budidaya ikan gurame

Cara Budidaya Ikan Gurame yang Paling Lengkap dan Menguntungkan

Budidaya Ikan Gurame – Ikan gurame adalah ikan sejenis ikan konsumsi yang hidup di air tawar. Dan ikan gurame ini sangat digemari dan disukai sebagai makanan kuliner dan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan, Termasuk Indonesia.

Ikan ini biasanya hidup di perairan yang dalam dan tenang. Dan hal ini lah yang membuat ikan gurame ini dapat hidup cukup lama, sebab ikan ini hidup di tempat yang masih tergolong aman.

Panjang tubuh ikan gurame ini dapat mencapai panjang 70 cm, dengan berat tubuhnya kurang lebih sekitar 12 kg.

Dan ikan ini pun memiliki ciri-ciri khusus di bagian tubuhnya. Ciri-cirinya yaitu memiliki sirip ekor berbentuk agak membulat seperti bentuk busur, mempunyai sirip dada yang berjumlah dua buah, dan mempunyai jari-jari prtama yang bentuknya seperti benang memanjang.

budidaya ikan gurame

usahaagro.com

Di Indonesia sendiri, ikan gurame ini banyak dibudidayakan di beberapa wilayah. Yaitu wilayah Kalimantan, Sumatera, dan Jawa.

Dan ikan ini pun sangat digemari sebagai makanan konsumsi, karena daging ikan ini sangat lezat, padat, gurih dan durinya pun besar-besar.

Hal itulah yang membuat para peternak ikan gurame berkembang pesat dan sukses besar dari tahun ke tahunnya. Karena banyaknya permintaan dari para konsumen yang selalu meningkat setiap waktu.

Dan di bawah ini saya akan memberikan beberapa tips yang baik dan benar dalam budidaya ikan gurame. Yaitu sebagai berikut:

Menyediakan Kolam Ikan

budidaya ikan gurame

informazone.com

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan media tempat budidaya ikan gurame, yaitu kolam gurame.

Media ikan ini sangat penting, karena jika kita ternak ikan gurame di tempat yang tidak mendukung dan tidak strategis, maka ikan gurame akan sulit berkembang di tempat tersebut.

Dan ada beberapa macam jenis kolam yang bisa anda gunakan dalam budidaya ikan ini. Tetapi saran saya, lebih baik anda memilih media kolam terpal. Hal tersebut saya sarankan karena media kolam terpal ini sangat banyak sekali keunggulannya dari pada kolam jenis lain.

Dan keunggulan kolam ini antara lain sebagai berikut:

  • Biaya yang dikeluarkan dalam membuat kolam ini sangatlah dikit (hemat biaya).
  • Dapat membuat kolam di lahan yang sempit atau pun tidak mendukung.
  • Kejernihan air kolam dapat bertahan lama.
  • Dapat menyortir ikan dengan mudah.
  • Dapat meminimalisir datangnya hama dan penyakit.
  • Dan dapat mengganti air kolam dengan mudah.

Anda pun bisa membuat kolam terpal ini dengan beberapa bentuk. Contoh bentuk kolamya ialah seperti persegi, lingkaran dan lain-lain, tergantung selera anda.

Pemilihan Bibit Ikan

budidaya ikan gurame

www.tokopedia.com

Tahap yang selanjutnya adalah pemilihan bibit ikan gurame.

Seperti halnya pemilihan bibit ikan di budidaya ikan lele dan budidaya ikan sidat pada artikel sebelumnya, pemilihan bibit gurame ini sangatlah penting. Karena pemilihan bibit gurame ini akan menjadi faktor baik atau buruknya kualitas ikan gurame tersebut. Maka dari itu pilihlah bibit ikan yang unggul dan berkualitas.

Karena jika anda memilih bibit ikan yang berkalitas, maka bisa dipastikan ikan yang anda budidaya itu pun akan memiliki harga jual yang tinggi di pasaran.

Dan di bawa ini adalah tips cara memilih bibit ikan yang baik dan berkualitas. Antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki gerakan renang yang lincah.
  • Ukuran benih ikan harus seragam.
  • Sisik ikan harus yang mengkilap.
  • Dan bebas dari penyakit.

Perawatan Ikan

budidaya ikan gurame

satujam.com

Perawatan ikan adalah tahap yang harus anda lakukan dalam budidaya ikan gurame. Karena perawatan ikan ini akan berpengaruh besar terhadap kualitas dan harga jual ikan di pasaran.

Maka dari itu kita harus merawat ikan gurame dengan cara telaten, agar si ikan dapat tumbuh berkembang dengan baik seperti layaknya budidaya belut di artikel sebelumnya.

Dan di bawah ini adalah cara perawatan ikan yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

a.Penanggulangan Hama dan Penyakit

budidaya ikan gurame

carabudidayaikan9.com

Hama dan penyakit adalah musuh besar bagi para peternak ikan, khususnya ikan gurame. Karena hama dan penyakit ini dapat berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup si ikan ini.

-Hama

budidaya ikan gurame

kalderaromadhon.com

Hama adalah hewan yang dapat mengganggu dan merusak populasi ikan yang ada tempat penangkaran. Sehingga hama ini sangat meresahkan para petani ikan, termasuk ikan gurame.

Jenis hama ini banyak sekali macamnya, contohnya seperti musang air, ular, lingsang dan burung pemakan ikan.

Maka dari itu kita harus menjaga kolam tempa budidaya. Yaitu dengan cara memasang pagar di sekeliling kolam, atau anda juga bisa memasang jaring di atas atau pun di samping kolam.

-Penyakit

budidaya ikan gurame

www.youtube.com

Penyakit pada ikan gurame sering sekali terjadi, hal ini terjadi karena kurangnya kebersihan air kolam tempat penangkaran ikan tersebut. Sehingga bakteri dan virus pun dapat berkembang biak dengan cepat di dalam kolam tersebut.

Contoh penyakit yang sering menyerang ikan gurame ialah sebagai berikut:

  • Bintik putih.
  • Jamur (parasit).
  • mata belo.
  • Bercak merah atau bintik-bintik
  • Bakteri dan lain-lain.

Maka dari itu untuk meminimalisir datangnya penyakit pada ikan, hal yang harus anda lakukan ialah menjaga kebersihan kolam dan sekitarnya. Karena virus dan bakteri tidak akan bisa berkembang biak di tempat yang jernih dan bersih.

b.Pengolahan Air Kolam

budidaya ikan gurame

www.bibitikan.net

 

Pengolahan air kolam adalah hal yang paling penting pada saat anda membudidayakan ikan gurame. Karena hal ini bertujuan untuk mencegah datangnya penyakit dan hama.

Sebab apabila air kolam sudah kotor dan brbau busuk, maka air kolam tersebut dapat mengundang datangnya hama. Hal ini terjadi karena hama tersebut mencuim aroma busuk dari kolam tersebut.

Dan penyakit pun akan mudah menempel pada ikan yang airnya kotor dan bau.Karena penyakit seperti bakteri dan virus akan mudah berkembang biak di air kolam tersebut.

Maka dari itu, kita harus rajin membersihkan kolam tempat budidaya ikan tersebut. Yaitu dengan cara:

  • Menguras dan mengganti air kolam dengan cara berkala.
  • Pemberian sanitizer atau zat kimia yang dapat mengurangi jumlah mikroorganisme selama 2 minggu sekali.
  • Membersihkan sisa makanan ikan gurame.

Dan cara di atas adalah cara yang sangat biak, karena cara tersebut dapat memberikan pasokan air yang bersih dan oksgen yang cukup.

Pakan Ikan

budidaya ikan gurame

www.bukalapak.com

Pada umumnyanya ikan gurame adalah jenis ikan yang memakan jenis-jenis tumbuhan (herbivora). Namun ikan gurame ini juga dapat bersifat karnivora, apabila di waktu ikan tersebut masih berukuran benih. Dan akan menjadi herbivora pada saat ia sudah dewasa.

Jenis pakan ikan guirame sangatlah penting. Karena jenis pakan ikan yang berkualitas ,dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ikan.

Dan makanan pokok ikan gurame adalah pelet. Karena pelet mengandung protein sekitar 30% yang dapat memenuhi kebutuhan gizi ikan gurame tersebut.

Anda juga bisa memberi pakan tambahan berupa daun dan sayuran. Karena daun dan sayuran sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan si ikan.

Dan pemberian pakan ikan gurame ini bisa anda lakukan selama 2 x sehari.

Panen

budidaya ikan gurame

satujam.com

Membudidayakan ikan gurame tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena anda hanya perlu menunggu waktu dari pembenihan sampai ke panen selama 5 bulan.

Dan setelah ikan sudah mencapai berat yang telah ditentukan untuk dijual, anda pun sudah bisa memanen ikan tersebut.

Pemanenan dilakukan dengan cara menguras udara yang ada di kolam ikan tersebut, dengan membuka pintu pembuangan udara dan menutup pintu masuknya udara.

Setelah kering, Anda bisa melakukan memancing dengan menggunakan atau menggunakan serokan. Hal ini dimaksudkan agar badan ikan tidak luka. Karena bahaya pada ikan dapat menurunkan harga jual ikan tersebut.

Itulah beberapa cara budidaya ikan gurame yang baik dan benar. Anda dan orang-orang dapat menerapkan cara di atas ditempat Anda.

Sekian dari saya, dan selamat mencoba.

Leave a Reply