shamo, ayam shamo jepang, ayam shamo, ciri-ciri ayam shamo

Ciri-Ciri dan Sejarah Ayam Shamo Jepang [Ayam Aduan Super Besar]

Ayam Shamo adalah salah satu jenis ayam aduan yang memiliki ukuran tubuh super besar dan gagah. Ayam ini juga sering disebut sebagai ayam petarung raksasa. Umumnya shamo jantan memiliki bobot tubuh sekitar 3-7 kg, dengan tinggi antara 70-85 cm. Sedangkan untuk yang betina, beratnya mencapai 3-5 kg dengan tinggi 40-55 cm.

Selain itu, jenis ayam shamo ini juga umumnya sudah sangat terkenal di Asia, termasuk Indonesia. Dan kita dapat menjumpai ayam shamo ori Jepang di farm-farm terkenal yang ada di wilayah Indonesia.

Sejarah Singkat Ayam Shamo

ayam shamo, babon shamo

Ayam petarung super

Ayam shamo adalah jenis ayam petarung yang merupakan keturunan ayam bangkok dari Thailand. Dan shamo sendiri mempunyai arti Negara Siam atau Thailand. Seiring berjalannya waktu, ayam ini pun di kembang biakan secara luas di Negara Jepang.

Kebanyakan para pedagang Jepang yang berlayar ke Negara Siam membawa pulang ayam aduan dari Bangkok. Setelah ayam tersebut sampai di Jepang, kemudian ayam tersebut dikawinkan dengan ayam aduan lokal.

Dan dari beberapa perkawinan silang, muncullah jenis keturunan ayam aduan baru yang saat ini dikenal dengan sebutan ayam shamo. Jadi, bisa dibilang bahwa jenis ayam shamo ini adalah jenis ayam silangan bangkok dengan ayam lokal dari Jepang.

Ayam shamo sendiri sangat digemari oleh masyarakat Jepang, karena mempunyai gaya teknik pertarungan yang tidak kalah hebat dengan teknik bertarung ayam bangkok super.

Catatan: Ayam shamo adalah jenis ayam yang memiliki kekuatan pukulan diatas ayam bangkok, dan memiliki besar tubuh di atas ayam saigon. Ayam ini lebih mengandalkan serangan balik dan teknik kuncian. Dan ayam ini dapat bertarung selama 2 jam tanpa istirahat karena memiliki stamina yang super kuat. Oleh karena itu, masyarakat jepang menjulukinya sebagai king of game fowl (si raja sabung).

Ciri-Ciri Ayam Shamo Jepang

ayam shamo, ayam tertinggi di dunia, ayam shamo asli

Ayam shamo adalah salah satu jenis ayam aduan yang banyak digemari oleh para penghobi adu ayam di Indonesia. Seperti memilih jenis-jenis ayam aduan yang berkualitas, kita juga harus memilih ayam jenis shamo ini dengan cermat dan tidak asal-asalan.

Sebagai pecinta ayam petarung, Sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu ciri fisik dari ayam jenis ini. Agar ketika ada yang menjual ayam ini, kita dapat mengetahui kualitas dari ayam tersebut. Dan dibawah ini adalah ciri-ciri ayam shamo Jepang yang berkualitas super, yaitu sebagai berikut.

1. Kepala

ayam shamo, bentuk kepala ayam shamo

Bentuk kepala dari ayam shamo Jepang rata-rata hampir sama dengan bentuk kepala dari jenis ayam bangkok pada umumnya. Yang membedakannya ialah hanya di ukuran kepalanya saja. Karena ayam ini sendiri memiliki bentuk kepala yang lebih besar dibandingkan dengan bentuk kepala dari ayam bangkok.

Selain itu, ayam jenis ini juga memiliki kulit kepala yang tebal dan juga berwarna merah cerah. Sehingga, apabila ayam ini bertarung, maka ayam ini pun tidak akan mudah bonyok walaupun sudah bertarung sangat lama.

2. Jengger

ayam shamo, kepala ayam shamo, jengger ayam shamo

Ayam shamo rata-rata memiliki bentuk jengger yang berbentuk walnut comb (segitiga belah). Dan dalam bahasa Jawa, jengger dengan model ini sering disebut dengan jengger telon. Jengger ini juga menjadi salah satu daya tarik dari ayam jenis ini.

Di Indonesia sendiri, jengger ini umumnya sering disebut dengan jengger tigan. Jengger tigan sendiri adalah salah satu jenis jengger yang berkualitas di dunia sabung ayam. Keunggulan dari jengger jenis ini ialah memiliki sifat yang ganas dan agresif.

Dan di dalam sebuah pertarungan, ayam yang memiliki jengger ini cenderung menyerang tanpa memberi kesempatan untuk lawannya menyerang terlebih dahulu.

3. Mata

ayam shamo, mata ayam shamo, mata kristal

Ayam shamo asli memiliki bentuk mata yang tajam dan berwarna cerah. Biasanya mata dengan bentuk tersebut sering disebut dengan mata kristal. Mata ini mempunyai kewibawaan yang tinggi dari mata jenis lainnya. Sebab, ayam mata jenis ini memiliki sorot pandang yang sangat tajam. Dan akan terlihat garang/sangar ketika dipandang.

Keunggulan dari mata kristal sendiri ialah memiliki penglihatan yang paling tajam dari pada mata jenis lainnya. Penglihatan yang tajam inilah yang sangat berguna untuk membaca gerakan lawan pada saat sedang bertarung/berlaga.

4. Paruh

ayam shamo, paruh ayam shamo, kepala ayam shamo

Ayam shamo adalah salah satu jenis ayam yang memiliki bentuk paruh yang berukuran besar dan kuat. Selain itu, paruh ayam ini sedikit lebih pendek dari paruh ayam pada umumnya. Namun, paruh ayam ini memiliki ketebalan yang berlapis-lapis dibanding paruh ayam jenis lainnya.

Bentuk paruh tersebut adalah salah satu kunci ayam ini menjadi sangat kuat dalam pertarungan dan tidak mudah dikalahkan. Dan ayam ini juga mampu memberikan serangan yang mematikan serta menyakitkan lawannya dengan menggunakan patuknya.

5. Leher

ayam shamo, leher ayam shamo, ayam shamo super

Leher ayam shamo jepang pada umumnya berbentuk panjang dan besar. Dan karena lehernya yang panjang, ayam ini pun cenderung mengandalkan teknik kuncian dan serangan balik pada saat sedang bertarung.

Keunggulan dari leher jenis ini yaitu memiliki ketahanan yang luar biasa dan tidak mudah patah walaupun sudah diserang lawan hingga berkali-kali.

Selain itu, karena menunjang ukuran tubuhnya yang memang besar, leher ini pun mampu bergerak dengan bebas dan luwes dalam pertarungan. Sehingga lawan pun akan kewalahan ketika menghadapi pergerakan cepatnya.

6. Sayap

ayam shamo, sayap ayam shamo

Ayam shamo Jepang umumnya memiliki jenis sayap yang pendek dan mengarah ke bagian bawah badannya. Dan bagian ujung sayap ayam ini agak keluar dan tidak menelungkup ke dalam tubuh.

Selain itu, sendi-sendi di tulang sayap ayam ini terlihat sangat jelas dan selalu menonjol ke arah atas. Jadi, bisa dibilang ayam ini memiliki sayap yang tegap.

Walaupun ayam Jepang ini memiliki bentuk sayap yang pendek, tetapi ternyata sayap ini sangatlah kuat. Sebab, kekuatan ayam ini sendiri tidak hanya terletak dari ukuran badannya yang besar, tetapi juga dari sayapnya yang sangat mendukung dalam pertarungan.

7. Badanayam shamo, badan ayam shamo, dada ayam yang bidang

Ayam shamo memiliki bentuk badan yang besar dan tegap. Dan bahu ayam ini pun terlihat lebih kekar dan berisi. Dengan postur badan yang tersebut, ayam ini pun memiliki kewibawaan dan kharismatik yang tinggi. Sehingga ayam ini pun terlihat gagah perkasa gagah perkasa ketika dipandang.

Selain itu juga, dengan postur badan tersebut, ayam ini mampu menahan serangan yang keras dari lawan. Badan yang besar ini pun membuat si ayam tidak mudah roboh/KO dalam pertarungan.

8. Dada

ayam shamo, dada ayam shamo, dada ayam yang bidang

Shamo Jepang biasanya memiliki bentuk dada yang terlihat bidang dan tidak ada bulu yang tumbuh di area tersebut. Ayam ini memiliki kulit dada yang tebal dan berotot (kekar). Selain itu, ayam ini juga memiliki kulit dada yang berwarna kuning ketika berusia muda, dan berwarna merah ketika sudah dewasa.

Dan dada ini pun menjadi salah satu faktor bahwa ayam ini memiliki ketahanan yang luar biasa. Sebab, walaupun ayam ini sudah diserang berkali-kali oleh lawan, tetapi ayam ini tidak akan mudah roboh/ KO di dalam pertarungan.

9. Ekor

ayam shamo, ekor ayam shamo, ayam ekor lidi

Ayam shamo memiliki bulu ekor yang cukup panjang dan mengarah ke arah bawah. Selain itu, ayam ini juga memiliki garis ekor yang sangat sejajar dengan garis-garis yang ada di punggungnya, sehingga membuat ayam ini terlihat cantik dan indah.

Bulu ekor ayam ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat harga ayam ini menjadi mahal. Sebab, kebanyakan dari para penghobi mencari ayam shamo bukan dari gaya tarungnya saja. Tetapi mereka juga melihat dari bentuk ekor yang masih original Jepang.

10. Kaki

ayam shamo, kaki ayam shamo, kaki ayam pembunuh, kaki ayam super

Ayam shamo Jepang pada umumnya memiliki kaki yang panjang dan berwarna kuning. Kaki ayam ini mampu bergerak bebas dan cepat ketika sedang bertarung. Selain itu, keunggulan dari kaki ayam ini ialah mampu mengeluarkan pukulan keras yang selalu akurat.

Dengan kaki tersebut, ayam shamo memiliki teknik gaya tarung yang selalu menargetkan arah pukulan ke bagian kepala hingga leher. Dan kaki ayam ini juga mampu mengangkat beban tubuhnya yang besar untuk melompat lebih tinggi dari lawannya.

Nah, itulah beberapa pembahasan tentang sejarah dan ciri-ciri ayam shamo Jepang. Semoga informasi di atas dapat membuat anda untuk lebih mengenal jenis ayam ini, serta dapat memudahkan anda ketika memilih ayam shamo Jepang yang berkualitas.

Leave a Reply