cara menanam bawang merah

Cara Menanam Bawang Merah yang Baik dan Benar (Lengkap)

Cara Menanam Bawang Merah – Bawang merah adalah jenis bawang dengan warna kulit yang berwarna merah keungu-unguan. Dan bawang ini juga dikenal dengan nama bawang Spanyol.

Selain untuk bumbu masak, bawang merah juga ternyata bisa dikonsumsi dengan cara yang lain. Yaitu seperti bawang goreng, pelengkap sebuah masakan dan dapat juga dimakan mentah.

Ciri khas dari bawang ini ialah memiliki aroma yang lebih pedas dari pada bawang jenis lain. Dan daging bawang merah ini berwarna putih.

Dan saat ini sudah banyak para petani yang sudah menanam bawang merah ini. Sebab bawang merah ini merupakan jenis tanaman kebun yang panennya dengan cara musiman, serta bawang ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

cara menanam bawang merah

resepkoki.id

Bawang merah ini juga ternyata tidak hanya digunakan untuk dikonsumsi saja. Tetapi juga dapat digunakan untuk pengobatan tradisional. Karena bawang merah ini kaya akan manfaat yang bisa menyehatkan tubuh.

Tidak hanya itu, bawang merah juga memiliki khasiat yang luar biasa. Dan khasiat bawang merah tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Dapat mengobati masuk angin.
  • Menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Mengobati penyakit kencing manis.
  • Dapat mengobati sakit maag dan penyakit lainnya.

Dan setelah anda melihat beberapa penjelasan tentang khasiat bawang merah di atas, mungkin anda menjadi tertarik untuk menanam bawang ini.

Tetapi jika anda bingung cara menanam bawang yang baik dan benar, anda tidak perlu khawatir. Karena di bawah ini akan saya jelaskan panduan cara menanam bawang yang paling lengkap. Antara lain sebagai berikut:

Menyiapkan Media Tanam

cara menanam bawang merah

tanamanbawangmerah.com

Hal yang harus anda lakukan pertama sebelum menanam bawang merah adalah menentukan media tempat penanaman. Dan menentukan media tanam pada bawang merah hampir sama dengan menentukan media tanam pada tanaman cabe di dalam artikel cara menanam cabe yang dibahas sebelumnya.

Hal ini dilakukan agar tanaman bawang nanti bisa tumbuh dengan normal pada saat penanaman. Karena jika tanah tempat menanam bawang tidak mendukung, maka bawang tersebut akan susah tumbuh dan berkembang.

Hal inilah yang harus anda ketahui sebelum menanam bawang tersebut. Dan di bawah ini adalah cara memilih lokasi yang tepat untuk penanaman bawang, yaitu sebagai berikut:

  • Media tempat penanaman bawang sebaiknya di dataran rendah dengan ketinggian sekitar 0 – 1000 meter di atas permukaan laut.
  • Memiliki suhu yang cocok untuk pertumbuhan bawang merah, yaitu sekitar 25 – 30 derajat celcius.
  • Tempat media penanaman harus terkena sinar matahari setidaknya selama 12 jam per hari.
  • Tanah harus memiliki kelembapan sekitar 65%.
  • Dan usahakan jenis tanah di media penanaman yaitu jenis tanah humus, latosol dan alluvial.

Menyiapkan Bibit yang Unggul

cara menanam bawang merah

pasarmama.com

Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih bibit bawang merah yang akan ditanam.

Seperti layaknya cara menanam tomat, dalam memilih bibit bawang ini anda harus memilih bibit bawang yang unggul dan berkualitas. Hal ini sangatlah penting, karena bibit yang unggul dan berkualitas akan menentukan hasil panen tanaman bawang anda.

Maka dari itu, anda harus pintar-pintar memilih bibit yang baik. Agar usaha lancar dan hasilnya pun maksimal. Dan di bawah ini adalah cara memilih bibit bawang merah yang benar, yaitu sebagai berikut:

  • Pilih bawang yang bersifat tunggal atau tidak memiliki anak.
  • Penampilan bawang tidak boleh keriput.
  • Bibit bawang merah harus yang sudah tua.
  • Bawang tidak dalam kondisi busuk.
  • Dan bagian atas dan bawah bawang merah sudah ditumbuhi tunas dan akar.

Cara di atas adalah cara yang paling efektif dalam memilih bibit bawang yang unggul dan berkualitas.

Melakukan Penanaman

cara menanam bawang merah

www.agrotani.com

Setelah kita sudah memilih bibit bawang merah, tahap selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menanam bawang tersebut.

Caranya ialah dengan menyiapkan bibit bawang merah yang sudah siap untuk ditanam. Yaitu bibit bawang yang sudah tumbuh tunas dan akarnya.

Sesudah itu anda bisa menanam bawang tersebut di lahan yang sudah anda tentukan tadi. Yaitu dengan cara membenamkan bagian umbi bawang ke dalam tanah pada jarak sekitar 15 x 15 cm. Hal ini dilakukan jika di daerah anda mengalami musim kemarau.

Sedangkan untuk daerah yang mengalami musim hujan anda, anda bisa menanamnya dengan jarak sekitar 20 x 20 cm.

Cara penanaman ini bertujuan supaya bawang merah yang ditanam dapat tumbuh dengan maksimal.

Merawat Tanaman

cara menanam bawang merah

www.infopeluangusaharumahan.com

Hal yang haru anda lakukan dalam menanam bawang merah ialah melakukan perawatan.

Perawatan bawang ini sangat penting, karena perawatan bawang tersebut dapat menentukan kualitas harga bawang pada saat panen.

Dan di bawah ini adalah cara merawat bawang yang baik, antara lain:

a.Pemupukan

cara menanam bawang merah

hamapenyakittanaman.com

Pemupukan adalah tahap perawatan yang pertama pada saat anda menanam bawang merah.

Pemupukan ini dilakukan dengan tujuan supaya tanaman bawang merah yang anda tanam dapat berkembang dengan baik dan selalu tumbuh dengan subur.

Selain itu, tujuan dari pemupukan bawang merah ini juga ialah untuk menjaga atau menstabilkan unsur hara yang terdapat pada tanaman bawang tersebut.

Pemupukan ini bisa anda lakukan pada saat umur bawang sudah menginjak usia 2 minggu. Dan anda pun bisa memberikan pupuk dengan jenis pupuk Urea, KCI dan ZA.

b.Penyiraman

cara menanam bawang merah

www.antarafoto.com

Penyiraman bawang adalah tahap yang paling penting yang harus anda lakukan. Karena penyiraman ini sangat membantu bawang pada saat mengalami pertumbuhan. Sebab tanaman bawang yang rutin disiram pasti akan mengalami pertumbuhan yang cepat.

Sedangkan untuk tanaman bawang yang jarang disiram atau malah tidak pernah disiram, maka bisa dipastikan tanaman bawang tersebut tidak akan tumbuh dengan sempurna. Contohnya daun bawang menjadi kurus serta pertumbuhan bawang pun menjadi lama.

Hal ini diakibatkan karena bawang tersebut tidak memiliki asupan air yang cukup. Karena tanaman bawang yang baik memiliki asupan air yang selalu terpenuhi.

Anda bisa memulai melakukan penyemprotan pada saat umur bawang sudah menginjak usia sekitar dua mingguan atau 0 – 14 hari. Dan penyiraman ini bisa anda lakukan pada waktu pagi dan sore hari.

Dan jika umur bawang sudah berusia lebih dari 1 bulan, anda bisa melakukan penyiraman cukup sehari saja. Anda pun bisa melakukan penyiraman pada saat pagi atau hari.

c.Pembersihan Gulma

cara menanam bawang merah

http://kalbar.litbang.pertanian.go.id

Gulma adalah salah satu jenis tumbuhan yang merupakan musuh bagi para petani.

Hal ini karena tanaman gulma adalah tanaman yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman bawang merah yang anda tanam.

Terlebih lagi apabila pada saat musim hujan, maka tanaman gulma ini akan tumbuh dengan suburnya. Hal ini terjadi karena tanaman gulma ini dapat menyerap nutrisi pada tanah, sehingga tanaman bawang merah yang anda tanam pun tidak akan mendapatkan nutrisi cukup.

Faktor inilah yang menyebabkan tanaman tanaman bawang tersebut tumbuh dengan kurus dan tidak berkembang subur.

Maka dari itu anda harus menjaga tanaman bawang yang anda tanam. Yaitu dengan cara membersihkan tanaman gulma tersebut dengan rutin.

Penanggulangan Hama dan Penyakit

cara menanam bawang merah

www.ruangtani.com

Hampir sama dengan cara menanam mentimun di artikel sebelumnya, bahwa hama dan penyakit adalah musuh besar bagi para petani, khususnya petani bawang merah. Hal ini karena hama dan penyakit tersebut memiliki sifat yang sangat merugikan pagi para petani bawang merah.

Dan jenis hama yang paling sering menyerang tanaman bawang ialah hewan jenis ulat. Hewan jenis ulat ini dapat merugikan petani bawang merah. Hal ini terjadi karena ulat tersebut dapat merusak tanaman bawang dengan cara bertelur dan memakan daun bawang tersebut.

Sedangkan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang tanaman bawang merah ialah jenis penyakit layu.

Gejala penyakit ini biasanya muncul dengan menguningnya daun bawang seperti terpilin. Dan bagian pangkal merah pada daun bawang pun akan membusuk, dan hal itulah yang akan menyebabkan matinya tanaman bawang.

Maka dari itu, anda harus marawat tanaman bawang merah dengan cara rutin melakukan penyemprotan dengan insektisida dan fungisida dengan berkala. Hal ini untuk bertujuan mencegah datangnya hama dan penyakit yang meresahkan.

Panen

cara menanam bawang merah

rachman14.com

Tahap yang paling ditunggu-tunggu dalam menanam bawang merah ialah tahap pemanenan.

Dalam hal ini, bawang merah yang sudah siap untuk dipanen adalah bawang merah yang sudah berusia 60 – 70 hari dari masa tanam. Dan biasanya 80% dari ujung daun bawang tersebut sudah menempel ditanah.

Dan untuk mengurangi kadar air pada pada bawang merah, anda bisa menjemur bawang tersebut sampai kadar airnya hanya tinggal 80 – 85% saja. Biasanya waktu penjemuran bawang ini ialah sekitar 7 – 12 hari. Hal ini dilakukan agar bawang menjadi lebih awet dan tahan lama.

Apabila penjemuran bawang sudah selesai dilakukan, maka bawang merah pun siap untuk dipasarkan.

Nah, itulah beberapa cara menanam bawang merah yang baik dan benar. Semoga setelah anda membaca cara di atas, anda dapat menerapkan cara tersebut dengan baik dan benar di rumah anda.

Khususnya bagi anda yang pemula. cara ini tidak sulit, karena cara ini sangat mudah sekali untuk diterapkan. Sekian dari saya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Leave a Reply