ayam bangkok asli, ayam bangkok warna bule, ayam bangkok wangkas, ayam bangkok warna wangkas, ayam bangkok juara

11 Ciri Ayam Bangkok Asli Super Juara yang Wajib Kamu Ketahui [Terlengkap]

“Apakah anda tahu bagaimana cara memilih jenis ayam bangkok yang asli? Dan apakah anda tahu apa sajakah ciri-ciri ayam bangkok asli?”. Seperti yang kita ketahui, ayam bangkok adalah salah satu jenis ayam petarung atau ayam laga yang sangat terkenal di daratan Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Ayam bangkok ini adalah jenis ayam yang berasal dari Negara China dan dikembangkan di Negara Thailand. Dan pada akhirnya ayam ini pun menyebar luas dan berkembang secara terutama di Bangkok, yaitu salah satu daerah yang ada Negeri Gajah Putih ini.

Ayam bangkok juga adalah salah satu jenis ayam yang sangat tenar di Negara Indonesia, dan sering disebut dengan ayam BK. Sebab banyak sekali para penghobi ayam laga yang merawat ayam jenis ini. Selain itu, ayam bangkok ini juga banyak dibudidayakan oleh para peternak ayam untuk dijual dan dijadikan lahan berbisnis yang menggiurkan.

Ciri-Ciri Ayam bangkok Asli

ayam bangkok asli, ayam bangkok juara, ayam bangkok wiring kuning

picswe.com

Dalam dunia adu ayam, setiap jenis ayam pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dan karakteristik ayam ini pun dapat kita lihat dari segi fisik, postur dan tarung si ayam tersebut.

Dan tidak jarang, banyak ayam yang sudah terlihat memiliki postur dan gaya bertarung yang sudah bagus dari kecil. Jenis ayam bangkok yang berkualitas pasti memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri. Seperti memiliki pukul saraf, pola main yang gesit dan lain-lain,

Dibawah ini adalah ciri-ciri ayam bangkok asli yang memiliki karakteristik istimewa, yaitu sebagai berikut:

1. Kepala

ayam bangkok asli, ciri-ciri ayam bangkok asli, ayam bangkok kepala pinang

Ayam bangkok asli biasanya memiliki bentuk kepala yang ganteng seperti buah pinang. Kepala dengan bentuk layaknya seperti buah pinang, menandakan ayam memiliki gaya bertarung yang lebih cerdik. Ayam dengan bentuk kepala seperti buah pinang tersebut bisa dikatakan ayam bangkok super.

Berbeda dengan bentuk kepala ayam yang besar. Ayam dengan bentuk kepala yang besar, menandakan ayam tersebut terlihat cenderung lebih bodoh ketika sedang bertarung.

2. Jengger

ayam bangkok asli, ciri-ciri ayam bangkok asli, jengger baret

Kebanyakan ayam pada umumnya memiliki jenis jengger yang berbeda-beda, termasuk ayam bangkok ini. Namun yang membedakan jengger ayam bangkok dengan jengger ayam jenis lainnya ialah diukuran jenggernya.

Ayam bangkok sendiri memiliki jenis jengger yang besar dan tebal. Sedangkan ayam jenis lain, memiliki ukuran jengger yang lebih kecil. Jengger besar pada ayam bangkok ini menjadi salah satu faktor ayam tersebut adalah f1 ( ayam asli dari Thailand).

Catatan:

Ayam bangkok pada umumnya memiliki lima jenis jengger unggulan, yaitu jengger jenis wilah, blangkon, bunga mawar, tigan dan baret. Kelima jenis jengger tersebut memiliki keistimewaan dan karakteristik yang berbeda-beda.

3. Kulit Muka

ayam bangkok asli, ciri-ciri ayam bangkok asli, kepala ayam bangkok asli

Ciri ayam bangkok asli yang berikutnya dapat kita lihat dari kulit mukanya. Ayam bangkok asli pada umumnya memiliki kulit yang tebal dan berkerut. Yang menandakan ayam ini memiliki pembawaan yang lebih kalem.

Dan biasanya ayam dengan kulit muka yang tebal, lebih tahan saat menerima pukulan dari lawan dan tidak mudah KO.

Berbeda dengan jenis ayam lokal yang kulitnya cenderung lebuh tipis. Ayam dengan kulit tipis, cenderung memiliki sifat lebih gesit ketika bertarung. Tetapi ayam jenis ini lebih rentan dan tidak akan kuat menerima pukulan keras secara bertubi-tubi.

4. Mata

ayam bangkok asli, mata ayam bangkok asli, bentuk mata ayam juara

Ayam bangkok asli import Thailand, pada bagian matanya akan terlihat bersinar putih bening dan bersih. Dan para penghobi ayam di Indonesia pun sering menjuluki mata ayam ini dengan sebutan mata kristal.

Ciri-ciri ayam yang mempunyai mata kristal pada bola matanya akan terlihat putih bening, dan tidak ada kotoran seperti bercak/corak hitam yang terlihat di sekitar bagian putih bola matanya.

Biasanya, mata kristal sudah akan terlihat pada ayam bangkok anakan. Ciri anak ayam bangkok yang memiliki mata kristal sama dengan ciri ayam bangkok dewasa, yaitu sama-sama memiliki mata putih bening.

5. Leher

ayam bangkok asli, ciri-ciri ayam bangkok asli, ayam bangkok warna bule

Ciri ayam bangkok asli yang berikutnya yaitu terlihat pada bagian lehernya. Leher ayam bangkok asli, akan memiliki struktur tulang yang besar dan rapat. Dan struktur tulang ayam bangkok ini pun hampir sama dengan struktur tulang ayam saigon.

Struktur tulang leher ayam bangkok sangat berbeda dengan struktur tulang leher ayam birma. Karena struktur tulang leher ayam birma sendiri bentuknya lebih kecil dan lebih pendek dari pada struktur tulang leher ayam bangkok.

6. Tulang Dada

ayam bangkok asli, ciri-ciri ayam bangkok asli, tulang dada ayam bangkok juara

Tulang dada ayam bangkok asli, pada umumnya memiliki ukuran yang panjang dan tebal. Dan ketika ayam tersebut dipegang, maka dibagian tulang dadanya akan terasa sangat keras, besar, padat dan berisi.

Ukuran tulang dada ayam yang panjang, menandakan bahwa ayam tersebut memiliki daya tahan yang kuat ketika menerima pukulan dari lawan. Selain itu, ayam dengan bentuk tulang dada yang panjang rata-rata memiliki pukulan yang lebih keras dan akurat.

7. Bentuk Tubuh

ayam bangkok asli, ciri-ciri ayam bangkok asli, ayam bangkok pukul mati, ayam bangkok juara

Ayam bangkok asli pada umumnya memiliki bentuk tubuh yang tegap dan atletis. Berbeda dengan ayam lokal, yang memiliki bentuk tubuh yang cenderung membungkuk.

Kebanyakan ayam bangkok termahal saat ini, rata-rata memiliki postur tubuh yang tegap, atletis, kuat dan gagah saat berdiri. Karena ayam bangkok dengan postur tubuh tersebut, pada umumnya memiliki kewibawaan yang cenderung lebih tinggi dari pada ayam yang memiliki postur tubuh membungkuk.

8. Ekor

ayam bangkok asli, ekor ayam bangkok asli

Ayam bangkok asli rata-rata memiliki ukuran ekor yang panjang, dan dibagian ujung ekornya agak menekung ke arah bawah. Ayam bangkok dengan bentuk ekor tersebut pasti akan memiliki nilai jual yang tinggi.

“Mengapa nilai jualnya tinggi?”

Karena, kebanyakan para pembeli saat ini sudah pada mahir dalam memilih ayam. Mereka juga dapat melihat pukulan ayam hanya dari bentuk ekornya saja. Dan ekor ayam bangkok yang panjang, menandakan bahwa ayam tersebut memiliki pukulan yang keras dan akurat.

9. Kaki

ayam bangkok asli, ciri-ciri ayam bangkok asli, kaki ayam pembunuh, kaki ayam juara

Ayam bangkok asli memiliki sisik kaki yang yang berbentuk seperti kulit buah salak yang pada umumnya memiliki 3 ruas. Jenis sisik kaki ayam model ini sering disebut dengan sisik naga banda atau sisik tabur beras.

Selain itu, ayam bangkok asli memiliki ukuran jari kaki yang panjang dan berbentuk runcing di bagian ujung jarinya. Dan ayam bangkok juga memiliki sisik yang kering dan tidak basah.

Ayam bangkok dengan bentuk kaki seperti yang sudah dijelaskan di atas, pasti memiliki daftar harga yang fantastis. Sebab, bentuk kaki ayam tersebut pada umumnya memiliki pukulan yang keras dan bersih pada saat bertarung.

10. Warna Bulu

ayam bangkok asli, ciri-ciri ayam bangkok asli, ayam bangkok warna wiring galih

Ayam bangkok asli rata-rata memiliki warna bulu yang cenderung berwarna merah. Dan bulu ayam bangkok pada umumnya akan terlihat lebih kering dari pada bulu ayam lokal yang sedikit lebih basah.

Dan cara membedakan bulu ayam bangkok dengan bulu ayam lokal pada umumnya terlihat jelas dari model bulunya. Warna bulu ayam bangkok akan terlihat kering kusam pada saat terkena pantulan sinar matahari. Sedangkan warna bulu ayam lokal pasti akan terlihat lebih mengkilap apabila terkena pancaran sinar matahari.

11. Suara

ayam bangkok asli, ciri-ciri ayam bangkok asli, ayam bangkok, ayam berkokok

Ciri ayam bangkok asli yang terakhir yaitu dari suara berkokoknya. Ayam bangkok pada umumnya akan berkokok dengan suara yang lantang dan melengking keras. Namun, durasi dari kokokan ayam ini lebih pendek dari pada kokokan ayam jenis lainnya.

Dan jika kita perhatikan suara kokokan ayam di Indonesia, pasti umumnya memiliki suara yang keras, panjang dan memiliki kemerduan yang enak untuk didengar.

Nah, itulah beberapa pembahasan tentang ayam bangkok asli beserta ciri-cirinya. Semoga pembahasan di atas dapat menambah wawasan anda dalam memilih ayam bangkok yang berkualitas. Dan jangan lupa bagikan informasi yang bermanfaat ini kepada teman-teman sesama penghobi.

Leave a Reply