cara membuat artikel ilmiah

Tips Cara Membuat Novel yang Mudah dan Menarik untuk Dibaca (Lengkap)

“Apakah anda bingung, bagaimana cara membuat novel yang baik dan benar?” Yang enak dan menarik untuk dibaca.  “Dan apakah anda juga masih pemula dalam membuat cerita novel, serta apakah anda juga masih bingung bagaimana cara menyusun unsur-unsur novel tersebut supaya si pembaca dapat tertarik dengan novel anda?”

Anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menulis novel yang baik dan benar. Dan di bawah ini juga saya akan membimbing anda bagaimana caranya mengetahui format penulisan novel supaya novel yang anda buat menjadi menarik. Berikut pembahasannya:

Unsur-Unsur Dalam Membuat Novel

cara membuat novel, cara menulis novel

linkedin.com

Dalam membuat sebuah novel, hal yang harus kita terlebih dahulu ialah memahami unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah novel yang akan kita buat. Novel sendiri terdiri atas unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur-unsur tersebut turut membangun sebuah kesatuan cerita yang menarik.

Unsur intrinsik sendiri terdiri dari tema, latar/setting dan sudut pandang. Sedangkan unsur ekstrinsik meliputi latar belakang penciptaan, sejarah, biografi pengarang dan lain-lain yang ada di luar unsur intrinsik. Dan di bawah ini adalah penjelasan isi dari kedua unsur tersebut, yaitu:

1. Tema

cara membuat novel, cara menulis novel

www.arimpi.com

Unsur pertama dalam menulis sebuah novel ialah menentukan sebuah tema. Tema sendiri merupakan gagasan  utama/umum yang menopang sebuah karya sastra dan terkandung di dalam teks. Tema juga disaring dari motif-motif yang terdapat dalam karya yang bersangkutan di situasi tertentu.

Selain itu, tema juga menjadi dasar pengembangan seluruh cerita dan bersifat menjiwai seluruh bagian cerita tersebut. Sebab tema sendiri mempunyai generalisasi yang umum, abstrak dan lebih luas.

Baca juga: Contoh Artikel

2. Latar/Setting

cara membuat novel, cara menulis novel

footage.framepool.com

Latar/setting merupakan latar belakang yang membantu kejelasan jalan cerita. Latar/setting ini dapat meliputi tempat, waktu, dan sosial budaya. Selain itu, latar/setting juga dapat memberikan pijakan cerita secara pas dan jelas. Hal tersebut sangatlah penting, karena kita harus memberikan kesan realistis kepada pembaca.

Latar/setting dapat dibedakan menjadi menjadi tiga bagian, yaitu:

a. Latar Tempat

Latar tempat adalah sebuah latar menunjuk pada lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan di dalam sebuah karya fiksi.

b. Latar Waktu

Latar waktu adalah sebuah latar yang berhubungan dengan masalah kapan terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi.

c. Latar Sosial Budaya

Latar sosial Budaya adalah sebuah latar yang mengarah pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam sebuah karya sastra. Latar sosial budaya ini juga sering disebut dengan latar suasana.

3. Penokohan

cara membuat novel, cara menulis novel

www.shopback.co.id

Penokohan adalah suatu pelukisan atau gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan di dalam sebuah cerita. Penokohan sendiri mencakup masalah siapa tokoh cerita, bagaimana perwatakannya, bagaimana pelukisan dan penempatannya dalam sebuah cerita. Sehingga penokohan ini pun sanggup memberikan gambaran yang jelas kepada pembaca.

Berdasarkan jenisnya, sudut pandang dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu:

a. Tokoh Utama

Tokoh utama adalah tokoh yang diutamakan penceritaannya dalam novel yang bersangkutan.

b. Tokoh Protagonis

Tokoh protagonis adalah tokoh yang yang paling sering dikagumi oleh banyak pembaca. Tokoh ini merupakan tokoh yang dapat memberikan nilai-nilai norma dan nilai-nilai yang positif untuk kita.

c. Tokoh Antagonis

Tokoh antagonis adalah kebalikan dari tokoh protagonis. Tokoh ini merupakan penyebab terjadinya konflik dalam sebuah cerita.

d. Tokoh Sederhana

Tokoh sederhana adalah tokoh yang hanya memiliki satu kepribadian dan satu sifat watak tertentu saja.

e. Tokoh Bulat/Kompleks

Tokoh bulat/kompleks adalah tokoh yang mengungkapkan berbagai kemungkinan sisi hidupnya, sisi kepribadiannya dan jati dirinya.

f. Tokoh Statis

Tokoh statis adalah tokoh yang memiliki sikap dan watak yang relatif tetap dan tak berkembang sejak awal sampai akhir cerita.

g. Tokoh Berkembang

Tokoh berkembang adalah tokoh cerita yang mengalami perubahan yang berkembang, baik dari perwatakannya, perubahan peristiwanya serta plot yang dikisahkannya.

Baca juga ya: Cara Membuat Artikel

h. Tokoh Tipikal

Tokoh tipikal adalah tokoh yang hanya sedikit ditampilkan keadaan individualitasnya, dan lebih banyak ditonjolkan kualitas pekerjaan dan kebangsaannya. Tokoh ini merupakan tokoh yang memberikan penggambaran, pencerminan dan penunjuk terhadap orang atau sekelompok orang yang terikat dalam sebuah lembaga yang ada di dunia nyata.

i. Tokoh Netral

Tokoh netral adalah tokoh cerita yang bereksistensi demi cerita itu sendiri. Tokoh ini juga merupakan tokoh imajiner yang hanya hidup dan bereksistensi dalam dunia fiksi. Ia hadir semata-mata demi cerita, bahkan dialah yang empunya cerita, pelaku cerita dan diceritakan.

j. Tokoh Tambahan

Tokoh tambahan adalah tokoh lain dalam cerita selain tokoh utama. Dan tokoh ini pun biasanya hanya beberapa kali tampil dalam sebuah cerita.

4. Alur/Plot

cara membuat novel, cara menulis novel

kanglodo.com

Alur/plot merupakan rangkaian peristiwa dalam novel. Di kutip dari cakhasan.com “Plot menampilkan kejadian-kejadian yang mengandung konflik yang menarik untuk mencekam si pembaca”. Alur dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Alur maju/alur progresif: Merupakan penjelasan peristiwa yang bergerak secara bertahap berdasarkan urutan kronologis menuju alur cerita.
  • Alur mundur/flash back: Merupakan alur yang berkaitan dengan peristiwa yang sedang berlangsung. Dan biasanya alur ini menceritakan tentang masa lalu dari tokoh dalam cerita tersebut.

5. Sudut Pandang

cara membuat novel, cara membuat novel

bp-guide.id

Sudut pandang merupakan sebuah strategi, teknik dan siasat yang secara sengaja dipilih pengarang untuk mengemukakan gagasan yang ada di dalam ceritanya. Sudut pandang sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

a. Sudut Pandang Orang Pertama: “Aku”

Pengarang menggunakan sudut pandang tokoh dan kata ganti orang pertama. Dia mengisahkan apa yang terjadi dengan dirinya dan mengungkapkan perasaannya sendiri dengan kata-katanya sendiri.

b. Sudut Pandang Orang Ketiga: “Dia”

Pengarang menggunakan sudut pandang tokoh bawahan, dan ia lebih banyak mengamati dari luar dari pada terlibat di dalam cerita. Pengarang juga biasanya menggunakan kata ganti orang ketiga.

c. Sudut Pandang Orang Campuran

Pengarang menggunakan sudut pandang impersonal, ia sama sekali berdiri di luar cerita. Ia juga serba melihat, serba mendengar dan serba tahu. Ia melihat sampai ke dalam pikiran tokoh dan mampu mengisahkan rahasia batin yang paling dalam dari tokoh.

Cara Membuat Novel

cara membuat novel, cara menulis novel

footage.framepool.com

Banyak sekali cara menciptakan novel yang bagus dan menarik untuk dibaca. Dan cara-cara tersebut pasti harus memakai langkah-langkah dan unsur-unsur yang benar. Apalagi bagi anda yang masih pemula. Pasti sulit untuk menyusun struktur novel hingga menjadi novel yang bagus.

Dan di bawah ini saya akan memberikan 4 tips yang paling sering dipakai oleh para penulis sastrawan terkenal pada saat mereka masih menjadi pemula, yaitu sebagai berikut:

Jangan lupa ya, baca juga: Jenis-Jenis Artikel

1. Tulis Apa yang Anda Ketahui

cara membuat novel, cara menulis novel

www.idntimes.com

Tips yang pertama cara membuat novel best seller ialah dengan menulis pengalaman pribadi anda, sebab itu adalah cara menulis novel yang baik dan mudah untuk dilakukan. Sebenarnya tidak masalah ketika anda ingin menulis cerita yang di luar pengalaman pribadi. Syaratnya, anda harus betul-betul mengetahui dan memahami tentang permasalahan tersebut.

Contohnya anda ingin membuat novel dengan latar belakang luar negeri. Sebut saja negara Turki, maka setidaknya anda harus banyak membaca hal-hal yang berkaitan dengan Turki. Misalnya anda membahas tentang makanan khas Turki, bagaimana gaya hidup masyarakatnya, apa bahasanya, bagaimana sejarah bangsanya, bagaimana tata kerama yang lazim digunakan di sana dan sebagainya.

2. Jangan Tulis Semua yang Anda Tahu

cara membuat novel, cara menulis novel

elpais.com

Tulislah setiap karakter sampai karakter tersebut terlihat senyata mungkin. Hal yang harus anda hindari dalam menulis karakter tersebut ialah menulis karakter tersebut dengan hati-hati dan enggak usah terlalu berlebihan. Dan tulislah secukupnya sesuai dengan keperluan ceritanya saja.

Ingatlah, bahwa setiap pembaca kebanyakan tidak ingin membaca profil dan biografi lengkap dari setiap karakter.

3. Jangan Hanya Menyebutkan, Tapi Buatlah Adegan

cara membuat novel, cara menulis novel

typoonline.com

Dalam sebuah cerita novel, kita jangan hanya mendeskripsikan cerita tersebut, tetapi buatlah adegan yang mencekam si pembaca. Hal ini dilakukan agar si pembaca dapat melihat dan mendengar konflik yang terjadi di dalam cerita novel tersebut.

Cara membuat adegannya ialah dengan menampilkan perkataan, bahasa tubuh dan reaksi yang terjadi di dalam konflik tersebut. Karena bila anda membuat adegannya sehidup mungkin, maka anda akan membuat pembaca seolah sedang menonton sinetron atau film. Pembaca pun akan merasa membaca lebih dekat dan hal ini sangat baik, karena pembaca pasti akan menyenangi novel anda.

4. Tulislah Ringkasan Novel Anda Dalam Satu Paragraf

cara membuat novel, cara menulis novel

consciouslivingtv.com

Jika anda masih merasakan kejanggalan dalam menulis ringkasan cerita novel. Berarti ide-ide anda belum cukup terfokus. Maka perbaikilah dengan cara menambahkan, menyempurnakan ide-ide tersebut agar kekurangan itu menjadi tercukupi.

Nah, itulah beberapa langkah dan tips cara membuat novel yang baik serta menarik. Dan semoga isi dari artikel di atas dapat anda terapkan pada saat anda ingin membuat sebuah cerita novel. Sekian dari saya dan jangan pantang menyerah untuk menulis sampai cita-citamu benar-benar tercapai.

Leave a Reply