ayam bangkok super, foto ayam bangkok, ayam bangkok

Ciri-Ciri dan Sejarah Ayam Bangkok Super yang Wajib Anda Ketahui [Lengkap]

Ayam Bangkok Super – Ayam bangkok adalah salah satu jenis ayam petarung yang sangat digemari dan sangat terkenal di daratan Asia Tenggara, Termasuk Indonesia. Sebab, di Indonesia sendiri ayam bangkok ini termasuk jenis ayam yang sangat populer dan banyak dibudidayakan oleh para peternak ayam.

Selain itu, ayam bangkok juga memiliki harga yang begitu fantastis. Hal tersebut dikarenakan semakin bagus pola permainan seekor ayam, maka akan semakin bertambah mahal pula harga ayam tersebut.

Ditambah lagi apabila ayam yang akan dijual tersebut sudah sering menang digelanggang (arena), bisa dipastikan ayam tersebut menjadi bahan rebutan oleh para pembeli. Apalagi bila ayam tersebut masuk ke dalam jenis dan kategori ayam bangkok super.

Asal-Usul Ayam Bangkok

ayam bangkok super, ciri-ciri ayam bangkok super, kepala ayam bangkok super

ayambangkoksuper.com

Asal-usul ayam petarung pertama kali dikenal di Negara Cina yaitu pada abad 1400 sebelum Masehi. Dan di Negara Cina sendiri ayam petarung ini selalu dikaitkan dengan kegiatan sabung ayam atau lebih dikenal dengan sebutan adu ayam.

Seiring berjalannya waktu, kegiatan sabung ayam ini pun semakin meluas. Sehingga banyak sekali orang-orang yang rela pergi jauh-jauh ke Negara Cina hanya untuk mencari bibit-bibit ayam petarung yang tangguh dan disegani oleh para pecinta ayam adu.

Dan pada masa peradaban bangsa Cina, Mereka berhasil mempertemukan ayam petarung mereka dengan berbagai macam jenis ayam jago dari beberapa negara. Yaitu Negara Thailand, India, Laos dan Vietnam. Mereka berusaha untuk mendapatkan ayam yang tangguh untuk melawan hanya dengan satu kali pukulan saja.

Akhirnya sekitar satu abad yang lalu, orang Thailand pun berhasil menemukan ayam dengan julukan baru yang disebut dengan julukan king’s Chicken (raja dari para ayam). Dikatakan demikian, karena ayam asal Negara Thailand ini mempunyai gerakan yang sangat cepat serta memiliki pukulan yang mematikan apabila sedang bertarung.

Dan saking populernya ayam tersebut, maka akhirnya orang-orang thailand pun memberi nama ayam itu dengan nama ayam bangkok. Nama ini diambil lantaran ayam tersebut berasal dari daerah bangkok, kota yang terletak di Negara Thailand. Yang pada akhirnya, nama ayam itu pun beserta keturunannya hingga saat ini masih populer dikalangan para pecinta ayam petarung.

Sejarah Ayam Bangkok di Indonesia

ayam bangkok super

Ayam bangkok sejatinya sudah masuk ke Indonesia sejak zaman dahulu. Hal ini diakibatkan karena banyak sekali para pecinta ayam laga dari Indonesia yang membeli langsung ayam bangkok asal Thailand ini. Sehingga orang Thailand pun sering mengimpor langsung ayam bangkok ini ke Indonesia.

Dan semenjak masuknya ayam bangkok ke Indonesia, ayam ini pun mulai disilangkan dengan ayam petarung jenis lain. Hal ini dilakukan oleh orang Indonesia untuk mendapatkan bibit-bibit ayam aduan yang berkualitas super.

Bagaimanakah Cara Memilih Ayam Bangkok Super?

ayam bangkok super

Untuk memilih atau menemukan ayam bangkok super, sebenarnya ada banyak kriteria yang dapat kita jadikan patokan. Karena secara umum, ayam bangkok dengan kualitas super adalah ayam bangkok yang memiliki kesatuan antara fisik, mental dan teknik bertarung yang baik.

Dan sebagai ayam petarung, ayam bangkok pada umumnya memiliki kriteria standar yang baik, yaitu baik dari segi tulangan, kepala, warna bulu dan sayap, bentuk kaki, bentuk badan dan lain-lain. Karena apabila anda memiliki kriteria yang yang baik dan sesuai dengan standar ayam bangkok di atas, maka bisa dikatakan ayam tersebut adalah ayam bangkok yang bagus.

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Super

ciri-ciri ayam bangkok super, ayam bangkok

usaharumahan19.com

Untuk dapat mengenali ayam bangkok super yang memiliki kemampuan bertarung yang sangat baik dan tangguh, maka kita pun dapat melihat ayam tersebut dari bentuk fisik dan posturnya. Hal ini dilakukan karena cara paling mudah untuk mengenali ayam bangkok super yang berkualitas selain dari mental dan gaya bertarungnya ialah dari segi fisiknya.

Sebab, apabila ayam bangkok memiliki fisik yang lemah, maka bisa dipastikan ayam tersebut akan kalah telak apabila bertemu lawan yang tangguh digelanggang. Dan di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri ayam petarung super yang mungkin bisa anda jadikan patokan dalam memilih ayam aduan terbaik.

1. Bentuk Kepala

ayam bangkok super, kepala ayam bangkok super

menorehbreder.com

Ciri ayam bangkok super yang pertama ialah bentuk kepala ayam. Apabila kepala ayam bangkok berbentuk memanjang atau lonjong layaknya seperti buah pinang, maka bentuk tersebut menandakan bahwa ayam dapat bertarung lebih tangguh dan pantang menyerah, bahkan sampai ia mati sekalipun.

Berbeda dengan ayam yang memiliki bentuk kepala yang kecil dan bulat. Karena dengan bentuk kepala ayam yang kecil, tentunya memiliki nyali yang kecil pula. Walaupun ia memiliki kelebihan yang lincah saat bertarung, tetapi ia lebih rentan tidak tahan pukul akibat tulangannya yang kurang besar.

2. Bentuk Mata

ayam bangkok super, mata ayam bangkok juara

Bentuk mata ayam yang baik ialah berbentuk sipit atau lonjong seperti telur, mata masuk kedalam dan tidak menonjol keluar. Selain itu warna mata ayam petarung yang baik ialah memiliki retina yang sama dengan warna dasar kaki dan paruh.

Apabila warna ayam sama seperti yang dijelaskan di atas, maka ayam tersebut bisa dikatakan memiliki warna yang tembus. Selain warna paruh dan kaki, warna tembus juga harus diikuti dengan warna bulu dari si ayam tersebut.

3. Bentuk Paruh

ayam bangkok super, paruh ayam bangkok juara, bentuk kepala ayam bangkok juara

ayamtempur.org

Bentuk paruh yang baik untuk ayam aduan ialah berbentuk seperti paruh elang. Selain itu, pangkal paruh juga harus berwarna hitam dan paruh juga harus berbentuk mengkerut/beralur yang diimbangi dengan warna hitam. Karena paruh dengan bentuk tersebut menunjukkan paruh yang kokoh, tidak gampang rusak dan sangat kuat dalam mengunci.

Sedangkan apabila paruh ayam berbentuk panjang dan memiliki pangkal paruh ayam berwarna putih, serta alur/kerutan di paruh tidak berwarna hitam, maka bisa dikatakan ayam tersebut masih belum matang dan kuat. Sebab, apabila ayam tersebut terpaksa di adu, bisa di pastikan paruh ayam itu akan mudah retak bahkan bisa sampai patah.

4. Bentuk Jengger

ayam bangkok super, bentuk jengger ayam bangkok super

medium.com

Ayam petarung yang baik harus memiliki bentuk jengger yang baik pula. Dan bentuk jengger yang baik terdiri dari beberapa jenis, yaitu jengger wilah, jengger tigan, jengger sumber, jengger bunga mawar dan juga jengger belangkon. Dan di bawah ini saya akan memberikan penjelasan tentang karakteristik dari masing-masing jengger, yaitu sebagai berikut:

a. Jengger Wilah

ayam bangkok super, jenis jengger ayam, ayam bangkok jengger wilah

kandangsumanto.com

Jengger wilah adalah jengger ayam bangkok yang berbelah 2, 3, 4 dan 5 yang memanjang kebelakang. Jengger model ini adalah jenis jengger yang memiliki kualitas menengah. Mental bertarung pada ayam jenis ini lumayan bagus, tetapi ayam model seperti ini sering dianggap memiliki sataminan yang kurang bagus apabila sedang berlaga di arena.

Oleh karena itu, kebanyakan ayam dengan model jengger seperti ini sering dijadikan ayam rumahan dan terkadang ada juga yang menjadikannya sebagai ayam hias.

b. Jengger Tigan

jengger tigan, jengger ayam bangkok, jenis jengger ayam bangkok

Jengger tigan adalah jengger ayam aduan yang bentuknya berbelah tiga. Bentuk jengger model ini seperti gunung yang naik ke atas. Ayam yang memiliki jengger seperti ini termasuk jenis ayam yang cocok untuk dijadikan ayam juara.

Ayam dengan jengger tigan ini sering sekali didapati menang saat berlaga di arena atau di gelanggang. Hal itu pun dikuatkan karena wibawa dari ayam ini sangatlah bagus, lebih mendominasi dalam menyerang dan juga memiliki mental tempur yang sangat baik.

Selain itu, karakteristik dari ayam jengger ini ialah sering menggunakan taji/jalunya ketika memukul lawannya. Dan karena ayam dengan model jengger seperti ini spesialis jalu, maka ayam jenis ini pun menjadi salah satu jenis ayam yang paling sering dicari oleh para pecinta ayam petarung.

c. Jengger Sumber

ayam bangkok super, ayam bangkok jenggger sumber, jenis jengger ayam bangkok

pendekarsebelasjari.com

Jengger ayam sumber adalah jengger ayam yang memiliki bentuk sedikit cekung di tengah atau lubang di tengah jengger. Jengger sumber ini adalah salah satu jengger yang paling ditakuti di arena sabung ayam dan paling banyak dicari oleh para pecinta ayam bangkok super.

Hal ini dikarenakan ayam dengan model jengger seperti ini diibaratkan sebagai induk dari semua jengger yang ada di atas. Sebab dari pengalaman saya pribadi dan para botoh senior, ayam dengan bentuk jengger seperti ini memiliki mental baja dan pantang menyerah walaupun sampai titik darah penghabisan. Selain itu, ayam ini juga lebih mendominansi ayam lainnya pada saat berlaga di arena.

d. Jengger Bunga Mawar

jengger ayam bunga mawar, jengger ayam bunga mawar, jenis jengger ayam bangkok

Jengger bunga mawar adalah jenis jengger ayam bangkok super yang bentuknya menyerupai layaknya bunga mawar. Kelebihan ayam jengger ini adalah mental yang bagus, memiliki gaya bertarung yang bervariasi, lebih dominan dalam menyerang dan pantang menyerah.

Dan dengan karakteristik ayam tersebut, ayam ini pun banyak di pakai oleh para botoh untuk di bawa ke arena laga. Selain itu, ayam dengan jengger bunga mawar ini menjadi alah satu ayam yang sering dicari oleh para pecinta sabung ayam.

e. Jengger Baret

ayam bangkok super, jenis jengger ayam bangkok, jengger ayam bangkok

harryayam.com

Jengger baret adalah jengger selanjutnya yang ada pada ayam bangkok super. Jengger baret merupakan jengger yang berbentuk seperti baret atau berbentuk miring bahkan ada yang sampai menutupi mata ayam tersebut.

Kelebihan jengger ini ialah dapat mengeluarkan pukulan yang keras dan telak. Akan tetapi kekurangan dari ayam jengger baret ini ialah teknik bertarungnya yang sering renggang sebelah. Dan kebanyakan ayam yang berjengger baret itu teknik renggangnya berdasarkan lawan arah baretnya.

Apabila ayam memiliki jengger baret ke kanan, maka ia akan renggang di bagian kirinya. Tetapi walaupun renggang, secara pribadi saya selalu pernah memegang ayam baret di daerah saya. Dan hasilnya pun selalu memuaskan, karena ia selalu menang telak setiap ia berlaga.

ayam bangkok super, gambar ayam bangkok, ayam bangkok juara, ronaldo si pukul joss

Bahkan ayam tersebut pernah kalah gandeng keliling. Yaitu ayam lawan memiliki ukuran 8, sedangkan ayam baret yang saya unggulkan hanya memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu ukuran tujuh. Dan selain itu, jalu ayam lawan sepanjang 2 ruas setengah (2,5cm). Sedangkan ayam baret tersebut hanya memiliki jalu yang panjangnya sekitar 1 ruas setengah ( 1,5cm) saja.

Dan nyatanya hasilnya pun sangat memuaskan. Lawan dari ayam baret tersebut lari terbirit-birit (keok) pada saat memasuki air ke empat. Lawan dari ayam baret tersebut lari karena tidak tahan menampung derasnya dan kerasnya pukulan, serta tidak tahan ganasnya jalu dari ayam baret ini.

Selain itu, lawan dari ayam baret itu pun sudah win sebanyak 6 kali, tetapi nyatanya tetap kalah. Dan akhirnya ayam baret ini pun menjadi legenda di daerah kami. Ayam tersebut dikenal dengan nama Ronaldo, karena tendangannya selalu pas dan terarah.

f. Jengger Belangkon

jengger ayam bangkok, jenis jengger ayam bangkok, jengger belangkon

Jengger belangkon sendiri memiliki tekstur atau bentuk yang tidak kasar, tegak, ukuran sedang, memanjang kebelakang dan ujungnya merapat ke kepala. Dan kelebihan dari jengger model ini dibanding dengan jengger-jengger model yang lain ialah menempati urutan teratas baik dari segi bertarung, pamor dan juga wibawa si ayam. Semuanya hampir bisa dikatakan sempurna.

Selain itu, jengger belangkon juga melambangkan bahwa si ayam memilki sifat yang lebih tangguh dan pantang menyerah walaupun dalam kondisi tidak unggul sekalipun. Lebih baik mati dari pada lari, itulah semboyan yang tertanam dari ayam bangkok jengger belangkon ini.

Dan menurut pengalaman saya pribadi, dari ke enam jenis jengger di atas, saya lebih mengunggulkan 3 jenis jengger, karena sudah terbukti. Yaitu jengger jenis sumber, baret dan jengger jenis belangkon. Kedua jenis jengger ini sudah pernah saya coba, dan hasilnya pun sangat memuaskan.

Sebab, ketika saya merawat ayam jengger sumber, dia selalu memiliki mental baja dan pantang mundur. Walaupun pada saat ia dalam keadaan sakit, mentalnya tetap terjaga dan tidak pernah menurun. Begitu juga dengan jengger jenis baret, seperti yang sudah saya ceritakan di atas sebelumnya.

Sedangkan untuk ayam yang jengger belangkon sampai saat ini masih menjadi ikon kandang karena ayam ini sudah sering sekali menang di daerah saya. Selain itu, ayam ini juga pernah melumpuhkan dan membunuh lawannya di tempat pada saat sedang berlaga.

5. Bentuk Alis

ayam bangkok super, ciri ayam bangkok super

Bentuk alis ayam aduan yang bagus ialah memiliki tulangan alis yang menonjol. Tulangan alis yang menonjol dapat meminimalisirkan mata ayam dari kebutaan akibat dampak dari pukulan ayam atau pun dari serangan jalu.

Selain itu, ayam dengan model alis seperti ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang luar biasa. Dan model alis seperti ini pun adalah model alis ayam yang tahan jam atau tahan hingga beronde-ronde.

6. Postur Tubuh

ayam bangkok super, postur tubuh ayam bangkok juara, bentuk badan ayam bangkok juara

Postur atau badan ayam bangkok super yang baik haruslah tegap dan terasa empuk apabila sedang dipegang. Dengan postur badan seperti itu, maka ayam tersebut memiliki otot-otot yang bagus serta mempunyai akurasi pukulan yang telak/pas.

Sedangkan apabila postur ayam membungkuk, maka ayam tersebut memiliki pukulan yang keras dan pas. Akan tetapi dengan postur badan ayam yang bungkuk, biasanya ayam tersebut mudah terkenal pukulan dibagian bahu dan ayam model ini juga biasanya ketika berlaga memiliki napas yang pendek atau mudah ngempos.

Dan solusi untuk ayam model ini, kita bisa menstabilkan napasnya yaitu dengan memberikan latihan fisik khusus yang diimbangi dengan pemberian jamu khusus untuk menambah napas dan stamina ayam secara rutin dan teratur.

7. Struktur Tulang

ayam bangkok super, tulangan ayam bangkok juara

kaisar77.net

Tulangan ayam bangkok yang bagus adalah tulangan yang tebal. Sebab, tulang yang tebal menandakan bahwa ayam memiliki daya tahan yang tinggi apabila terkena pukulan yang besar dari lawan. Dan selain itu, tulangan ini juga melambangkan bahwa ayam tersebut sangat kuat, tangguh dan juga perkasa.

dan dibawah ini adalah tulangan ayam bangkok super yang baik berdasarkan letak dan fungsinya, yaitu sebagai berikut:

a. Tulang Leher

ayam bangkok super, bentuk leher ayam bangkok juara

Tulang leher ayam bangkok super harus memiliki struktur sambungan tulang yang sangat rapat di tiap ruasnya, yaitu antara tulang leher dan badan. Apabila jarak antara tulang leher dan badan rapat, maka bisa dipastikan sumber kekuatan dan tenaga ayam sangat bagus.

Selain itu, dengan struktur tulang yang rapat dan kuat, maka ayam akan lebih dominan dalam menyerang maupun bertahan.

Perlu anda ketahui, bahwa kita dapat melihat pola permainan ayam pada saat berlaga yaitu dengan melihat bentuk lehernya saja. Apabila ayam memiliki leher yang panjang dan berbentuk seperti huruf r, maka ayam tersebut memiliki pola permainan ngalung. Sedangkan apabila ayam memiliki leher yang pendek dan berbentuk seperti huruf s, maka ayam tersebut memiliki pola permainan nyedot.

b. Tulang Dada

ayam bangkok super, bentuk tulang dada ayam bangkok juara

www.musingken.com

Tulang dada yang bagus pada ayam aduan ialah tulang yang memiliki bentuk yang tebal serta lurus memanjang kebelakang layaknya berbentuk seperti golok. Ayam yang memiliki tulang seperti itu, biasanya mempunyai ketahanan yang tinggi serta memiliki keseimbangan dalam bertarung.

Selain itu, ayam dengan tulangan dada seperti itu pasti memiliki pendaratan yang baik pada saat ia memukul lawan atau pun sedang beradu pukul.

Sedangkan ayam dengan tulang dada yang bengkok dan tipis, memiliki kekurangan di dalam keseimbangannya. Sehingga apabila ayam tersebut terkena ketika mendarat sehabis mukul, maka ayam itu pun akan rentan tidak seimbang di dalam pendaratannya. Selain itu, ayam dengan tulangan seperti ini biasanya tidak tahan terhadap pukulan yang keras, telak dan deras.

b. Tulang Sumpit

ayam bangkok super, sumpit ayam bangkok juara

Tulang sumpit pada ayam yang baik ialah memiliki ketebalan dan kerapatan yang bagus. Tulang sumpit yang tebal menandakan bahwa ayam memiliki daya tahan yang kuat. Selain itu tulang sumpit juga haruslah rapat, karena tulang sumpit yang rapat menandakan bahwa ayam memiliki pukulan yang deras serta pola memiliki pola permainan yang rapat pula.

c. Tulang Kaki

ayam bangkok super, bentuk kaki ayam bangkok juara

irawanbambang51.com

Selain tulang leher, dada dan sumpit, tulang kaki juga wajib untuk diperhatikan. Sebab, pukulan ayam yang baik bergantung pada tulangannya. Apabila tulangan kaki dan paha ayam besar, maka ayam tersebut memiliki pukulan yang kuat dan mematikan.

Selain itu, ayam dengan bentuk tulangan seperti ini mempunyai kuda-kuda yang kuat untuk menahan serangan lawan. Dan apabila di pegang paha ayam tersebut terasa berisi dan padat.

8. Bentuk Ekor

ayam bangkok super, bentuk ekor ayam bangkok juara

alihamdan.id

Bentuk ekor pada ayam aduan yang baik ialah berbentuk memanjang dan lebat. Karena dengan bentuk ekor seperti itu, maka bisa dipastikan pukulan ayam tersebut sangat keras, telak dan terarah. Dan sebaliknya, apabila bentuk ekor ayam pendek dan tipis, bisa jadi ayam rajin untuk memukul, tetapi pukulan itu pun kurang berasa dan biasanya tidak terarah.

Selain itu, pangkal ekor juga wajib anda perhatikan. Pilihlah pangkal ekor yang besar dan rapat. Dengan pangkal ekor yang besar serta rapat, maka ayam tersebut bisa dikatakan memiliki daya tahan yang kuat terhadap pukulan dari lawan.

9. Bentuk Paha

ayam bangkok super, bentuk paha ayam bangkok juara

Bentuk paha yang baik dalam memilih ayam petarung ialah bentuk paha yang padat dan gepeng seperti menyerupai bentuk kaki belelang atau pun jangkrik. Dengan bentuk kaki seperti ini, ayam akan lebih ringan dalam melepaskan pukulannya. Selain itu, pukulan ayam tersebut akan selalu stabil walaupun dalam kondisi sudah lelah.

Dan apabila bentuk paha ayam bulat seperti layaknya bentuk paha ayam goreng, maka ayam tersebut memiliki kekurangan di dalam pukulannya. Karena dengan bentuk seperti itu, pukulan si ayam tidak stabil serta jarang mukul, walaupun sesekali ayam tersebut mengeluarkan pukulan yang besar.

10. Bentuk Kaki

ayam bangkok super, kaki ayam bangkok juara

Dalam memilih bentuk kaki ayam yang bangkok super, kebanyakan orang lebih dahulu memilih bentuk sisik yang seram. Padahal pada kenyataannya bentuk sisik ayam itu tidak mempengaruhi pukulan ayam. Karena yang mempengaruhi pukulan ayam itu ialah sisik ayam yang kering. Jadi pilihlah sisik ayam yang kering.

Selain itu, bentuk kaki ayam juga harus benar-benar diperhatikan. Bentuk kaki ayam sendiri terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu kaki berbentuk rotan dan kaki berbentuk balok. Dua bentuk kaki ini memiliki kelebihan dan karakteristik masing-masing.

Kaki rotan sendiri adalah kaki yang berbentuk bulat seperti layaknya bentuk rotan. Kaki ini memiliki kelebihan dan karakteristik yang sangat tinggi. Dan kelebihan dari kaki jenis ini ialah ayam dapat memukul dengan sangat enteng, terarah, telak, deras dan stabil.

Selain itu, pengalaman saya pribadi dan para botoh senior, kaki ayam seperti ini lebih dominan atau lebih sering membunuh. Dan kaki ayam ini juga tak jarang sering melumpuhkan lawannya di arena gelanggang.

Sedangkan kaki ayam yang berbentuk balok memiliki keunggulan, yaitu mempunyai pukulan yang yang sangat dahsyat dan bersih. Selain itu juga, pengalaman dari saya pribadi dan dari para botoh-botoh senior, bahwa ayam jenis ini lebih sering mengusir lawan  atau membuat lawan menjadi lari pada saat sedang bertanding di arena gelanggang.

Bisa kita simpulkan bahwa kaki ayam dengan bentuk rotan lebih sering melumpuhkan dan membunuh dari pada mengusir lawan. Sedangkan kaki ayan dengan bentuk balok lebih dominan ke pengusiran dari pada membunuh.

Jadi, anda tinggal pilih antara kaki ayang yang berbentuk rotan dan kaki ayam yang berbentuk balok. Itu semua kembali kepada anda pribadi. Atau anda juga bisa memilih kedua-duanya biar saling melengkapi hehehe…!

11. Bentuk Telapak Kaki

ayam bangkok super, bentuk kaki ayam bangkok juara

Cara memilih ayam bangkok super yang terakhir ialah dengan cara melihat bentuk telapak kakinya. Telapak kaki ayam yang baik ialah harus berbentuk lentik. Selain itu, jari telunjuk dan kelingking ayam harus mengarah keluar serta jari jempol yang mengarah kebelakang dan jari tengah yang panjang ke depan.

Dengan bentuk kaki seperti itu, maka ayam tersebut memiliki pukulan yang sangat telak. Selain telak, ayam juga memiliki pukulan yang sangat keras, kering, deras, stabil dan juga memiliki pendaratan yang sangat baik.

Sedangkan untuk ayam yang memiliki jenis kaki yang sebaliknya atau sering disebut cengkrang/cengkrong, maka bisa dipastikan ayam tersebut memiliki kekurangan. Kekurangannya yaitu di pendaratan yang tidak seimbang. Selain itu juga, pukulan ayam juga kurang berasa dan sehabis mukul ayam sering jatuh karena tidak seimbang.

Nah, itulah beberapa pembahasan tentang ayam bangkok super yang bisa anda pelajari dan anda terapkan di tempa anda. Dan semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat untuk anda, dan anda pun bisa membagikan ilmu ini kepada sesama pecinta ayam bangkok super.

Leave a Reply