah media penanaman. Pengolahan media penanaman ini hampir sama dengan cara menanam tomat dan cara menanam bawang merah yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya.

Dan di bawah ini adalah beberapa tahapan yang harus anda lakukan pada saat mengolah media penanaman, yaitu sebagai berikut.

a.Membersihkan Media Tempat Penanaman

cara menanam cabe, penyemprotan lahan cabe, penyemprotan lahan, penyemprotan gulma, pembersihan lahan

mbangundeso.com

Tahap yang pertama ialah membersihkan media penanaman bibit cabe.

Pembersihan ini dilakukan supaya benih cabe yang tumbuh dapat terhindar dari jenis-jenis hama dan penyakit dari berbegai macam tanaman gulma dan sisa-sisa akar tanaman sebelumya.

Seperti cara menanam mentimun di artikel sebelumnya, apabila lahan banyak ditumbuhi berbagai macam jenis gulma, maka cara membersihkannya ialah dengan menggunakan obat herbisida sistematik. Contoh seperti Glifosat , Polaris, Rambo 480 AS dan sebagainya.

Karena obat herbisida sisitematik ini dapat membunuh tanaman gulma dengan cepat dan merata.

Cara penyemprotan yang pas ialah pada saat panas hari, dan usahakan anda dapat memastikan agar tidak turun hujan pada saat sehari sesudah penyemprotan. Karena air hujan dapat melunturkan obat yang menempel ditumbuhan gulma tersebut.

Selain dapat melunturkan obat tersebut terhadap tumbuhan gulma, air hujan juga dapat menyegarkan kembali tumbuhan gulma yang anda semprot.

Karena efek dari obat herbisida sistemik baru muncul sekitar sehari sesudah penyemprotan. Jadi jika tumbuhan tersebut terkena hujan, maka tumbuhan gulma tersebut akan susah mati.

b.Membajak Media Penanaman

cara menanam cabe, pembajakan lahan, pembajakan lahan cabe, gambar bajak, pengolahan lahan

Setelah tahap pembersihan sudah beres, tahap selanjutnya yaitu tahap pembajakan.

Tahap ini bertujuan untuk mengemburkan dan melembekkan tanah.

Manfaat pembajakan ini juga ialah dapat memperbaiki lahan, memperbaiki aerasi lahan dan menghilangkan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Pembajakan bisa digunakan dengan memakai mesin bajak. Tetapi ada juga yang membajak dengan menggunakan garuk yang ditarik dengan berbagai sumber tenaga, seperti tenaga hewan dan mesin pertanian (traktor).

Selain cara diatas, ada juga metode pembajakan yang lain yaitu dengan cara pencangkulan. Metode ini ialah metode dimana tanah untuk penanaman harus dicangkul menggunakan alat cangkul.

Biasanya pencangkulan ini dilakukan oleh beberapa orang, tergantung luas lahan yang akan dicangkul.

c.Membuat Bedengan untuk Media Penanaman

cara menanam cabe, gambar bedengan, membuat bedengan cabe

www.youtube.com

Setelah tahap pembajakan selesai, selanjutnya ialah membuat bedengan di lahan yang telah dibajak tadi.

caranya pembuatannya ialah dengan menyesuaikan kondisi lahan yang menjadi media tempat penanamannya. Biasanya ukuran umum bedengan ialah meiliki lebar kurang lebih 100 cm, dengan ketinggian sekitar 50 cm.

Anda juga harus membuat parit yang dimaksudkan sebagai jalan udara yang berisi hujan, agar tidak merusak tempat tidur yang Anda buat. Lebar parit yang harus Anda buat lebarnya sekitar kirang lebih 50 cm.

d.Pemasangan Plastik Mulsa di Media Penanaman

cara menanam cabe, pengolahan lahan cabe, gambar bedengan, pemasangan plastik mulsa

ershortiers.com

Setelah Anda mengisi bedengan di tempat penanaman, lakukan yang sudah Anda lakukan menggunakan yang terakhir.

SISI yang akan digunakan adalah media mulsa di media penanaman.

Plastik mulsa yang di pakai adalah plastik berwarna perak. Sebabnya ini oleh para petani sEcara umum, karena plastik ini banyak sekali manfaatnya, yaitu:

  • Mempertahankan struktur bedengan.
  • Mencegah perkembangbiakan hama dan penyakit.
  • Mengaktifkan gulma pertumbuhan.
  • Mengurangi penguapan.
  • Mencegah erosi tanah.
  • Mengatur suhu dan kelembapan tanah.
  • Dan yang terakhir ialah dapat mencegah pencucian pupuk akibat kompilasi hujan.

Cara pemasangan plastik mulsa dilakukan dengan membentangkan dan menarik dua sisi plastik mulsa tersebut, dengan permukaan yang berwarna perak di bagian atas dan warna hitam di bagian bawah.

Setelah itu sesuaikan panjang mulsa tersebut dengan menancapkan kayu atau bambu disetiap ujung mulsa plastik, yang fungsinya untuk mulsa tersebut. Dan usahakan kayu atau bambu yang Anda tancapkan sudah dan rancang bersih rupa. Gunanya IS untuk meminimalisir kecelakaan di lahan tersebut.

Sudah ada banyak orang yang melukai saat menginjak pengunci mulsa tersebut, karena tidak dirancang dengan baik.

3.Pemilihan Bibit / Benih

cara menanam cabe, bibit cabe, bibit cabe berkualitas

www.tanijaya-cimahi.com

Setelah melakukan pengolahan tanah untuk menanam cabe, selanjutnya yang Anda lakukan adalah memilih bibit cabe.

Pada saat anda harus memilih bibit cabe, hal yang harus dilakukan ialah dengan memilih bibit cabe yang berkualitas dan unggul. Agar ketika cabe ditanam, maka cabe tersebut akan tumbuh dengan serentak.

Dan jika bibit cabe yang anda pilih tidak berkualitas. Maka bisa dipastikan bibit tersebut tidak akan tumbuh dengan normal dan serentak.

Untuk memilih jenis jenis cabe apa yang akan Anda tanam, maka saya sarankan untuk anda  agar memilih jenis cabe yang paling cocok dengan lokasi di tempat masing-masing.

Jika bibit cabe yang Anda pilih tidak cocok, maka bisa dipastikan cabe tersebut akan sulit tumbuh. Karena perpustakaan Anda menanam jenis cabe yang tidak sesuai dengan lingkungannya, maka cabe tersebut akan sulit untuk berkembang.

Meskipun itu adalah pertumbuhan, biasanya membayar dengan tidak normal. Hal itu diakibatkan karena cabe tersebut akan sulit digantikan dengan lingkungan baru yang asing untuk itu.

Anda bisa melakukan penelitian dengan cara, yaitu membenihkan diri atau pembelianya di toko.

Jika Anda ingin menemukan taksi yang sudah disilangkan , ada istilah yang Anda beli di toko industri benih cabe yang terprcaya. Karena produk di toko tersebut diberlakukan moderen pemuliaan.

Jika Anda ingin menanam cabe lokal, Anda bisa menyeleksi sendiri untuk menciptakan masa depan. Dan Anda juga bisa melalui para petani yang ada di sekitar Anda.

4 .Penyemaian  Bibit / Benih Cabe

cara menanam cabe, penyemaian benih cabe, cara menyemai cabe

kampoengilmu.com

Ketika Anda sudah mendapatkan bibit yang berkualitas, lakukanlah dan Anda melakukan penyemaian.

Tahap penyemaian ini adalah yang bertujuan untuk menghilangkan dan meminimalisir kematian bibit cabe yang akan ditanam. Dan penyemaian ini juga dapat mengontrol serangan serangga yang bisa menghabiskan benih-benih cabe yang kita tanam.

Ada dua cara penyemaian cabe yang terbilang efektif, yaitu sebagai berikut.

a.Cara penyemaian di Bedengan

cara menanam cabe, penyemaian cabe, penyemaian cabe di bedengan, bibit cabe

tipspetani.com

Cara penyemaian di tempat tidur adalah cara yang bisa digunakan dengan menggunakan gundukan tanah, yang biasanya berbentuk seperti persegi panjang.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk penyemaian di bedengan.

-Buat bedengan seperti persegi panjang, dengan ukuran yang sudah ditentukan.

-Siram tanah yang sudah dicangkul dengan udara secukupnya. Tujuannya adalah untuk menggemburkan dan melembapkan tanah, memungkinkan bibit cabe dapat tumbuh dengan subur.

-Letakkan benih benih yang sudah direndam dengan udara hangat, lalu tutup benih dengan tanah halus.

-Semprot tanah yang sudah digunakan dengan menggunakan insektisida ( racun pembunuh serangga). Penyemprotan ini berguna untuk mencegah gangguan dari serangga yang sring meusak benih cabe.

-Setelah itu pakai tanah dengan menggunakan mulsa plastik selama 1 minggu, atau sampai benih tersebut tumbuh.

-Selanjutnya, kita harus mengecek kelembapan tanah tersebut selama setiap hari.

-Jika benih sudah tumbuh sekitar 80%, kemudian bukalah mulsa dikeluarkan benih tersebut.

Setelah mulsa sudah dibuka, letakkanlah bibit yang sudah tumbuh ke dalam bakul (tempat penyimpanan yang terbuat dari anyaman bambu), yang fungsinya sebagai tempat konversi.

b.Cara penyemaian menggunakan polybag

cara menanam cabe, penyemaian cabe, penyemaian cabe di polybag

deny339.com

Cara yang bisa dipakai selanjutnya adalah cara penyemaian menggunakan metode  polybag.

Proses penyemaian metode ini bisa dibilang gampang-gampang susah, karena harus membutuhkan ketelatenan yang tinggi.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara penyemaian cabe yang baik dan benar pada saat menggunakan metode ini.

Dan di bawah ini saya akan menuntun Anda menggunakan cara yang baik dan benar, memadukan Anda menggunakan metode penyegaian di polybag.

  • Siapkan  polybag dengan ukuran yang tepat.
  • Isilah polybag  tersebut dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang, dengan perbandingan 1: 1.
  • Jenis bahan yang sudah direndam dengan air berat dengan perbandingan 1/3 dari isi polybag tersebut.
  • Siram polybag tersebut dengan udara secukupnya.
  • Setelah itu berikan pupuk NPK sebanyak 1 sendok teh, yang gunanya untuk menetaskan benih tersebut. Mungkin Anda bisa juga memberikan pupuk kandang dan kompos.
  • Dan setelah tanaman cabe sudah tumbuh dalam polybag. Tanaman cabe tersebut sudah bisa langsung dipindahkan ke polybag yang lebih besar.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan menggunakan media polybag.

5.Penanaman cabe

cara menanam cabe, penanaman benih cabe, penanaman cabe

caratanam.com

Setelah bibit cabe sudah tumbuh ditahap penyemaian,  dan cabe tersebut sudah memiliki 3-4 helai daun permanen. Kini ada cabe-cabe yang masuk ketahap selanjutnya, yaitu tahap penanaman.

Pada tahap ini, melakukan penanaman dilakukan pada waktu pagi dan sore hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari stres pada cabe tersebut.

Cara menanamnya adalah dengan memindahkan cabe dari tempat penyemaian  ke tempat media tanam yang sudah Anda buat sebelumya.

Penanaman dilakukan dengan cara memasukkan bibit yang sudah tumbuh ke dalam lubang yang sudah dibuat di media tanam.

Jika bibit cabe menggunakan  polybag semai, maka caranya menanamkannya dengan membuka atau merobek plastik polybag  semaian tersebut.

Dan informasi pelastik polybag semaian tersebut sudah dibuka, maka bibit cabe tersebut bisa ditanam ke dalam lubang media tanam.

6.Perawatan Cabe

cara menanam cabe, cara merawat cabe, gambar cabe

www.daquagrotechno.org

Jika kita menanam cabe, hal yang harus dilakukan adalah merawat cabe tersebut. Agar cabe tersebut dapat bertumbuh dengan baik kemanjuran.

Dan di bawah bini adalah cara merawat cabe yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut.

a.Pemupukan

cara menanam cabe, pemberian pupuk untuk tanaman cabe, perawatan tanaman cabe

dasar-pertanian.blogspot.com

Setelah 14 hari masa tanam, Anda bisa memberikan pupuk pada cabe secara rutin. Yaitu dengan memberikannya secara efektif setiap 1-2 minggu sekali.

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Karena pupuk ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan mempercepat perbuahan terhadap cabe yang anda tanam.

Dan hindari penggunaan pupuk non organik. Karena efek dari pupuk ini akan membuat cabe dan kehilangan nutrisi alami yang ada di tanah lokasi penanaman.

Cara pemupukannya adalah dengan memasukkan pupuk ke dalam lubang mulsa yang ada di bawah batang cabe.

Cara pemupukan ini dilakkan agar akar dari tanaman cabe tersebut dapat menyerap nutrisi dari pupuk tersebut dengan mudah. Anda dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe tersebut.

b.Penyiraman

cara menanam cabe, penyiraman tanaman cabe, penyiraman tanaman

budidayacabe.ptnasa.net

Cara yang selanjutnya adalah penyiraman terhadap tanaman cabe.

Penyiraman ini dilakukan untuk menghubungkan tanah tempat menanam cabe sudah mulai kering.

cara penyiramannya yaitu dengan menyiram tanaman cabe sebanyak 1-2 kali sehari, penyiraman tersebut dilakukan saat musim kemarau.

Anda tidak akan menemukan taksi, karena Anda dapat membuat cabe tersebut tergenang dan bisa menghasilkan cabe tersebut mati. Sebab akar cabe terlalu banyak menyerap udara yang mengguang area tanaman tersebut.

Yang paling penting adalah Anda hanya bisa menyiram tanaman cabe tersebut untuk melembabkan tanahnya saja. Karena tanaman cabe butuh kelembapan yang sempurna, agar dapat bertumbuh dengan baik.

c.Pembersihan Rumput / Gulma

cara menanam cabe, gambar gulma, gulma pada tanaman cabe, pembersihan gulma

www.infocabe.com

Pembersihan rumput dilakukan untuk menjaga kebersihan tanaman, agar tumbuhan cabe tersebut dapat terhindar dari hama dan penyakit.

Cara membersihkannya dengan membersihkan tanaman gulma atau rumput yang tumbuh di sekitar area tanaman. Selain itu juga Anda dapat menggunting daun yang sudah layu dan menguning, dan melakukan hal tersebut selama setengah bulan sekali.

d.Pemangkasan

cara menanam, cabe, pemangkasan tanaman cabe, perawatan tanaman cabe

amazonaws.com

Cara yang terakhir adalah pemangkasan. Pemangkasan ini bertujuan untuk merapikan tanaman dan membuat tanaman tersebut agar cepat berbuah.

Cara pemangkasan adalah dengan memotong bagian pucuk cabe secara bertahap-cara, cara ini dilakukan agar tidak merusak struktur tanaman cabe anda.

Pemangkasan ini dilakukan sekitar setiap 1 bulan sekali.

7.Upaya Penanggulangan Hama dan Penyakit

cara menanam cabe, penanggulangan hama dan penyakit pada tanaman cabe, perawatan cabe

psikek.com

Upaya penanggulangan hama dan penyakit sangat penting dilakukan. Karena jika cabe-cabe yang Anda tanam terserang berbagai macam hama dan penyakit, maka cabe-cabe tersebut akan mati dan Anda akan gagal panen.

Dan pastinya kamu tidak ingin gagal panen kan. Maka dari itu upayakan agar Anda memperhatikan keshatan tanaman cabe Anda, dengan melakukan cara-cara ini.

  • Lakukan pemeriksaan terhadap tanaman cabe Anda sudah 1 minggu 3 kali.
  • Jika Anda terserang penyakit hama, Anda bisa mnyemprotkan pestisida pada cabe setiap hari sakit.
  • Dan jika tanaman cabe Anda terkena penyakit seperti daun menggulung kuning, jamuran, busuk dan sebagainya. Anda bisa memberikan obat yang sesuai dengan penyakit yang menyerang cabe tersebut.

8.Panen

cara menanam cabe, panen cabe, gambar cabe merah, cabe

pedulibersamamanbis.weebly.com

Ketika Anda sedang mencari rambut sempurna dan bergenggaman lebih dari 4-5 bulan, itu tandanya cabe Anda jadi lap masa panen.

Proses pemanenan cabe ini bisa dilakukan berkali-kali, yaitu bisa dilakukan setiap 2-6 hari sekali. Tergantung teknik budidayanya dan model cabenya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, juga dapat membantu Anda melakukan pekerjaan saat Anda bekerja, terutama bagi Anda yang pemula.

Leave a Reply