cara membuat artikel ilmiah

Cara Membuat Artikel Ilmiah yang Benar Beserta Jenis dan Komponen-Komponennya [Lengkap]

Cara Membuat Artikel Ilmiah – Artikel adalah salah satu karya sastra yang berisi karangan yang bersisi fakta yang aktual dan ditulis secara lengkap dengan panjang tertentu. Artikel biasanya ditulis melalui media koran, majalah, media online dan lain-lain.

Tujuan dibuatnya artikel ialah untuk menyampaikan sebuah gagasan dan gagasan yang fungsinya ialah untuk meyakinkan, menghibur, mendidik dan lain sebagainya.

Dan tahukah anda, bahwa artikel sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Dan salah satu jenisnya ialah jenis artikel ilmiah. Artikel ilmiah adalah sebuah karya ilmiah yang ditulis dan diterbitkan di jurnal ilmiah.

Baca juga: Contoh Artikel

Jenis-Jenis Artikel Ilmiah

cara membuat artikel ilmiah

Pada umumnya, artikel ilmiah sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu artikel penelitian dan artikel konseptual. Kedua jenis artikel ilmiah tersebut memiliki pembahasan dan fungsi yang berbeda. Dan di bawah ini adalah penjelasan tentang kedua jenis artikel ilmiah tersebut, yaitu sebagai berikut:

a. Artikel Penelitian

Artikel penelitian adalah sebuah artikel yang lebih mengarah kepada hasil-hasil penelitian yang yang dilakukan dan ditinjau langsung ke tempat di mana objek akan diteliti. Dan di dalam artikel penelitian ini, struktur yang digunakan ialah mulai dari pendahuluan, bagian isi dari karangan dan penutup.

Pembahasan yang dibahas di dalam sebuah artikel penelitian mencakup:

  • Alasan dibuatnya artikel.
  • Masalah yang di bahas.
  • Kajian pustaka.
  • Metode yang harus dilakukan.
  • Hasil dan pembahasan dari masalah yang dibahas.
  • Kesimpulan dari pembahasan tersebut.

b. Artikel Konseptual

Artikel konseptual adalah jenis artikel ilmiah yang lebih mengarah kepada hasil konsep yang dibuat di dalam sebuah perkumpulan atau organisasi. Dan di dalam artikel konseptual ini lebih menekankan hasil isi absrtrak yang ada di dalam pembahasan.

Apa Sajakah Komponen-Komponen yang Terdapat di Dalam Sebuah Artikel Ilmiah?

cara membuat artikel ilmiah

www.shopback.co.id

Komponen-komponen yang terdapat di dalam artikel ilmiah terbagi menjadi beberapa bagian. Dan setiap bagian-bagian tersebut memiliki peranan yang berbeda-beda. Dan di bawah ini adalah komponen-komponen yang terdapat di dalam artikel ilmiah beserta penjelasannya secara umum, yaitu sebagai berikut:

No.Komponen-Komponen Artikel IlmiahKeterangan
1.JudulJudul artikel yang baik bersifat ringkas, terdiri dari jumlah kata seminimal mungkin, deskriptif dan impormatif serta tepat menggambarkan isi tulisan pada sebuah konsep.
2.Nama dan Alamat PenulisNama dan alamat penulis harus ditulis tanpa mencantumkan gelar dan penulisan nama dari satu artikel ke artikel lainnya. Hal ini dilakukan untuk pengindeksan nama dan alamat si pengarang.
3.Abstrak dan Kata KunciAbstrak dan kata kunci merupakan sari tulisan yang meliputi latar belakang, tujuan, teori dan bahan metode yang digunakan.
4.PendahuluanDalam pendahuluan dikemukakan suatu permasalahan konsep dari hasil penelitian secara jelas dan singkat.
5.MetodeMetode merupakan sebuah alur yang harus ditulis secara rinci dan jelas. Sehingga peneliti lain dapat melakukan penelitian yang sama.
6.Hasil dan PembahasanHasil dan pembahasan merupakan hasil temuan dari penelitian yang dikemukakan keterkaitan antar hasil penelitian tersebut dengan teori.
7.Kesimpulan dan SaranKesimpulan merupakan penegasan dari penulis mengenai hasil penelitian dan pembahasan.
8.Ucapan Terima KasihUcapan terima kasih ditulis secara ringkas sebagai ucapan terima kasih kepada para tim, anggota dan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penelitian.
9.Daftar PustakaBahan yang ditulis di dalam daftar pustaka adalah bahan yang benar-benar hanya disebutkan dalam naskah artikel.
10Catatan KakiCatatan kaki merupakan catatan yang ditulis di bagian bawah dan biasanya digunakan sebagai alamat penulis dan informasi program studi.

Bagaimanakah Cara Membuat Artikel Ilmiah yang Baik?

cara membuat artikel ilmiah

 

Artikel ilmiah adalah salah satu jenis artikel populer yang masuk ke dalam jenis karya tulis atau pun karya ilmiah. Artikel ilmiah ini tidak hanya sekedar untuk ditulis dan menjadi dokumen pribadi saja, tetapi artikel ilmiah ini juga harus disebarkan melalui media massa.

Biasanya artikel ilmiah ini dikirim dan dimuat di dalam surat kabar, jurnal, tabloid, majalah dan media lainnya. Dan artikel ilmiah ini juga biasanya ditulis oleh para guru dan menjadi suatu kewajiban bagi guru tersebut untuk menjadikan bahan kenaikan pangkat.

Baca juga ya: Pengertian Artikel

Di bawah ini saya akan menjelaskan tata cara membuat artikel ilmiah yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

1. Menentukan dan Memilih Tema

cara membuat artikel ilmiah

Cara menulis artikel ilmiah yang pertama ialah dengan menentukan tema tulisan. Tema tulisan sendiri merupakan pokok pembahasan dalam sebuah artikel. Jadi setiap karya tulis pasti memiliki tema masing-masing, termasuk juga dengan artikel ilmiah

Dalam menentukan tema pada artikel ilmiah, usahakan pilihlah tema yang mudah dan sudah anda kuasai dengan baik. Karena dengan memilih tema yang sudah kita kuasai, maka kita pun bisa dengan mudah menyusun dan menjabarkan setiap kerangka pokok pembahasan di artikel tersebut dengan baik.

Contoh tema yang baik dalam sebuah artikel ialah seperti metode mengajar, motivasi belajar, strategi dalam belajar dan lain sebagainya.

2. Menyusun Kerangka

cara membuat artikel ilmiah

www.idntimes.com

Cara membuat artikel ilmiah yang selanjutnya ialah dengan cara menyusun kerangka pada artikel ilmiah yang akan kita tulis. Sebelum penulisan artikel ilmiah ini dilakukan, maka sebaiknya kita terlebih untuk menyusun kerangka pembahasan yang akan kita bahas.

Cara menyusun kerangka di dalam sebuah artikel ialah dengan cara mengumpulkan kalimat-kalimat penting dan menyiapkan hal-hal apa saja yang akan kita tulis dalam membuat artikel ilmiah nantinya.

3. Membuat Paragraf Pembuka

cara membuat artikel ilmiah

Dalam membuat paragraf pembuka, kita harus membuat format artikel ilmiah pembuka tersebut dengan jelas dan lugas. Hal ini dilakukan karena paragraf pembuka sendiri memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah artikel.

Dan Tujuan dari dibuatnya kalimat pembuka ini ialah untuk menarik minat para pembaca dan juga meningkatkan kualitas artikel itu sendiri. Selain itu, paragraf pembuka dalam artikel ilmiah ini memiliki peranan yang penting dalam pembukaan artikel.

4. Menulis Gagasan Pokok

cara membuat artikel ilmiah

hakedis.org

Menulis gagasan pokok dalam membuat artikel ilmiah sangatlah penting. Karena dalam membuat artikel, hal yang perlu diperhatikan ialah gagasan pokok isi artikel tersebut. Sebab, para pembaca pasti akan menangkap apa yang akan disampaikan oleh para penulis artikel tersebut.

5. Memberikan Ilustrasi Pada Karangan

cara membuat artikel ilmiah

casciscus.bakbuk.id

Dalam sebuah karangan artikel ilmiah, kita dapat memberikan ilustrasi yang sesuai pada pokok pembahasan dalam artikel yang kita buat. Ilustrasi biasanya di letakkan dalam rangkaian pada kalimat paragraf.

Dalam memasukkan ilustrasi, sebaiknya kita mencari ilustrasi yang tepat pada pembahasan di artikel yang akan kita buat. Yaitu dengan memasukkan ilustrasi yang wajar, logis dan juga masuk akal.

6. Mempelajari Cara dan Gaya Penulisan yang Benar

cara membuat artikel ilmiah

bp-guide.id

Sebelum menulis artikel ilmiah, sebaiknya kita terlebih dahulu untuk mempelajari cara dan gaya penulisan artikel yang tepat dan benar. Hal ini dilakukan agar ketika pembaca membaca artikel kita, maka ia akan menilai bahwa tulisan kita sudah layak dan sudah masuk ke dalam kriteria tulisan yang baik dan menarik.

Jangan lupa ya, baca juga: Contoh Artikel Pendidikan

Salah satu cara yang perlu diperhatikan dalam menentukan gaya penulisan yang baik ialah dengan cara mempelajari gaya penulisan pada media yang akan di tuju. Karena setiap media cetak, pasti memiliki gaya serta cara penulisan atau penyajian yang berbeda-beda.

7. Membuat paragraf Penutup

cara membuat artikel ilmiah

Membuat paragraf penutup adalah cara selanjutnya yang harus kita buat setelah kita selesai membuat isi pembahasan di dalam sebuah artikel. Dalam membuat paragraf penutup, kita harus membuat kalimat penutup yang logis dan sesuai dengan isi artikel.

Kita bisa membuat paragraf penutup yang baik, yaitu dengan menggunakan kalimat yang berupa kesimpulan dari pokok pembahasan artikel yang kita tulis. Sehingga pembaca pun akan lebih mudah dalam memahami pembahasan yang telah dibahas di dalam isi artikel tersebut.

8. Mengoreksi dan Menyunting Tulisan Artikel dengan Seksama

cara membuat artikel ilmiah

www.fokusakademi.com

Langkah terakhir dan wajib anda lakukan dalam membuat artikel ilmiah ialah dengan mengoreksi isi artikel yang telah kita buat. Hal ini dilakukan agar tulisan-tulisan yang tidak tepat dan salah bisa langsung diganti dengan atau dihapus.

Dalam mengoreksi tulisan, kita dapat menyunting semua isi tulisan tersebut dengan benar. Yaitu dengan memeriksa kembali keseluruhan kata dan kalimat serta paragraf yang telah ditulis. Dan selain itu, hal yang harus kita perhatikan ialah tanda baca dan ejaan dalam tulisan. Dengan menyunting semua itu, artikel kita akan menjadi berkualitas dan juga menjadi enak dibaca.

Nah, itulah beberapa pembahasan tentang cara membuat artikel ilmiah yang baik dan benar. Dan semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi anda, dan anda pun dapat memberikan manfaat tersebut kepada orang lain.

Leave a Reply