budidaya ikan lele

Cara Budidaya Ikan Lele yang Baik dan Benar ( Terlengkap dan Menguntungkan)

Budidaya Ikan Lele – Ikan lele adalah jenis ikan air tawar yang memiliki kumis (patil) di moncongnya. Ikan lele ini sering disebut juga dengan ikan keli.

Dan ikan ini pun sangat senang hidup di air yang berlumpur, contohnya ialah di sawah atau pun di kolam tanah. Sedangkan habitat asli ikan lele ini ialah di persawahan, waduk, telaga, rawa dan di sungai yang memiliki air yang tenang atau tidak deras.

Ikan lele ini pun memiliki sifat yang nokturnal, yaitu hewan yang aktif bergerak mencari makanan dimalam hari. Sedangkan disiang hari ikan ini tidur dan berdiam diri di tempat yang gelap. Dan ikan lele ini pun mengalami pemijahan disaat hujan atau pun musim penghujan.

Di Indonesia ikan lele menjadi salah satu ikan yang banyak dibudidayakan di penangkaran dengan jumlah yang sangat besar. Hal ini diakibatkan karena banyaknya permintaan konsumen yang menjadikan ikan lele ini sebagai bahan untuk makanan kuliner.

Contohnya makanan kulinernya ialah seperti pecel lele, mangut lele dan makanan dari lele lainnya yang sangat laris dikalangan masyrakat.

budidaya ikan lele

minasejatera.com

Hal inilah yang membuat para peternak ikan lele menjadi bertambah pesat dari tahun ketahun. Maka dari itu, saat ini banyak sekali para peternak ikan yang membudidayakan ikan jenis lele tersebut.

Jadi jika anda ingin memiliki peluang yang besar dalam budidaya ikan, maka cobalah budidaya ikan lele ini. Karena saat ini sudah banyak sekali para peternak ikan lele yang sudah sukses besar.

Dan jika bagi anda yang masih pemula dalam beternak lele, maka anda tidak perlu bingung mengolah ikan tersebut. Karena d saya akan menuntun anda cara beternak lele yang baik dan benar serta mengasilkan.

Dan anda pun hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

1.Menyiapkan Media Tempat Budidaya Ikan Lele

budidaya ikan lele

www.agrotani.com

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam budidaya ikan lele adalah memilih media tempat budidaya. Dan langkah pemilihan media tempat budidaya ikan lele ini hampir sama dengan langkah- langkah dalam pemilihan media tempat budidaya belut dan budidaya ikan sidat.

Dan di bawah ini, adalah beberapa jenis media kolam beserta keunggulannya yang bisa anda gunakan untuk budidaya ikan lele, yaitu sebagai berikut:

a.Kolam Tanah

budidaya ikan lele

www.jurnal.id

Pada umumnya, kolam tanah adalah kolam yang digunakan oleh para peternak lele hingga saat ini.

Kolam tanah ini pun secara umum banyak dikenal oleh para petani ikan dengan istilah empang. Dan struktur kolam ini ialah berbentuk persegi atau pun persegi panjang, dan hampir 95% badan kolam ini tertutupi oleh tanah. Keunggulan dari kolam ini ialah:

  • Memiliki penopang alami yang tahan lama.
  • Kaya akan mikroorganisme yang sangat baik/.
  • Dan kolam ini pun dapat menghemat air sampai musim panen tiba.

b.Kolam Beton

budidaya ikan lele

www.invis-a-vision.com

Kolam beton adalah kolam yang terbuat dari bahan dasar semen.

Kolam beton ini adalah kolam yang hampir sama bentuknya dengan kolam tanah. Hanya saja bagian dasar dinding kolam tersebut terbuat dari bahan dasar semen.

Hal ini bertujuan agar dinding kolam tersebut tidak mudah bocor dan rusak. Dan kolam satu ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut:

  • Mampu mengontrol perubahan suhu kolam.
  • Dapat membersihkan kolam dengan mudah.
  • Struktur kolam dapat bertahan lama hingga 6-12 tahun.
  • Dapat menghemat biaya. Karena kolam ini jarang mengalmi kerusakan.

c.Kolam Terpal

budidaya ikan lele

www.petanisukses.com

Kolam terpal adalah kolam yang bisa anda buat di lahan yang sempit dan seadanya.

Kolam ini adalah kolam yang menjadi salah satu alternatif utama bagi para pembudidaya ikan, khususnya ikan lele. Kenapa bisa dikatakan begitu, karena dalam pembuatan kolam terpal ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Sebab kita hanya perlu membeli beberapa terpal saja untuk pembuatan kolam tersebut. Dan anda pun dapat membuat kolam dengan bentuk persegi atau pun berbentuk bulat.

Kolam terpal ini memiliki banyak keunggulan, antara lain:

  • Dapat dibuat di lahan yang minim atau sempit.
  • Harga pembuatan kolm ini jauh lebih murah dari pada jenis kolam yang lainnya.
  • Kolam ini dapat meminimalisirkan hama dan penyakit.
  • Air di kolam ini tidak mudah keruh.
  • Ikan lele pun jauh lebih bersih.
  • Dan anda dapat menyeleksi ikan dengan mudah.

Dari beberapa jenis kolam di atas, anda dapat memilih salah satu jenis kolam yang akan anda buat untuk tempat pembudidayaan. Yaitu dengan cara menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar dan modal ternak yang anda punya.

2.Pemilihan Benih Ikan Lele

budidaya ikan lele

www.gulalives.co

Setelah anda sudah menyiapkan media kolam untuk lele, langkah selanjutnya ialah memilih benih ikan lele yang akan dibudidayakan.

Dalam pemilihan benih lele, anda harus memilih benih ikan ini yang yang unggul dan berkualitas.

Karena tingkat kesuksesan dalam budidaya ikan lele sangat ditentukan oleh kualitas benih lele yang akan di tebar. Jadi dalam hal ini anda harus memilih benih ikan lele dengan teliti.

Di bawah ii adalah ciri-ciri benih ikan lele yang unggul dan berkualitas. Yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki gerakan yang lincah.
  • Tidak cacat fisik atau tidak luka dibagian tubuhnya.
  • Bebas dari penyakit.
  • Serta memiliki gerakan renang yang baik atau normal.

Dan anda pun bisa mendapatkan benih ikan lele tersebut dengan cara membelinya kepada para peternak yang sudah berpengalaman. Atau anda juga bisa melakukan pembenihan dengan ikan lele sendiri.

3.Perawatan Lele yang Baik dan Benar

budidaya ikan lele

kabartani.com

Pada saat anda budidaya lele, hal yang harus anda lakukan adalah merawat lele-lele tersebut. Hal ini bertujuan agar para lele yang kita rawat bertumbuh dengan normal dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dan hal inilah yang mempengaruhi harga jual lele dikalangan pengepul atau pun konsumen. Karena lele yang memiliki harga jual yang tinggi adalah ikan lele yang sehat dan berkualitas.

Maka dari itu kita harus merawat lele dengan perhatian yang khusus dan ketelatenan yang tinggi.

Dan di bawah ini adalah beberapa cara merawat ikan lele yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut;

a.Pengendalian Hama dan Penyakit

budidaya ikan lele

www.petanimasuksurga.com

Pengendalian hama dan penyakit adalah cara pertama yang harus anda lakukan dalam budidaya ikan lele. Karena hama dan penyakit dapat mengancam kelangsungan hidup ikan semua ikan lele yang anda budidayakan.

-Hama

budidaya ikan lele

www.youtube.com

Hama adalah predator yang paling umum dan sering meresahkan para peternak ikan, termasuk ikan lele. Dan hama yang paling umum di dalam tempat budidaya ialah seperi ular, musang air, linsang dan burung.

Untuk mencegah datangnya hama ini, anda cukup memasangkan saringan pada jalan masuk dan keluar air. Atau anda juga dapat memagar di sekeliling kolam anda.

-Penyakit

budidaya ikan lele

lele-sangkuriang.com

Penyakit adalah salah satu faktor penyebab kematian ikan lele di penangkaran. Dan penyakit yang sering menyerang ikan lele adalah penyakit protozoa, virus dan bakteri.

Dan cara mencegah datangnya penyakit ini ialah dengan menjaga kualitas air, sering membersihkan kolam, menjaga suhu kolam dan mengontrol pakan ikan.

b.Pengolahan Air

budidaya ikan lele

sembistek.com

Dalam budidaya ikan lele, yang anda harus lakukan adalah mengolah air kolam.

Anda dapat mengelola air kolam dengan menjaga kualitas air kolam. Hal ini bertujuan agar lele-lele di kolam tersebut selalu tetap terjaga kesehatannya.

Anda pun dapat mengganti air kolam apabila air kolam tersebut sudah mengeluarkan bau busuk.

Cara mengganti airnya ialah dengan membuang sepertiga air kolam, kemudian isi lagi air kolam tersebut dengan air yang baru.

c.Pengaturan Suhu Kolam

budidaya ikan lele

lestaripetani.com

Sama halnya seperti budidaya ikan gurame di artikel yang di bahas sebelumnya, pengaturan suhu pada kolam lele juga sangatlah penting. Karena hal ini dapat mempengaruhi kesehatan lele yang dibudidayakan.

Dan pengaturan suhu ini juga dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan si lele. Karena jika suhu di kolam penangkaran tidak stabil, maka ikan lele pun akan rentan terkena penyakit.

Dan suhu yang harus anda pertahankan pada kolam lele ialah sekitar 20 derajat celcius. Karena suhu ini adalah suhu yang pas untuk para lele yang dibudidayakan.

4.Pemberian Pakan

budidaya ikan lele

www.intrafish.com

Pakan ikan lele merupakan komponen terbesar yang berpengaruh dalam budidaya ikan lele. Karena pemberian pakan ini sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas dari ikan lele.

Dan untuk mencapai hasil yang maksimal, anda dapat menerapkan pemberian pakan utama dan pakan tambahan secara imbang.

Di bawah ini akan saya jelaskan tentang pakan utama dan pekan tambahan untuk ikan lele.

a.Pakan Utama

budidaya ikan lele

infoakuakultur.com

Pakan utama untuk ikan lele adalah pakan yang mengandung banyak nutrisi yang baik.

Dan model pakan utama lele mengandung nutrisi yaitu protein sekitar 25%, karbohidrat sekitar 20%, lemak sekitar 15%, serta mengandung vitamin dan mineral.

Pemberian pakan ini bisa anda berikan sesuai dengan nafsu makan ikan. Yaitu sekitar 4-5 kali sehari. Dan waktu pemberian pakan tersebut ialah dipagi hari, siang hari, sore hari dan dimalam hari.

b.Pakan Tambahan

budidaya ikan lele

usahaapa.com

Pakan tambahan adalah pakan ikan lele yang membantu menghemat biaya dari pmberian pakan utama.

Dan model dari pakan tambahan ini ialah seperti rumput azolla, ikan rucah segar, keong emas serta limbah ayam.

Dan dalam pemberian pakan tambahan ini, anda tidak boleh telat atau pun kurang. Karena lele adalah jenis ikan yang memiliki sifat kanibal. Jadi anda harus benar-benar perhatikan dalam pemberian pakan tambahan ini.

5.Masa Panen

budidaya ikan lele

news.kkp.go.id

Masa panen adalah masa yang ditunnggu-tunggu oleh para peternak lele.

Dalam masa ini lele yang dipanen ialah lele yang sudah tumbuh dewasa dan sudah mempunyai bobot 1 kilo gram dari 6 ekor lele. Dan biasanya ikan lele yang sudah bisa dipanen adalah ikan yang sudah berusia 2-4 bulan.

Cara memanen ikannya yaitu dengan mengeringkan air kolam tempat ikan dibudidayakan terlebih dahulu. Kemudian, gunakan serokan untuk menangkap ikan lele dan masukkan di dalam wadah yang sudah disediakan. Setelah itu, ikan lele pun siap anda pasarkan.

Dan itulah beberapa cara budidaya ikan lele yang baik dan benar. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi anda. Selebihnya anda pun bisa memakai cara di atas ditempat anda, khususnya bagi anda yang masih pemula.

Sekian dari saya, dan selamat mencoba.

Leave a Reply