cara membuat artikel, cara menulis artikel

5+ Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

“Tahukah anda bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar?” Dengan kata-kata yang pas, kalimat yang enak dan efektif untuk dibaca. Serta isinya yang begitu menarik perhatian ketika saat sedang dibaca. Dalam menulis cerpen tersebut, pasti dibutuhkan beberapa pengalaman yang dapat memakan waktu yang cukup lama.

Anda tidak perlu khawatir lagi, karena pada artikel kali ini saya akan menuntun anda bagaimana cara membuat artikel yang simpel, mudah dan cepat. Dan hasilnya pun bisa dibilang sangat layak untuk dibaca oleh semua kalangan pelajar maupun kalangan lainnya.

Langkah-Langkah yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Artikel

cara membuat artikel, cara menulis artikel

typoonline.com

Sebelum menulis artikel, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu langkah-langkah dasar dalam menulis sebuah artikel. Langkah ini sangatlah penting, sebab dalam menulis artikel apabila anda tidak mengetahui langkah-langkah tersebut, maka bisa dipastikan artikel tersebut akan menjadi kaku untuk di baca dan susunan artikelnya pun akan sulit untuk dipahami.

Dan di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus anda ketahui sebelum anda menulis sebuah artikel:

  • Jangan terlalu spaneng untuk terpaku total terhadap aturan-aturan yang baku dalam kepenulisan artikel. Karena kadang kala kepatuhan total malah dapat membuat anda kebingungan sendiri.
  • Perlakukan aturan-aturan yang baku secara profesional.
  • Jangan terlalu meniru aturan baku secara sama persis, karena itu dapat membuat anda nantinya menjadi tidak mampu/kesulitan dalam menulis artikel. Yang akhirnya akan membuat anda batal untuk menulis.
  • Percaya dirilah untuk menulis artikel dengan karakter tulisan anda sendiri.
  • Anda wajib patuh total pada kaidah-kaidah ejaan yang telah dibekukan, yaitu patuh terhadap EYD (Ejaan Yang Sempurna).

Baca juga: Contoh Artikel

Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk di Baca Beserta Contohnya

cara membuat artikel, cara menulis artikel

thenextmarketers.com

Bagi seorang pemula, menulis artikel adalah jalan terbaik untuk belajar menulis. Dari menulis artikel inilah yang kelak akan membentuk suatu karakter tulisan pada seseorang. Dan untuk menulis artikel yang baik dan benar, kita perlu mengetahui terlebih dahulu unsur-unsur dalam membuat sebuah artikel.

Hal tersebut dilakukan agar ketika kita menulis sebuah artikel, kita tidak perlu bingung lagi dalam menentukan isi yang pas dan sesuai dengan topik di dalam artikel tersebut. Dan di bawah ini ada beberapa cara menulis artikel yang baik dan benar, yaitu dengan mengikuti tata cara membuat artikel seperti berikut:

1. Tentukan Topik Tulisan

cara membuat artikel, cara menulis artikel

www.shopback.co.id

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam membuat artikel ialah menentukan topik tulisan yang akan anda buat. Hal ini dilakukan agar pada saat anda menulis artikel, anda akan memperoleh kalimat yang memiliki esensi yang sesuai dan menarik di awal paragraf.

Ingatlah, seorang penulis artikel yang baik akan selalu mengawali tulisannya dengan paragraf yang menarik. Paragraf yang menarik untuk pertama kali dibaca ialah paragraf awal.

Misalnya, contoh cara membuat artikel tentang “peluang berbisnis soto”. Supaya kalimatnya menjadi bombastis, maka di kalimat pertama paragraf pertama kita dapat memberikan statemen yang apa adanya. Yaitu seperti “soto dapat menyehatkan jasmani dan rohani manusia”. Dan di kalimat-kalimat selanjutnya, barulah kita jelaskan makna dari pernyataan tersebut.

Ingat, kita tidak boleh menganggap remeh paragraf pertama. Karena paragraf pertama adalah paragraf yang bisa dikaitkan sebagai etalase yang memuat intisari artikel yang anda tulis. Ibarat sebuah toko yang memiliki etalase, bila etalase toko tersebut anda buat sedemikian manis dan juga menarik, pasti akan banyak orang yang terpukau dan berpotensi mampir untuk belanja.

2. Membuat Sub-Sub Tema

cara membuat artikel, cara menulis artikel

www.idntimes.com

Langkah kedua setelah menentukan topik ialah membuat kerangka sub-sub tema dari topik besar artikel yang telah anda buat tersebut.

Untuk artikel yang bertema “peluang berbisnis soto”, anda dapat membuat sub-sub tema seperti berikut:

  • Sejarah ditemukannya makanan yang bernama soto.
  • Racikan bumbu istimewa agar soto terasa nikmat di lidah.
  • Bahan-bahan untuk membuat soto.
  • Resep khusus agar soto menjadi makanan yang lebih sehat.
  • Perkiraan penghasilan/keuntungan seseorang yang menjual soto.
  • Berapa merek kedai soto yang sudah terkenal.

Dengan membuat sub tema seperti di atas, maka topik yang dibahas pun tidak akan keluar jauh dari ekstensi artikel yang anda tulis.

Baca juga ya: Contoh artikel kesehatan

3. Antar Paragraf Harus Memiliki Hubungan

cara membuat artikel, cara menulis artikel

ayu-belajar-komputer.com

Setelah membuat sub tema, langkah selanjutnya ialah mulai menyusun tulisan dengan baik dan benar.

Ketika anda menuangkan pemikiran ke dalam tulisan, usahakan agar antar satu paragraf saling berhubungan. karena salah satu hal terpenting dalam penulisan artikel adalah kita harus membuat tulisan antar paragraf yang memiliki hubungan kuat dan sejalan dengan topik utama yang anda sedang dibahas.

Selain itu, usahakan pula agar kalimat-kalimat yang anda tulis tidak terlalu panjang. Karena dengan kalimat yang pas dan tidak terlalu panjang, maka orang yang membaca artikel tersebut akan merasa santai dan tidak akan merasa tergesa-gesa dalam membaja dan memahami artikel anda tersebut.

Menurut wartawan senior, setiap kalimat hendaknya tidak lebih jauh dari ukuran kita pada saat bernapas. Karena batas kalimat yang ideal dan baik untuk dibaca adalah sekitar 10 – 15 kata saja.

4. Biasakan Menulis Artikel Tidak Kurang dari 500 Karakter

cara membuat artikel, cara menulis artikel

riauaktual.com

Aturan panjang penulisan artikel memang tidak ada yang baku. Berdasarkan dari kebanyakan para penulis artikel terbaik, mereka rata-rata berpendapat bahwa dalam membuat sebuah artikel usahakan tulisan tidak kurang dari 500 karakter. Bila diperkirakan ialah sebanyak tiga halaman.

Pada awalnya, jika anda pemula mungkin tiga halaman tersebut akan terasa berat untuk dibuat. Namun, jika anda sudah terbiasa menulis, maka lama kelamaan anda tidak akan terasa berat lagi untuk menulis sebuah artikel. Bahkan karena ide dan gagasan sudah terlatih, tanpa anda rasa jumlah karakter tulisan anda pun bisa lebih dari yang sebelumnya.

Dan hal yang paling anda tidak sangka-sangka ialah anda akan terkejut sendiri karena tahu-tahu sudah bisa menulis dengan mudah dan cepat. Bahkan jumlah katanya pun sudah diatas 500 karakter.

Jangan lupa, baca juga: Cara membuat novel

5. Setelah Menulis, Biasakan Melakukan Pengecekan Ulang dan Editing

cara membuat artikel, cara menulis artikel

www.fokusakademi.com

Setelah menulis artikel, langkah yang terakhir dalam membuat sebuah artikel ialah melakukan pengecekan ulang dan editing sendiri. Dalam mengecek ulang tulisan artikel anda, usahakan posisi anda tidak hanya sebagai penulis, tetapi juga sebagai pembaca.

Pada saat anda membaca ulang artikel yang baru anda buat, anda dapat mengedit dan menyempurnakan isi artikel tersebut dengan baik dan ideal serta nyaman untuk dibaca. Dan perlu anda ketahui, bahwa mengedit ulang tulisan bukan berarti mengubah seluruh tatanan artikel anda. Melainkan anda hanya perlu merapikan tatanan tersebut sesuai dengan EYD, mengganti kalimat yang kurang efektif dan membetulkan tulisan yang salah.

Nah, apabila anda telah melakukan pengecekan ulang dan editing, tibalah waktunya untuk mempublikasikan artikel tersebut. Jangan hanya disimpan dan dibaca sendiri, cobalah untuk mempublikasikan hasil kerja keras anda tersebut. Karena siapa tahu artikel yang anda buat itu pun dapat menginspirasi banyak orang.

Penutup

Cara menulis artikel yang baik dan menarik memang membutuhkan usaha. Namun untuk menghasilkan karya yang menakjubkan, maka “teruslah menulis dan jangan menyerah”. Apalagi pada saat tulisan pertama, karena sangat jarang orang yang berhasil menulis pada percobaan pertama. Sekian dari saya dan teruslah menulis.

Leave a Reply