cara membuat cerpen, cara menulis cerpen

17+ Tips Cara Membuat Cerpen yang Baik dan Menarik (Lengkap)

“Apakah anda ingin menjadi seorang cerpenis? Atau anda baru mau belajar cara membuat cerpen?” Jika benar begitu, berarti anda telah memasuki tempat refreshing yang pas untuk membaca dan belajar cara membuat cerpen. Sebab pada artikel ini, saya akan membimbing anda bagaimana caranya membuat cerpen yang baik dan benar serta enak untuk dibaca.

Tapi sebelum itu, saya akan memberikan penjelasan singkat tentang apa itu cerpen.

Cerpen adalah salah satu ragam fiksi atau cerita rekaan yang sering kali disebut dengan kisahan prosa pendek. “Dan seberapa pendeknya cerpen tersebut?” Pendek dari cerpen tersebut ialah seperti ketika kita sedang membaca sebatas rampung pada saat sekali duduk menunggu kereta api di stasiun atau pada saat sedang menunggu bus di halte.

Baca juga: Contoh Artikel

Langkah-Langkah Cara Membuat Cerpen untuk Pemula

cara membuat cerpen, cara menulis cerpen

duniadosen.com

Dalam membuat cerpen, yang harus anda lakukan ialah mengetahui terlebih dahulu langkah-langkah teknik menulis cerpen yang baik. Bagi anda yang ingin bisa menulis cerpen, semoga panduan di bawah ini sangat bermanfaat. Sebab, panduan ini hanya bersifat garis besar saja, dalam arti masih dapat dikembangkan atau dikreasikan oleh anda sendiri.

Dan pengembangannya pun bisa anda lakukan dengan keinginan sendiri, atau dengan keinginan yang paling mudah untuk anda lakukan.

Panduan ini adalah panduan yang sangat praktis dan mudah untuk dilakukan bagi seorang cerpenis pemula. Dan langsung saja kita bahas langkah-langkah cara membuat cerpen berikut ini:

1. Menentukan Ide

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen

id.techinasia

Langkah awal yang harus anda lakukan dalam menulis cerpen ialah menentukan sebuah ide cerita. Langkah ini hampir sama dengan langkah cara membuat artikel pada pembahasan sebelumnya, karena awal pembuatan kedua konten ini sama-sama di awali dengan penentuan ide.

Dalam menentukan sebuah ide, anda tidak perlu mencari ide yang rumit-rumit. Karena kejadian yang anda lihat atau anda alami dalam kehidupan sehari-hari, bisa anda buat menjadi sebuah cerita yang menarik. Dan ide tersebut bisa juga anda jadikan sebagai judul dari sebuah cerita.

2. Menulis dengan Gaya Bahasa Sendiri

cara membuat cerpen, gaya bahasa dalam menulis cerpen, langkah-langkah membuat cerpen

theconversation.com

Langkah selanjutnya dalam membuat cerpen ialah menulis cerpen tersebut dengan gaya bahasa sendiri. Beberapa para ahli sastrawan berpendapat, bahwa para cerpenis-cerpenis pemula kebanyakan enggan untuk menulis sebuah cerpen dengan gaya bahasanya sendiri. Padahal bahasa dari seorang penulis itulah yang dapat meningkatkan derajat dan karakteristik yang berbeda dari para cerpenis-cerpenis lain.

Menulis dengan gaya bahasa sendiri berarti menulis dengan gaya yang biasa anda lakukan. Yaitu menulis dengan sebisanya dan tidak dipaksakan dengan gaya bahasa yang terlalu formal dan mendayu-dayu. Karena tulisan bisa dikatakan bagus apabila tulisan tersebut memiliki alur dan cerita yang menarik, serta memiliki bahasa karakter tersendiri dari si penulis cerpen tersebut.

3. Membuat Paragraf Pembuka

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen, contoh paragraf pembuka

sangjuara.co

Selanjutnya ialah membuat paragraf pembuka. Perlu anda ketahui, bahwa bagian yang sangat penting dalam sebuah cerpen ialah bagian paragraf pertama. Jadi, bagian paragraf pertama ini pun harus benar-benar diperhatikan, sebagaimana anda memperhatikan judul cerpen.

Cara membuat pembukaan cerpen yang menarik ialah menulis pembukaan cerpen tersebut dengan kata-kata yang dapat membuat si pembaca terus terpancing untuk membacanya.

4. Merangkai Alur dan Plot

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen, alur atau plot dalam cerpen

smansax1-edu.com

Langkah selanjutnya ialah melanjutkan paragraf pembuka yang sudah anda tulis dengan merangkai kejadian demi kejadian. Dialog demi dialog dan narasi demi narasi. Jika semua itu sudah selesai ditulis, maka alur dan plot pun akan terbentuk dengan sendirinya.

Cara menulikan semua itu adalah dengan menulisnya dengan cara anda sendiri, yaitu dengan menulis apa saja yang ada di benak anda tanpa takut salah. Dengan demikian, maka menulis pun akan jadi lebih lancar.

Baca juga ya: Jenis-Jenis Artikel

5. Membuat Paragraf Penutup

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen, paragraf penutup

dictio.id

Paragraf penutup adalah paragraf yang sangat penting juga. Karena sebuah cerita akan menjadi lengkap apabila ada paragraf penutupnya. Jika bagian yang sering disebut ending ini bagus dan menarik, maka cerpen yang anda buat pun bisa terdongkrak menjadi cerpen yang bagus.

Anda dapat menulis bagian ending pada cerpen anda dengan menggunakan 3 ending yang berbeda. Yaitu ending tertutup, ending terbuka dan ending mengejutkan.

6. Mengendapkan Tulisan

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen

darunnajah.com

Setelah cerpen sudah selesai ditulis, anda pun dapat mengendapkan cerpen tersebut. Pengendapan ini bertujuan untuk memberi jeda sebelum di edit. Karena biasanya setelah selesai melalui proses pengendapan, anda akan menjadi lebih teliti dalam proses editing.

7. Mengedit Tulisan

cara membuat cerpen, langkah-langkah menulis cerpen

Cerpen yang telah diendapkan kemudian dibaca lagi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan tanda baca, ketetapan penggunaan EYD, masuk akal atau tidaknya cerita cerpen tersebut dan sebagainya. Lakukanlah pengeditan secukupnya.

Setelah pengeditan selesai, berarti tulisan cerpen yang telah anda buat pun siap untuk disajikan.

8. Menulis Lagi, Belajar Lagi dan Seterusnya

cara membuat cerpen, langkah-langkah menulis cerpen, mengasah skill

youthmanual.com

Setelah anda selesai menulis satu cerpen, jangan cepat puas. Dan setelah ada yang menganggap cerpen anda bagus, anda juga jangan cepat puas. Karena hal terpenting yang harus anda lakukan adalah menulis lagi, belajar lagi, menulis lagi, belajar lagi…Sampai anda mahir menulis cerpen.

Tips Penting Menulis Cerpen

cara membuat cerpen, cara menulis cerpen

hakedis.org

Yakinlah, menulis cerpen dapat menjadi sebuah permulaan yang baik sebagai seorang penulis fiksi. Dan cara membuat cerpen ini pun sangat berbeda dengan cara membuat novel, karena novel adalah cerita yang sangat panjang. Pastinya membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak untuk membuat membuat satu buah novel saja.

Dan di bawah ini saya akan menjelaskan tips penting yang harus anda ketahui dalam menulis sebuah cerpen. Yaitu sebagai berikut:

1. Tentukan Tema yang Jelas

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen

idntimes.com

Tips yang pertama, sebaiknya anda memiliki tema yang jelas pada saat menulis sebuah cerpen. Pastinya di benak anda sudah ada gambaran jelas tentang cerita seperti apa yang ingin anda tuliskan. Dan pesan apa yang ingin anda sampaikan kepada para pembaca.

Karena dengan adanya tema yang menjadi tulang punggung cerita, niscaya cerpen yang anda tulis akan meninggalkan kesan tersendiri kepada para pembaca.

2. Fokus Pada Alur Cerita yang Telah di Pilih

cara membuat artikel, langkah-langkah membuat artikel

shopback.co.id

Fokuslah pada satu alur cerita yang sesuai dengan tema yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun satu hal yang tidak boleh anda lupakan, yaitu pastikan bahwa alur cerita anda lengkap. Artinya harus ada pembukaan, pertengahan cerita, dan penutup.

Selain itu, karakter tambahan, sejarah, latar belakang, dan detail lainnya sebaiknya betul-betul dipilih. Karena semua itu dapat berpengaruh besar terhadap alur cerita yang anda tulis. Dan percabangan alur cerita mutlak harus dihindari. Sebab, anda bukan sedang menulis novel atau pun sedang menulis contoh artikel pendidikan, melainkan anda sedang menulis cerita pendek (cerpen) yang jumlah katanya terbatas.

3. Minimalkan Jumlah Karakter

cara membuat artikel, langkah-langkah membuat artikel

wordatom.com

Dalam membuat sebuah cerpen, hal yang harus anda hindari ialah menampilkan jumlah karakter yang terlalu banyak. Karena makin banyak karakter bisa membuat cerita pendek anda menjadi cerita yang terlalu panjang dan tidak fokus pada tema. Jadi, gunakanlah karakter secukupnya yang sesuai dengan alur cerita.

Dan untuk menjaga efektivitas cerita, dalam sebuah cerpen cukup memiliki tiga tokoh utama saja. “Mengapa?” Karena jika terlalu banyak tokoh, malah akan mengaburkan jalan cerita pada cerpen tersebut.

4. Efisien Penggunaan Kata

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen

cariloker.id

Bagaimanapun cerpen memiliki keterbatasan dalam jumlah kata yang bisa dipakai. Apalagi cerita super pendek seperti flash fiction. Sering kali majalah atau koran tertentu benar-benar membatasi jumlah kata yang bisa dipakai. Jadi, anda sebaiknya menggunakan pilihan kata yang efisien dan menghindari menggunakan kalimat deskriptif/kalimat yang panjang-panjang.

5. Berhati-hatilah dengan Setting

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen

winbusinessin.com

Karena cerpen memiliki kata yang terbatas untuk menyampaikan pesan, anda mestinya memilih setting cerita dengan super hati-hati. Pilihlah setting atau tempat kejadian yang betul-betul berperan dalam mendukung jalannya cerita. tapi jangan salah paham juga, kehatian-hatian itu tidak berarti anda harus selalu memilih setting yang tipikal dan mudah di tebak.

Jadi, jangan obral setting tanpa tujuan yang jelas. Karena yang terpenting untuk dilakukan ialah membuat si pembaca untuk ikut merasakan suasana cerita lewat settingan yang telah anda pilih.

Jangan lupa ya, baca juga: Struktur Artikel

6. Perpendek Tempo Waktu

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen

tipsmenulisbuku.com

Cerita dalam sebuah cerpen yang efektif, biasanya akan menampilkan sebuah tempo waktu yang juga pendek. Hal ini bisa berupa satu kejadian dalam kehidupan karakter utama. Atau berupa cerita tentang kejadian yang berlangsung dalam sehari, bahkan dalam satu jam. Namun dengan waktu yang singkat itu, usahakan agar kejadian yang diceritakan dapat memunculkan tema.

Ingat! Perpendeklah tempo waktu cerpen anda, dan jangan sampai terjebak untuk memperlamanya. Karena waktu tempo yang pas untuk cerpen ialah cukup satu jam saja. Jadi, hindarilah tempo cerita yang bisa memakan waktu membaca hingga seharian.

7. Buat Impresi di Awal Cerita

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen

Secara tradisional, cerpen dimulai dengan pengenalan karakter, konflik, dan resolusi. Dan tahukah anda, bahwa ada alternatif lain yang bisa anda masukkan juga, yaitu impresi di awal cerita.

Anda dapat membuat impresi pada pembaca di awal cerita cerpen anda, yaitu dengan membuat impresi di awal cerita dengan langsung menghadirkan konflik di paragraf pembuka. Biasanya isi dari impresi tersebut akan menunjukkan salah satu karakter yang tahu-tahu sudah berada di dalam sebuah kekacauan besar.

Tentu saja hal demikian akan membuat pembaca merasa makin penasaran, dan di dalam pikiran mereka pun bertanya-tanya: “Apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana karakter tersebut akan menghadapi persoalannya?” Adapun pengenalan karakter, setting, dan lain-lain dapat dilakukan secara perlahan-lahan di bagian cerita berikutnya.

8. Pertahankan Suspense atau Kejutan

cara membuat cerpen, langkah-langkah menulis cerpen

 

Beri kejutan pada pembaca di akhir cerita. Hindari membuat akhir cerita yang mudah ditebak oleh pembaca. Maka penting untuk membuat paragraf pembuka yang menarik, sehingga dapat membuat pembaca penasaran untuk mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya.

Dengan cara seperti ini, niscaya pembaca akan setia membaca satu demi satu kata-kata yang anda tulis sampai akhir cerita. Dan usahakan supaya pembaca tetap menebak-nebak sampai saat-saat terakhir. Karena ini adalah trik untuk mengatur kecepatan dan memperkental nuansa yang ingin anda sajikan kepada pembaca.

9. Berikan Konklusi

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen

Jangan biarkan pembaca meraba-raba dalam gelap pada akhir cerita. Pastikan konklusi di akhir cerita anda memuaskan tetapi juga tidak mudah ditebak. Pembaca perlu dibuat berkesan pada akhir cerita tentang apa yang terjadi pada karakter tersebut.

Perlu anda ketahui, akhir cerita yang mengesankan akan selalu diingat oleh pembaca. Bahkan setelah lama mereka selesai membaca cerita tersebut, mereka pun akan terus mengingat akhir dari cerita yang mengesankan itu.

10. Maksimalkan Kekuatan Dialog

cara membuat cerpen, langkah-langkah membuat cerpen

dialogasia.com

Tips menulis cerpen yang terakhir ialah memaksimalkan kekuatan dialog. Hal yang harus anda ingat dalam membuat cerpen ialah jangan menganggap enteng sebuah dialog dalam sebuah cerpen yang anda buat. Sebab, dialog memiliki kekuatan tersendiri untuk mendukung penokohan karakter di dalam cerpen tersebut.

Oleh karena itu, dialog harus mampu turut bercerita dan mengembangkan cerita yang anda buat. Jangan hanya menjadikan dialog sebagai pelengkap untuk menghidupkan tokoh. Dan tiap kata yang keluar dari mulut tokoh-tokoh juga harus berfungsi dalam memunculkan tema cerita.

Nah, itulah beberapa langkah-langkah dan tips cara membuat cerpen yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membuat cerpen dan anda pun bisa membagikan ilmu yang anda dapat kepada setiap orang membutuhkan.

Ingatlah! Menulis cerpen (cerita pendek) dapat menjadi sebuah permulaan karier yang baik sebagai penulis fiksi. Sekian dari saya dan teruslah menulis sampai cita-citamu tercapai 🙂

Leave a Reply